3 Manfaat Pijat Bayi

Selasa, 14 Januari 2020 | 17:14 WIB

Memijat merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rasa sayang Moms kepada bayi. Sentuhan lembut jari-jari orang tua pada tubuh si kecil memberikan efek menenangkan hingga mempererat bonding. Setidaknya ada tiga manfaat pijat bayi yang juga bisa Dad dan Mom dapatkan.

Orang tua bahagia
Bukan hanya si kecil yang merasakan manfaat pijatan, ternyata pada saat Mom memijat bayi tanpa disadari mood menjadi lebih baik dan merasa berdaya sebagai orang tua. Yap, setiap sentuhan menstimulasi produksi hormon bahagia oksitosin dalam diri Mom, bayi, serta pasangan jika dia menonton kegiatan ini. Setiap waktu yang dihabiskan bersama bayi pun terasa istimewa. Secara alami Dad dan Mom akan merasakan kedekatan karena pijat bayi bisa dilakukan sambil mengobrol atau melakukan kontak mata dengan si kecil.

Belajar relaksasi
Tujuan pijat bayi pada dasarnya untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan dengan cara memberi stimulasi raba, gerak, maupun stimulasi lainnya. Namun, harus dilakukan dalam kondisi yang menyenangkan sehingga si kecil mendapatkan hasil yang optimal. Jika dilakukan dengan tepat, maka bayi akan merasa relaks, bahagia, bahkan bisa tidur lebih lama setelah dipijat. Jadikan pijat bayi sebagai rutinitas sebelum tidur sehingga ia merasa tenang setelah seharian beraktivitas dan siap tidur.

Meningkatkan berat badan dan kerja otak
Pijat bayi sebenarnya cocok bagi bayi prematur karena dapat merangsang penambahan berat badan. Stimulasi pada saraf vagus (saraf kranial kesepuluh) yang terletak di leher akan mengirimkan perintah dari otak ke perut untuk meningkatkan kerja saluran pencernaan dan usus. Pijatan pada bayi prematur juga membuat daya kerja jantung dan otak lebih stabil.

 

Sumber : Ayahbunda

Bagikan ke :