Agar Anak Tidak Mudah Sakit, Berikan 5 Jenis Makanan Ini !

Selasa, 14 Juni 2016 | 10:00 WIB Penulis : Erni Wulandari


Setiap Bunda pasti ingin si kecil tidak mudah sakit. Tapi Bunda tidak bisa memungkiri bahwa banyak bakteri di sekitar yang dapat menyerang daya tahan tubuhnya. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C dapat melawan aneka penyakit.

Berikut 5 makanan yang bisa membuat anak tidak mudah sakit 
1.Wortel
Makanan kaya vitamin A seperti wortel dapat membantu tubuh melawan infeksi. Tekstur wortel yang halus jika direbus memudahkan si kecil untuk makan. Jika si kecil tidak mau mengonsumsinya, cobalah memasukkan wortel ke dalam campuran jus atau smoothie buah Anak di bawah usia 5 tahun hanya perlu 300 hingga 400 miligram Vitamin A setiap hari. Jangan terlalu banyak memberikan dengan cara memberinya vitamin dalam bentuk pil sebab terlalu banyak juga akan membuat anak sakit.

2.Yogurt
Bakteri baik seperti lactobacillus dalam yogurt sangat melindungi tubuh dari penyakit. Kandungan probiotik dalam yogurt juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaannya. Selain itu, yogurt juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap flu dan infeksi lainnya. Mama bisa memilih topping yogurt yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan.


3. Salmon dan tuna
Jenis ikan ini memiliki kandungan Vitamin D yang cukup tinggi. Selain dapat menguatkan tulang, Vitamin D sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Ikan salmon dan tuna yang rasanya sangat enak dan dapat diolah dengan berbagai masakan tentu disukai oleh si kecil. Selain itu, membiarkan anak bermain di bawah sinar matahari pagi juga memberikan Vitamin D padanya dan dapat menjadi cara untuk mencegah anak sakit.

4.Bayam
Bayam menjadi deretan sayuran yang banyak disukai oleh anak. Selain rasanya yang manis, bayam mengandung Vitamin E untuk melawan bakteri dan virus. Vitain E juga dapat menjaga sel-sel anak dari kerusakan. Mama bisa mengolah bayam dengan cara merebusnya atau membuatnya jadi sayur bening. Semakin cepat waktu mengolahnya, semakin banyak vitamin yang bisa didapatkan oleh si kecil.


5. Daging
Ternyata, daging juga menjadi makanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Kandungan Zinc dalam daging akan meningkatkan sel untuk infeksi darah putih serta membantu melawan infeksi lainnya dan menyembuhkan luka. Jenis mineral yang satu ini juga ada di dalam daging sapi maupun unggas. Pengolahan daging yang pasti disukai anak akan membuat makanan ini pasti dikonsumsi si kecil.


Sumber : Nakita
 

Artikel Lainnya

Tengok cara mengobati gatal-gatal pada anak sesuai penyebabnya, yuk mom! Gatal-gatal adalah gejala dermatologis umum yang bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebab gatal-gatal pada anak...

Bagi beberapa anak, belajar mungkin menjadi aktivitas yang sangat membosankan. Saat orang tua meminta anak belajar, tidak sedikit dari mereka yang memiliki banyak alasan agar ia tak perlu belajar...

Persahabatan Raffi Ahmad dan Irwansyah sepertinya turun ke anak-anak mereka, Rayyanza dan Ukkasya ya, Moms. Salah satu momen kedekatan keduanya terekam dalam sebuah unggahan Instagram Zaskia Sungkar. ...

Bagi si 1-2 tahun, pagi, siang, sore, dan malam bukanlah sesuatu yang nyata alias abstrak, karena tidak menjelaskan apapun. Konsep waktu belum dipahaminya dengan benar. Namun, tak berarti dia tidak te...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................