Kesalahan Yang Membuat Anak Jadi Susah Makan

Jumat, 26 Agustus 2016 | 10:31 WIB Penulis : Erni Wulandari


Makan kadang jadi waktu berdebat antara  Bunda dan si kecil. Si kecil yang susah makan hingga gemar memilih-milih makanan kadang membuat pertengkaran. Siapa sangka ada beberapa penyebab anak susah makan yang kerap dilakukan oleh Bunda. Kesalahan berikut ini selayaknya Bunda hindari agar si kecil bisa memiliki pola makan yang sehat.

1.Melarang makan junk food di rumah
Salah satu cara yang kerap Bunda lakukan untuk mebuat anak sehat adalah menghilangkan atau melarang sama sekali makan makanan tidak sehat seperti permen, kue dan makanan manis lainnya. Membatasi justru akan menganggap makanan adalah sesuatu yang jahat. Jangan banyak mengancam karena akan menimbulkan masalah traumatik. Alangkah baiknya Mama memberi pengetahuan makanan apa yang mereka konsumsi dan mendorong mereka untuk mengurangi asupan makanan yang kurang sehat.

2.Memaksa anak makan yang ia tidak suka
Anak yang pilih-pilih makanan memang menyebalkan. Namun, beberapa anak justru memilih makanan karena faktor lingkungan termasuk Bunda. Berikan pemahaman mengenai aneka jenis makanan. Biarkan ia memahami mana makanan yang ia butuhkan atau tidak. Bunda perlu menjadi contoh agar ia bisa memilih makanan yang benar dan tepat. Jika memaksa anak dalam hal makan, si kecil bisa mengalami gangguan asupan makanan.
 

3.Memisahkan makanan anak
Bunda pasti sering memisahkan mana makanan buat si kecil dan mana makanan untuk Ayah dan Bunda. Alasannya karena makanan Bunda lebih berasa dan mungkin tidak disukai si kecil. Banyak Bunda juga cenderung memberikan makanan olahan yang disukai anak seperti nugget dan sosis. Cara ini justru membuat anak tidak mengenal rasa dan memiliki pola makan yang buruk. Biasakan anak untuk menyantap berbagai jenis rasa dan jenis makanan.

4.Membiarkan anak makan banyak
Rasa iri mungkin muncul ketika melihat anak orang lain makan dengan lahap. Namun, jangan biarkan anak justru makan tidak terkontrol. Mereka memiliki rasa kenyang yang berbeda. Bunda memiliki peran penting untuk mengatur apa yang mereka makan. Jadi, sejak dini perlu ditanamkan pola makan yang lebih sehat.

5.Memaksa anak makan sayur
Dibanding memaksa anak makan sayur dengan ancaman, alangkah baiknya Bunda menjadikan momen makan jadi menyenangkan. Banyak anak yang tidak suka dengan waktu makan terlebih jika dalam kondisi paksaan. Penyebab anak susah makan justru datang dari keluarga. Buat waktu makan jadi lebih menyenangkan bagi si kecil.

 

Sumber : Tabloid-nakita

Artikel Lainnya

Defisiensi atau kekurangan vitamin D menjadi persoalan yang mengancam anak Indonesia. Selain menghambat pertumbuhan dan memicu penyakit tulang, defisiensi vitamin D juga mendorong timbulnya penyakit l...

Setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam, Mom tentu tak sabar untuk segera membayar rasa haus dengan minum minuman yang segar dan sehat saat buka puasa nanti. Begitu pun bagi si kecil, menu...

Moms, tentunya ingin Si Kecil memiliki gigi yang sehat dan kuat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengajarkannya untuk menyikat gigi sejak dini. Namun jangan asal memilih pasta gigi bagi buah hati Anda ya, ...

Seperti banyak metode pengasuhan lainnya, metode parent led weaning (PLW)  memiliki sejumlah pro dan kontra, yaitu: Pro: - Risiko tersedak terbilang rendah karena bayi menyantap makanan ya...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................