Hal Yang Bunda Lakukan Bila Anak Bicara Tidak Jelas

Jumat, 15 Juli 2016 | 09:37 WIB Penulis : Erni Wulandari


Balita usia 1-2 tahun sudah mampu mengucapkan kata-kata sederhana, namun sering tidak jelas sehingga membuat Bunda kebingungan apa yang ia mau. Ini yang sebaiknya Bunda lakukan untuk mengatasinya.

1. Memberi pilihan kata.
Untuk melatih pengucapan anak agar lebih jelas, Bunda bisa memberi pilihan kata-kata yang diinginkannya, misalnya susu atau keju? Jika Bunda memberikan keju dan ia mengangguk, Anda bisa memberikannya sambil mengucapkan kata keju dengan jelas dan memintanya mengulanginya.

2. Minta anak menunjuk.
Minta anak untuk menunjukkan benda yang diinginkannya. Setelah anak mendapatkan yang ia mau, Bunda bisa mengajarkannya cara mengucapkan yang jelas, seperti “mobil” jika ternyata ia ingin mainan mobil-mobilannya. Minta juga ia mengulangi kata tersebut beberapa kali.

3. Ajarkan kata yang benar.
Ajarkan kata yang benar, misalnya gunakan kata “tidur” alih-alih “bobo”, atau “kucing” alih-alih “pus”. Hindari juga memakai bahasa cadel atau meniru kata-kata yang diucapkan anak, seperti “cucu” untuk kata “susu” agar balita belajar meningkatkan kemampuan motorik oralnya, sehingga kemampuan berbahasanya berkembang dengan baik.

4. Tidak mencampur aduk bahasa.
Anak sulit belajar kata-kata bila orangtua berbicara menggunakan lebih dari 1 bahasa, baik bahasa asing maupun bahasa daerah. Bicaralah dalam 1 bahasa saja dengan struktur yang benar. Setelah anak menunjukkan perkembangan kemampuan berbicara, baru Bunda boleh sedikit demi sedikit mengajarinya berbicara dengan bahasa kedua.

5. Hindari menertawakannya.
Kata-kata yang keluar dari mulut balita bisa jadi terdengar lucu bagi Bunda, namun usahakan menyimak apa yang ia katakan dan berikan respons positif. Dengan menyimak perkataannya, Bunda akan dapat mengerti maksud ucapannya dan membantu melatihnya belajar mengucapkan kata-kata dengan lebih jelas.

 

Sumber : Ayah Bunda

Artikel Lainnya

Masa pakai sepatu anak-anak memang tergolong sebentar, karena kaki mereka masih dalam pertumbuhan. Sering kali Bunda harus membelikan lagi anak sepatu baru karena sepatunya yang lama sudah kesempitan,...

Dalam hal mendisiplinkan anak, tidak hanya satu solusi saja yang cocok untuk diterapkan untuk semua anak. Timeout adalah waktu yang diberikan oleh orang tua untuk anak dapat menyendiri dan mengev...

Penyebab Mata Minus Pada Anak Banyak anak usia di bawah 10 tahun sudah mengenakan kacamata. Mungkin memang sedang trend atau mungkin anak-anak tersebut memang menderita mata minus. Mata minus dalam...

Ciuman merupakan bagian dari wujud kasih sayang yang dapat diberikan pada seseorang termasuk pada anak. Ciuman juga menjadi cara untuk mengekspresikan perasaan orangtua pada anak. Beberapa orang tua m...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................