Agar Perjalanan Mudik yang Lama Terasa Menyenangkan Bagi si Kecil, Ini Tipsnya

Jumat, 01 Juli 2016 | 13:34 WIB Penulis : Erni Wulandari


Demi bisa berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman, banyak orang yang rela bermacet-macet ria saat mudik. Lalu bagaimana jika membawa anak kecil?

Psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, mengingatkan agar orang tua memastikan kondisi fisik anaknya oke sebelum memulai mudik. Sebab jika anak sakit, tentunya si anak merasa sangat tersiksa di perjalanan. Apalagi jika perjalanan dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum.

Jika anak sehat, ada sejumlah persiapan yang bisa dilakukan sejak dari rumah untuk mengantisipasi kebosanan anak. "Misal disiapkan aktivitas untuk anak, bisa dengan membawa alat permainan yang gampang dipakai.

Jika anaknya lebih dari satu, sebaiknya permainan yang dibawa adalah yang bisa dimainkan bersama misalnya monopoli atau ular tangga. Selain itu bisa membawa buku bacaan yang menjadi kegemaran anak.

"Meskipun di jalan, minimalkan penggunaan gadget seperti handphone untuk mengatasi kebosanan anak. Jika mudik menggunakan mobil pribadi dan ada fasilitas televisi mini, bisa diputar film pengetahuan ataupun kesukaan anak untuk membunuh waktu.

Sementara jika menggunakan kendaraan umum, misalnya kereta api, anak-anak bisa diajak melihat keadaan di luar melalui jendela. Anak bisa diajak bercerita, di sawah yang dilewati terdapat tanaman apa saja. Atau bisa berjoget mengikuti gerak kabel listrik di luar kereta api yang bisa dilihat dari jendela.

"Yang gampang bosan umumnya anak-anak usia sekolah. Kalau mudik sama anak yang umurnya 1-3 tahun, biasanya yang capek orang tuanya karena di usia segitu anak-anak ini energinya sedang tinggi.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Menurunkan berat badan setelah melahirkan menjadi hal yang diinginkan. Namun, fokus utama ketika menyusui adalah mencukupi asupan nutrisi Si Kecil. Lantas, apakah diet saat menyusui boleh dilakukan? ...

Ngompol secara tiba-tiba adalah kondisi yang sering kali dianggap sebagai tanda diabetes pada anak. Benarkah demikian? Simak faktanya dalam penjelasan di bawah ini. Apakah Anak Ngompol Tanda Diabet...

Mamas, kita semua tentu sepakat, ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Namun demikian, tidak semua mams dapat memberikan ASI dengan lancar selama hingga usia bayi 2-3 tahun. Penyebabnya be...

Bayi sering mengalami ruam kering dan bersisik, yang biasanya berada di pipi, lengan, kaki, dada dan bagian tubuh lainnya juga. Terkadang, ruam kulit anak menjadi semakin meradang dan diperburuk garuk...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................