Mau Punya Anak Cerdas? Jangan Malas Makan Buah Saat Hamil Ya

Jumat, 27 Mei 2016 | 14:29 WIB Penulis : Erni Wulandari


Memiliki segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan, masih banyak wanita yang enggan rajin mengonsumsi buah saat hamil. Padahal menurut studi terbaru, rutin makan buah saat hamil bisa membantu meningkatkan perkembangan memori dan kecerdasan bayinya kelak.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari Kanada, dengan melibatkan 808 anak berusia 12 bulan. Ibu dari anak-anak ini sebelumnya terlibat juga dalam studi besar, yang merekap pola makan mereka selama proses kehamilan.

Para peneliti kemudian membandingkan antara pola makan ibu hamil, khususnya asupan buah-buahan, dengan kemampuan memori dan belajar anak. Ditemukan ada hasil signifikan antara banyaknya porsi buah yang dikonsumsi selama hamil, dengan hasil tes yang lebih baik pada anak-anak mereka.

Dikatakan bahwa dalam setiap porsi buah yang dikonsumsi per harinya, maka rata-rata hasil tes kecerdasan anak meningkat hingga 2,38 persen. Sementara pada asupan lain seperti serat, kalori, dan omega 3, hasilnya tidak terlalu tampak signifikan.

Para peneliti menduga hal ini terjadi karena proses cyclic adenylate monophosphate pathway atau cAMP. Proses ini mengatur protein dan bahan-bahan kimia dalam tubuh, untuk terikat pada fungsi area otak, termasuk korteks prefrontal. Bagian ini sendiri diketahui bertanggung jawab untuk fungsi berpikir.

"Ibu yang makan lebih banyak buah selama kehamilan memiliki anak-anak dengan perkembangan memori dan kecerdasan yang lebih baik saat menginjak usia 1 tahun. Proses cyclic adenylate monophosphate pathway atau cAMP, sangat mungkin menjadi faktor penyebab efek ini.

 

Sumber : health.detik.com


Artikel Lainnya

Mencari solusi untuk menghilangkan ruam pada kulit si Kecil, nggak jarang membuat para Ibu pusing tujuh keliling. Sebab, masalah ruam pada si Kecil ini seolah jadi ‘momok’ setiap hari kare...

Stretchmark dan selulit adalah kata yang sudah sering kali kita dengar, namun tahukah kamu perbedaan dari keduanya? Serta bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan dari dr. Astrid Teresa, Sp....

Ruam popok sering terjadi pada bayi. Meski umum terjadi, jangan menganggapnya sepele ya Bunda, Karena ruam dapat berkembang menjadi infeksi. Ruam popok pada kulit sensitif bayi kerap terjadi. Jika ...

Keunggulan dan keistimewaan Air Susu Ibu (ASI) sebagai nutrisi untuk bayi sudah tidak diragukan lagi. Masyarakat luas khususnya kaum ibu telah paham benar kegunaan dan manfaat ASI, berbagai tulisan ya...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................