Lidah Putih pada Bayi Apakah Normal? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 26 April 2021 | 14:29 WIB Penulis :


Ketika lidah putih terjadi pada bayi, Moms mungkin akan khawatir. Namun, yang perlu diketahui adalah kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari endapan susu hingga infeksi susu. Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

Nah, agar Moms lebih memahami mengenai penyebab dan cara mengatasi kondisi ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab lidah putih pada bayi

Moms berikut ini adalah beberapa penyebab lidah putih pada bayi yang perlu diketahui.

1. Infeksi jamur

Penyebab lidah putih pada bayi yang pertama adalah infeksi jamur Candida albicans (oral thrush). Candida albicans adalah jamur mikrobiota manusia yang paling umum. Jamur ini bisa hidup di kulit atau bagian tubuh lainnya, seperti mulut, tenggorokan, serta usus.

Pada kebanyakan kasus, sistem kekebalan tubuh mencegah pertumbuhan jamur yang di luar kendali. Namun, bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum terbentuk sempurna, sehingga membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri.

Dalam kasus ini, infeksi dapat terbentuk di bagian mulut. Menurut Very Well Health, bayi juga dapat mengalami oral thrush jika dilahirkan secara normal (persalinan vagina) apabila Moms pada masa kehamilan memiliki infeksi jamur.

Berikut beberapa gejala dari infeksi jamur Candida albicans pada bayi yang perlu diwaspadai yakni:

  • Bercak putih yang tidak hilang meski telah diusap
  • Muncul bercak putih di dalam pipi, lidah, gusi, atau langit-langit mulut
  • Bercak putih di dalam mulut
  • Kemerahan di sekitar mulut
  • Si Kecil rewel saat menyusui

Bagaimana cara mengatasinya?

Infeksi jamur adalah kondisi yang dapat ditangani. Untuk mengatasi lidah putih pada bayi akibat infeksi jamur, resep obat antijamur khusus untuk penggunaan oral mungkin dapat membantu.

Moms harus mengoleskan obat ke semua area di mulut, ini termasuk gusi, pipi, lidah, hingga langit-langit mulut.

Bayi juga dapat menularkan infeksi ketika menyusui, jadi Moms juga harus mengoleskan obat pada puting setelah setiap sesi menyusui. Meskipun Moms tidak memiliki tanda infeksi jamur di puting susu, areola, atau payudara, pencegahan penting untuk dilakukan.

2. Endapan susu

Penyebab lidah putih pada bayi juga dapat disebabkan oleh endapan susu. Baik lidah putih akibat infeksi jamur ataupun endapan susu memiliki tampilan yang mirip dan mungkin sulit untuk membedakannya.

Salah satu cara termudah yang bisa Moms lakukan untuk memastikan apakah lidah putih disebabkan oleh infeksi jamur atau endapan susu adalah dengan menyeka bercak putih pada lidah secara hati-hati dengan menggunakan kain lembap yang hangat.

Jika becak putih hilang atau memudar, maka kemungkinan adalah endapan susu. Endapan susu juga dapat lebih terlihat saat menyusui dan hanya muncul di lidah saja.

Mengapa ini bisa terjadi?

Moms perlu diketahui bahwa hal tersebut dapat disebabkan karena kurangnya produksi air liur. Mulut bayi berbeda dengan orang dewasa. Sebab, bayi tidak menghasilkan air liur yang cukup selama beberapa bulan pertama kelahiran, tepatnya hingga berusia 4 bulan.

Bagaimana mengatasinya?

Pada dasarnya, lidah putih akibat endapan susu tidak permanen dan tidak memengaruhi kesehatan si Kecil.

Lidah putih pada bayi akibat endapan susu dapat menghilang saat bayi mulai tumbuh gigi dan mengonsumsi makanan padat. Tak hanya itu, lidah putih juga dapat menghilang jika produksi air liur meningkat.

Baca juga: 8 Tips Jitu Menenangkan Anak Ketika Imunisasi, Intip Moms!

Normalkah lidah putih pada bayi?

Lidah putih adalah kondisi umum pada bayi yang baru lahir. Pada kasus lidah putih akibat endapan susu mungkin merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan bahwa lidah putih dapat menghilang ketika produksi air liur meningkat.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah infeksi jamur. Infeksi jamur adalah kondisi yang perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Sebab, infeksi jamur yang tidak ditangani bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada si Kecil atau bahkan rewel.

Pada kebanyakan kasus, oral thrush tidak menyebabkan komplikasi pada bayi yang baru lahir atau anak-anak yang sehat. Namun, berdasarkan Medical News Today, terkadang infeksi dapat menjadi parah bagi seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi Candida dapat memengaruhi bagian tubuh lain, seperti darah atau selaput otak.  

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab lidah putih pada bayi. Jika Apabila lidah putih yang dialami si Kecil tidak kunjung menghilang atau disertai dengan gejala yang membuatnya tidak nyaman, sebaiknya konsultasikanlah si Kecil pada dokter, ya Moms.

 

Source: gooddoctor.co.id

Artikel Lainnya

Bukan cuma sekedar tren, pijat bayi memang memberikan beragam manfaat. Manfaat pijat bayi tidak hanya bisa didapatkan dari pemijatan oleh tenaga profesional di pusat perawatan bayi atau spa bayi, tapi...

Apa faktor risiko terkena penyakit pityriasis alba? Pityriasis alba umumnya paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Kondisi ini umum terjadi pada sekitar 2-5% anak-anak di dunia. Gejala pa...

Kulit bayi baru lahir memang terkenal lembut dan sensitif. Tapi, ada beberapa bayi yang memang terlahir dengan jenis kulit sensitif. Oleh karena itu, orangtua harus lebih jeli mengenali ciri kulit bay...

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan langkah yang sangat baik untuk memudahkan bayi dan ibu dalam memulai proses menyusui. Berbagai macam keuntungan didapatkan dari proses `baik untuk ibu maupun bayi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................