Tip Jitu Mencegah Eksim Pada Bayi

Selasa, 06 Juni 2017 | 17:08 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bayi sering mengalami ruam kering dan bersisik, yang biasanya berada di pipi, lengan, kaki, dada dan bagian tubuh lainnya juga. Terkadang, ruam kulit anak menjadi semakin meradang dan diperburuk garukan anak. Bagi bayi, ruam seperti eksim sangat mengganggunya sehingga ia tidak bisa tidur nyenyak.

Lebih dari 20 persen anak-anak menderita eksim atau yang disebut dermatitis atopik. Setelah tahun pertama anak, ruam lebih cenderung muncul di bagian dalam siku, bagian belakang lutut, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki, tapi juga bisa muncul di tempat lain. Sementara pada bayi, eksim bisa jadi sangat parah membuat kulit kering atau berair.

Ada beberapa korelasi antara eksim dan alergi, dan bisa dikaitkan pula dengan riwayat keluarga eksim, asma, alergi dan kulit kering. Eksim bisa dipicu oleh panas, konsumsi makanan tertentu, atau bahkan stres. Dan masalah kulit ini bisa kambuh hingga beranjak dewasa.

Namun, tenyata sudah ada solusi untuk menangani eksim yang paling andal dan harga yang terjangkau, yaitu petroleum jelly, yang lebih dikenal dengan sebutan Vaseline. Penelitian oleh Dr Steve Xu dari Northwestern Feinberg School of Medicine menunjukkan bahwa mengoleskan petroleum jelly pada bayi selama enam bulan pertama mengurangi risiko pengembangan eksim.

Kita semua tahu bahwa krim perawatan kulit khusus harganya lumayan mahal. Bila bayi mengalami eksim dan memerlukan krim ini terus-menerus, itu bisa menyebabkan pembengkakan pengeluaran rumah tangga.

Tentu saja, Ibu bisa menggunakan pelembab pilihan, atau bahkan minyak seperti minyak biji bunga matahari. Tapi petroleum jelly adalah pilihan tepat karena aman. Pelembab ini juga bebas aroma dan tidak mengandung bahan pengawet atau aditif yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi lainnya. Nah, sekarang Ibu bisa mencobanya di rumah. Untuk kulit bayi yang sangat sensitif, oleskan Vaseline secara rutin pada daerah kulit sensitif si kecil sehabis mandi. 

Artikel Lainnya

Kebanyakan orangtua masih beranggapan bahwa bayi memang perlu menangis supaya jantung dan paru-parunya lebih kuat. Parahnya, beberapa orangtua sengaja membuat anaknya menangis. Benarkah? Menurut Wi...

Telanjang kaki atau lebih akrab dikenal dengan nyeker pada anak, banyak diklaim bisa meningkatkan nafsu makan loh. Kalau, dibayangkan dengan logika, emang sih, hal itu kurang bisa diterima. Ta...

Cara merawat tali pusar bayi yang benar agar cepat kering hingga puput penting diketahui oleh para orangtua baru untuk mencegah terjadinya infeksi dan iritasi pada kulit bayi. Perawatan tali pusar ...

Melahirkan dengan jalan operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut bukan dari vagina. Proses penyayatan ini bisa menghasilkan jaringan luka di kulit. Meski secara ke...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................