Hindari 5 Makanan Ini Agar Perut Tak Kembung Saat Puasa

Kamis, 16 Juni 2016 | 10:28 WIB Penulis : Erni Wulandari


Saat berpuasa memang paling tak nyaman jika mengalami perut kembung akibat asam lambung naik. Tak hanya bikin nyeri, tapi asam lambung yang naik juga membuat mulut terasa asam dan mual. Bahkan, mulut pun semakin beraroma tak sedap. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya urungkan dulu niat Anda mengonsumsi makanan ini. 

Berlemak tinggi
Makanan berlemak seperti tahu atau pisang yang digoreng dengan minyak sisa (minyak yang sudah dua kali digunakan untuk menggoreng) serta makanan cepat saji susah dicerna oleh lambung. Saat lambung bekerja keras untuk mencernanya, asam lambung pun meningkat sehingga menimbulkan rasa penuh dan mual. 

Makanan kemasan
Menikmati sarden, kornet, atau nugget memang praktis. Tapi, kandungan garam yang tinggi akan mengikat air dan garam pada perut sehingga perut pun akan terasa melilit saat puasa. 

Minuman bersoda
Kandungan karbondioksida pada minuman bersoda membuat lambung tidak maksimal memproduksi enzim yang diperlukan untuk menyerap nutrisi makanan. Efeknya, perut menjadi terasa kosong dan kembung.  

Ubi, kol, dan nangka
Ketiga makanan ini sebenarnya mudah dicerna oleh lambung. Tapi, setelah dicerna, bakteri dalam usus akan menfermentasi makanan ini di dalam usus besar. Proses fermentasi ini menimbulkan gas di dalam perut sehingga menyebabkan perut kembung. 

Kopi 
Niatnya Anda mengonsumsi kopi saat sahur agar tak mengantuk jika langsung berangkat ke kantor. Masalahnya kopi bersifat diuretik atau menyerap cairan sehingga berisiko menyebabkan dehidrasi. Kurangnya cairan juga menyebabkan lambung harus bekerja keras untuk mencerna makanan, sehingga asam lambung pun bertambah. 

 

Sumber : Ayahbunda.co.id

Artikel Lainnya

Sejak lama, banyak orang tua yang percaya bahwa bayi demam karena sedang atau setiap tumbuh gigi. Namun, benarkah demikian? Pada beberapa anak yang sedang tumbuh gigi, memang ada yang mengalami badan...

Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak Bicara merupakan kemampuan anak yang seringkali sangat ditunggu baik oleh orangtua maupun dokter anak. Kemampuan bicara seorang bayi/anak dapat membantu mem...

Siapa disini yang suka membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain, seperti anak tetangga? Yuk, Mom, mulai ubah pola pikirnya ya. Kita tidak bisa menyamaratakan kemampuan semua anak, karena...

Menjadi seorang vegetarian memang sangat baik dan menyehatkan. Apalagi, jika kamu ingin memiliki tubuh yang langsing atau bentuk tubuh ideal. Keputusan menjadi seorang vegetarian adalah keputusan yang...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................