Aneka Buah untuk Mengatasi sembelit Bayi

Jumat, 23 April 2021 | 15:42 WIB Penulis :


Ketika bayi sudah mulai makan makanan padat, maka keluhan yang biasanya dialaminya adalah sembelit.

 

Ketika bayi sudah mulai makan makanan padat, maka keluhan yang biasanya dialaminya adalah sembelit.

Tak perlu khawatir Mamas, karena hal tersebut wajar dialami Si Kecil. Kondisi sembelit ini dapat terjadi karena adanya peralihan dari yang tadinya organ pencernaan bayi hanya menerima cairan berupa ASI ataupun susu formula, menjadi makanan dengan bentuk yang lebih padat.

Untuk mencegah sembelit pada bayi, yuk kenali berbagai buah yang dapat dimakan untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Buah Naga

Buah naga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar terhindar dari sembelit. Hal ini karena buah naga mengandung kurang lebih 3 gr serat dalam tiap 100 gr buahnya. Namun perlu diingat, warna dan feses bayi biasanya mengikuti apa yang dimakannya. Oleh karena itu jangan kaget bila kemudian Mamas mendapati fesesnya nanti berwarna pink atau ungu.

Pepaya

Baik pada bayi maupun dewasa, buah pepaya memang terkenal dapat melancarkan buang air besar. Pepaya mengandung 1,8 gr serat dalam setiap 100 gr buah, yang dapat melancarkan BAB.

Pir

Kandungan air dan vitamin dalam pir dapat menjadi pencahar alami bagi bayi dan membantu melancarkan sistem pencernaan di usus. Selain itu, kandungan airnya yang melimpah dapat menjaga Si Kecil dari dehidrasi. Buah pir yang rasanya enak dan manis tentunya juga akan jadi buah favorit Si Kecil.

Plum

Selain serat, plum juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan kandungan alami yang dapat menjadi pencahar. Kandungan sorbitolnya dapat langsung melancarkan pencernaan bayi secara alami. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam plum juga dapat melawan penyakit lainnya yang mengancam kesehatan.

Alpukat

Buah selanjutnya adalah alpukat. Meski dagingnya terlihat padat, nyatanya alpukat merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga dapat dipilih untuk membantu melancarkan BAB. Diketahui, kandungan serat dalam sebutir alpukat adalah sekitar 4,6 gram.

Source: smartmama.com

Artikel Lainnya

Memotong bulu mata bayi akan membuatnya jadi lentik? Memiliki bayi dengan bulu mata lentik dan panjang mungkin menjadi impian sebagian mama. Keinginan tersebut kemudian diusahakan dengan mengg...

Punya stok ASI perah (ASIP) berlebih? Jangan dulu dibuang, mom. Ada banyak manfaat ASI untuk mandi bayi, lho. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ASI dapat memelihara kesehatan kulit dan ...

Fakta Mengenai Endometriosis Terdapat 5 fakta seputar endometriosis yang harus Anda ketahui, seperti: 1 dari 10 wanita mengalami endometriosis. 1 dari 3 wanita endometriosis bisa hamil seca...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................