Mom Sibuk Bekerja? Berikut 4 Tips Membentuk Bonding dengan Anak!

Jumat, 10 Maret 2023 | 13:54 WIB Penulis :


Anak akan merasa nyaman dan diperhatikan, saat ia memiliki kedekatan dengan orang tuanya. Sayangnya, banyak orang tua yang tak punya banyak waktu untuk anak karena sibuk bekerja. Meski Mom sibuk kerja, jangan sampai kedekatan antara Mom dan anak berkurang. Jangan sampai anak merasa jauh dan tidak mendapat perhatian apalagi kasih sayang dari Mom serta suami. 

 

Mengutip dari laman theasianparents.com, nyatanya setiap ibu bekerja masih bisa melakukan bonding atau kelekatan dengan anak. Mom yang bekerja masih bisa meluangkan sedikit waktunya untuk menjaga kedekatan dan memberikan perhatian ke anak. Yang perlu diperhatikan, bonding tak hanya tentang kuantitasnya tetapi kualitasnya. 

 

Ada beberapa cara untuk melakukan atau membentuk bonding dengan anak, meski Mom juga sibuk bekerja. Berikut caranya.

 

Memandikan Anak

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memandikan anak. Aktivitas ini bisa membuat anak merasa nyaman dan diperhatikan. Saat mandi, sekaligus cobalah untuk memijat lembut tubuh anak. Pijatan yang dilakukan bersama aktivitas mandi, akan membuat anak merasa lebih rileks. Sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja, ajak anak untuk mandi dan berikan pijatan untuknya.

 

Peluk dan Gendong Anak

Pelukan dari Mom memberi banyak manfaat untuk anak. Pelukan yang tulus bisa membuatnya merasa nyaman, diperhatikan dan dipedulikan. Pelukan juga bermanfaat membuat suhu tubuh anak stabil. Sepulang kerja atau sebelum anak tidur, usahakan untuk memberikan pelukan dan gendongan padanya. Terutama ini untuk anak-anak yang masih berada di bawah 3 tahun.

 

Bercerita dengan Anak

Aktivitas bercerita juga sebagai salah satu cara membentuk bonding dengan anak. Bacakan anak buku cerita sebelum ia tidur. Atau minta anak bercerita tentang kesehariannya selama tak ada Mom di sisinya. Aktivitas ini bisa membantu Mom dan anak semakin dekat satu sama lain.

 

Belajar dan Bernyanyi Bersama

Aktivitas belajar dan bernyanyi bersama juga sebagai cara untuk membentuk bonding dengan anak. Selelah apapun Mom, sempatkan waktu untuk mendampingi anak dalam belajar. Selain bisa membuat Mom dan anak semakin dekat, aktivitas ini memungkinkan anak menjadi pribadi yang lebih cerdas, percaya diri dan mudah dalam menerima pelajaran di sekolah. 

 

Itulah sekian cara atau tips mudah membentuk bonding dengan anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Selain penting dekat dengan Mom, anak juga penting untuk dekat dengan ayah serta kakak juga adik-adiknya.

 

Source : https://www.fimela.com/

Artikel Lainnya

Banyak orangtua yang menerapkan begitu banyak aturan agar si kecil berperilaku baik. Namun, sebuah penelitian justru berkata lain. Dua perguruan tinggi di New Zealand mengungkapkan bahwa anak ber...

Seringkali saat anak berbuat kenakalan, ibu akan menyalahkan ayah karena menurunkan gen nakal, atau sebaliknya ayah menganggap anak menuruni sifat dari ibunya. Mom tak perlu saling menyalahkan, nya...

Jelang liburan akhir tahun Mama tentu punya acara masing-masing yang khusus diluangkan untuk membahagiakan keluarga, misalnya dengan pergi ke museum, taman rekreasi dan sebagainya. Tapi bagaimana deng...

Bagi anak-anak, musik bukan hanya sebagai sarana hiburan, melainkan memiliki manfaat lebih untuk otaknya. Pakar terapi musik dan founder The British Society for Music Therapy, Juliette Louis...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................