3 jenis makanan untuk asupan nutrisi si kecil saat sakit

Senin, 16 Maret 2020 | 12:08 WIB Penulis :


Mom, mendapati anak sedang sakit pasti akan membuat sedih. Tak hanya fisik yang menururn, gejala lain anak sakit yaitu enggan melakukan apapun termasuk makan. Untuk itu penting bagi moms untuk memilih asupan makanan bergisi yang bisa di tolerir oleh tubuhnya. Lantas, apa saja makanan anak sakit terbaik yang bisa menjadi pilihan ya mom?

 

1. Makanan bertekstur lunak

Saat si kecil sakit, wajar jika ia menjadi lemas dan kurang bertenaga. Walaupun begitu mereka tetap membutuhkan ennergi dan nutrisi salah satunya dari makanan. Penting untuk diketahui, metabolisme basal anak akan meningkat hingga 13% untuk setuap kenaikan suhu tubuh sebesar 1 derajat celcius, yang membuat tubuh anak membakar lebih banyak kalori.

Membiarkan anak tidak makan atas dasar pemakluman karena sedang sakit bukan solusi terbaik. Hal ini akan membuat tubuh menggunakan lemak dan otot sebagai sumber energi dan nutrisi. Disamping itu, berat badan otomatis akan berkurang dan dikhawatirkan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Untuk itu, cobalah untuk memberikan makanan bertekstur lunak mom sehingga mudah dicerna. Beberapa kenis makanan yang dapat mom hidangkan yaitu bubur, oatmeal, nasi lunak dengan sup atau nasi tim yang dicampur daging atau hati ayam cincang agar keseimbangan gizi si kecil tetap terjaga walaupun sedang sakit. Selain itu, kaldu ayam juga bisa dihidangkan menjadi campuran bubur agar tidak mebosankan.

 

2. Air

Tak hanya kala sehat, ketika sakit seseorang membutuhkan asupan cairan yang mumpuni bahkan kalau bisa lebih banyak dibanding biasanya. Hal ini ampuh mencegah tubuh dari dehidrasi.

Berikan beberapa gelas air utamanya pada anak yang demam, panas tinggi dan diare. Hindari juga buah karena rasa asam pada beberapa jenis buah bisa saja berdampak untuk lambung anak.

Siasati kebutuhan cairan anak dengan air kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit, potasium dan vitamin C yang akan menjaga tubuh si kecil tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit di dalamnya dapat menurunkan panas anak dengan cepat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

3. Minuman Bernutrisi

Minuman bernutrisi juga bisa menjadi alternatif untuk membangkitkan selera makan si kecil saat sedang sakit. Jangan lupa untuk selalu meneliti kandungan gizi yang tercantum di dalam kemasan sebelum membelinya dan pastikan minuman tidak mengandung zat yang memicu alergi pada anak.

Apapun makanan andalan mom untuk si kecil, sediakan dalam porsi secukupnya. Berikan pujian juga jika si kecil bersedia menelan makanan agar ia termotivasi untuk makan lebih lahap di waktu mendatang. Yang paling penting, jangan biarkan perut kosong seharian ya mom, agar si kecil lekas sembuh.

 

Source: id.theasianparent.com

Artikel Lainnya

Enggak cuma orang dewasa, anak usia sekolah juga bisa stres lho, Moms! Mirisnya, stres pada anak sering kali tidak mudah dikenali dan anak tidak berani menceritakan perasaannya ke Moms dan Dads. Untuk...

Kesehatan sistem pencernaan anak berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya. Hal ini dipengaruhi oleh penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh dan pertumbuhan Si Kecil. Oleh karena itu, ...

Orang tua mungkin berpikir bahwa dengan mengajarkan anak berbagi mainan, maka Anda akan menanamkan nilai-nilai kebaikan, kebersamaan, solidaritas, atau kedermawanan pada si kecil. Sekalipun tujuan ...

Anak sakit gigi memang biasa mengganggu keceriaan si kecil.Meski sakit gigi adalah masalah yang umum terjadi,namun si kecil yang mengalami sakit gigi tentu merasa tak nyaman dan terganggu.Untuk m...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................