Fakta PIL KB Yang Mesti Bunda Tahu

Jumat, 21 Oktober 2016 | 16:08 WIB Penulis : Erni Wulandari


National Institute of Health bahkan mencatat hanya 13,6% wanita yang menggunakan pil KB di Indonesia. Padahal, jika Bunda simak fakta berikut, bisa jadi Bunda tak ragu lagi menggunakannya.
 
Mitos : Membuat gemuk
Faktanya: Kini pil KB menggunakan estrogen berdosis rendah yang menyerupai hormon alami di tubuh Bunda yang mencegah terjadinya penumpukan cairan sehingga berat badan pun tetap stabil.  
 
Mitos : Memicu jerawat
Faktanya: Menurut Maria Munoz, MD dari Department of Obstetrics & Gynecoloy University of North Carolina, AS. hampir semua merek pil kombinasi estrogen dan progestin membuat kulit lebih halus, bahkan membantu mengatasi jerawat walau butuh waktu beberapa minggu, karena pil KB akan menurunkan kadar androgen dalam tubuh sehingga menekan produksi minyak.
 
Mitos : Rahim jadi kering
Faktanya : Mary Jane Minkin, MD dari Yale University School of Medicine, AS memastikan pil KB tidak mengganggu kesuburan.  Memang, hormon yang ada pada pil KB membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk sepenuhnya keluar dari tubuh, makanya Bunda akan disarankan menghentikan kontrasepsi hormonal sekitar 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan. Sesudah 3 bulan, proses ovulasi akan kembali terjadi.
 
Mitos : Bikin moody
Faktanya : Dilansir dari Cleveland Clinic, pil KB dengan drosperinon gabungan estrogen dan progestin akan mencegah fluktuasi hormon secara berlebihan, sehingga Bunda terbebas dari perasaan sensitif selama PMS.
 
Mitos : Gairah seksual menurun
Faktanya : Kandungan estrogen dan progestin dalam pil KB akan mengikat hormon androgen di dalam tubuh sehingga mengurangi gairah seksual. Namun, penurunannya hanya sedikit dan gairah tak hanya dipengaruhi oleh hormon, melainkan juga mood Bunda.

Artikel Lainnya

Jangan sembarang menggunakan sendok saat memberi anak obat sirup. Ukuran sendok tak selalu sama di berbagai tempat, Bunda. Dan hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam akurasi dosis obat. Demikian me...

Berat badan anak tak kunjung naik pasti membuat Bunda khawatir akan tumbuh kembangnya. Tidak hanya soal angka, menaikkan berat badan berarti meningkatkan asupan nutrisi yang bergizi bagi anak. Bunda p...

Memasuki usia sekolah, konsentrasi menjadi hal yang penting bagi anak. Konsentrasi memang sulit diterapkan pada anak meningat pada usia balita mereka lebih senang mengeksplorasi pikiran mengenai hal-h...

Pertolongan pertama apabila digigit serangga Apabila gejala yang ditimbulkan sengatan atau gigitan serangga tersebut hanya ringan, maka efeknya bisa hilang dengan sendirinya setelah 1-2 hari. Namun...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................