Manfaat Makan Sayur Saat Menyusui: Bikin Langsing dan Perbanyak ASI

Jumat, 29 April 2016 | 09:47 WIB Penulis : Erni Wulandari


Saat menyusui, pemilihan asupan makanan yang tepat sangat dianjurkan bagi para ibu-ibu. Selain dapat membantu mengembalikan berat badan menjadi seperti semula, diet tepat juga membantu mempertahankan produksi ASI.

Salah satu jenis asupan yang dianjurkan adalah sayur-sayuran. sayur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain mengandung banyak serat, sayur juga merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Seperti kita ketahui, kebutuhan nutrisi ibu menyusui, termasuk vitamin dan mineral, juga tinggi.

"Kebutuhan nutrisi lebih tinggi saat hamil, juga terutama saat menyusui. Jadi betul sekali kalau makan sayur banyak sangat baik saat pasca melahirkan.

Yang tak kalah penting, sayur juga merupakan salah satu asupan yang rendah kalori. Dengan begitu, mengonsumsi banyak sayur akan tetap menjaga asupan kalori agar tak melonjak atau terlalu tinggi.

Ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan tak perlu serta-merta mengurangi satu waktu makan demi tubuh langsing. Diet pasca melahirkan bisa dilakukan dengan tetap makan selama 6 kali dalam sehari.

"Bangun tidur sarapan dalam satu jam setelah bangun. Lalu morning tea misal dengan susu atau yoghurt, plus buah atau sandwich atau segenggam kismis atau kacang-kacangan.

Kemudian untuk makan siang, menu yang bisa dipilih adalah nasi, sayur dan lauk pauk berprotein. Demikian juga untuk menu makan malam. Sementara untuk camilan siang dan sore, bisa dipilih salah satu menu camilan saat bangun tidur.

Artikel Lainnya

Sepanjang memperhatikan gizi dan tubuh Bunda sehat, silakan saja berpuasa ketika Bunda hamil. Sebenarnya, ibu hamil punya dispensasi untuk tidak menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Namun, tak sed...

ayi yang telah memasuki masa MPASI umumnya menjadi penasaran dengan segala makanan yang ada di dekatnya. Tak jarang, Si Kecil bahkan mencoba mengambil makanan dari tangan Bunda saat sedang makan. Rasa...

Bayi, batita, balita, anak-anak, hingga remaja membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa. Hal ini diperlukan guna mendukung perkembangan mental dan fisik mereka. Dalam dunia...

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Pemberian Makanan pada Bayi dan Anak (PMBA) yang direkomendasikan oleh WHO, yaitu (1) IMD (Iniasiasi Menyusui Dini), (2) pemberian ASI saja selama usia 0-6 bul...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................