Perhatikan Hal Ini Agar Kulit si Kecil Tak Mudah Iritasi

Kamis, 02 Juni 2016 | 11:43 WIB Penulis : Erni Wulandari


Semua orang tua pasti ingin memberi yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk untuk urusan perawatan si kecil, tentu tak ada orang tua yang tega melihat kulit anaknya mudah teriritasi.

Untuk itu, seperti penuturan dr Margaretha Komalasari SpA dari Kemang Medical Care, ketika memilih produk perawatan kulit untuk anak, usahakan pilih produk yang terbuat dari bahan alami dan sudah teruji klinis tak membuat iritasi. Kemudian, perhatikan pula reaksi yang kemungkinan muncul setelah anak dipakaikan produk tersebut.

"Sebelum memakaikan produk perawatan kulit, dibaca dulu komposisi produk itu apa. Kemudian diobservasi area yang dioleskan, biasanya kita coba oleskan sedikit dulu di belakang telinga. Kalau nggak ada iritasi kontak, ya lanjutkan nggak apa-apa.

Reaksi iritasi kontak bisa muncul dalam waktu cepat atau lambat. Tapi, mesti dilihat apakah iritasi kontak tersebut karena produk yang digunakan. Karena, bisa saja faktor lain seperti makanan yang jadi penyebabnya.

Iritasi kontak akibat pemakaian produk tertentu umumnya muncul di area yang dioleskan produk tersebut. Jika iritasi karena makanan misalnya, bisa muncul iritasi di seluruh tubuh. Gejala iritasi kontak lain yang bisa muncul yakni kulit kering, merah, panas saat diraba, dan gatal.

"Untuk mengatasinya, setop pemakaian produk kemudian dikasih pelembap untuk meredakan iritasinya. Kalau reaksi tambah parah bisa diberi obat-obat tertentu yang digunakan sesuai petunjuk dokter ya,"

Untuk pemakaian produk perawatan kulit seperti bedak, jangan gunakan di area kelamin dan wajah karena bisa terhirup si kecil. Jika produk perawatan kulit ini hendak digunakan setelah anak dimandikan, boleh-boleh saja tapi sekali lagi, perhatikan komposisi bahan dan observasi kulit anak pasca dicoba menggunakan produk tersebut.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Ibu hamil dan menyusui, ternyata lebih rentan terkena virus corona. Untuk itu, para ibu wajib tahu cara mencegah penularan virus corona berikut ini. Semakin hari, jumlah korban akibat virus corona ...

Cara Membersihkan Hidung Bayi Cara membersihkan hidung bayi penting untuk dilakukan untuk menghindari bayi menjadi tidak nyaman dan rewel akibat hidungnya tersumbat. Berikut ini adalah beberapa lan...

Separation anxiety adalah suatu kondisi yang terjadi ketika si kecil histeris saat ditinggal Ibu, Ayah, atau pengasuhnya walaupun hanya sebentar. Kondisi ini sebenarnya sangat wajar dialami anak ...

Makanan Pendamping ASI (MPASI) mulai orangtua berikan saat bayi usia 6 bulan. Pemberian MPASI sebaiknya kaya asupan nutrisi, seperti vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat. Kandungan tersebut bisa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................