kesalahan Saat Membiasakan Anak Tidur Sendiri

Rabu, 09 November 2016 | 10:28 WIB Penulis : Erni Wulandari


Membiasakan anak untuk tidur sendiri merupakan fase penting. Dengan tidur sendiri akan membuat si kecil mengenali rasa ngantuknaya dan juga melatih kemandirian sejak dini. Namun ada beberapa kesalahan yang perlu Bunda Hindari dalam membiasakan anak tidur sendiri.

1. Beralih ke tempat tidur terlalu cepat.

Banyak orang tua yang panik bahwa anaknya masih tidur dalam boks. Namun Bunda bisa membawa anak tidur sekitar 2 hingga 3 tahun. Tidur di dalam boks menjaga anak agar tetap aman saat tidur. Maka penting untuk memastikan anak tidur secara aman dan jangan memaksakan anak untuk tidur sendiri di tempat tidur, malah akan Membuat si kecil meminta Bunda menemaninya tidur.

2. Tidak memberikan perlindungan saat tidur

Pastikan area tidur anak aman dari segala bahaya. Jauhkan benda-benda yang tidak penting di sekitar tempat tidur. jauhkan dari stop kontak listrik, serta gunakan pula bantal yang tidak terlalu besar yang dapat membuat kepala anak terjebak didalamnya. Selimut yang besar juga bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan kepanasan.

3. Tidak memperkenalkan tempat tidurnya

Sebelum melepas anak untuk tidur sendiri, sebaiknya Bunda memberikan waktu pada si kecil untuk mengena; tempat tidurnya. Bunda bisa membiasakan anak tidur pada siang hari atau bermain di area tempat tidurnya. Bunda bisa membiasakan anak tidur pada siang hari atau bermain di area tempat tidurnya. hal ini akan membantu anak terbiasa mengalami nyaman di tempat tidur. Jangan lakukan transisi yang terlalu cepat karena akan menimbulkan ketakutan berlebihan pada anak.

4. Tidak membuat jadwal tidur

untuk mencegah terjadinya masalah saat membiasakan anak tidur sendiri, Bunda perlu memberinya jadwal tidur yang teratur. Waktu tidur yang berantakan akan membuat anak susah tidur. Anak yang mengalami susah akan membuatnya merasa tidak nyaman dengan waktu tidur sendiri. Usahakan membuat anak berada di tempat tidurnya lebih awal agar ia bida tidur lebih nyenyak.

5. Tidak konsisten

Saat membiasakan si kecil tidur sendiri, usahakan jangan membiarkan anak menyelinap ke kamar Bunda. Lebih baik Bunda berada di kamar nya hingga si kecil tidur baru kemudian meninggalkannya. Selain itu Bunda jangan terlalu sering menengok ke kamarnya, karena kehadiran Bunda akan membuat anak tidak dapat mengatasi rasa takutnya sendiri.
 

Artikel Lainnya

Saat anak tantrum kadang membuat orang tua menjadi jengkel dan langsung menuruti apa yang di inginkan si anak.Sebetulnya ada yang bisa Bunda lakukan selain menuruti kemauannya. Diungkapkan dr Met...

Anak dengan karies gigi barangkali sudah jadi pemandangan biasa bagi kita. Padahal, hal itu bisa diminimalisir dengan mengajari anak sikat gigi sejak dini. Mengajari anak sikat gigi bisa jadi tanta...

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembuahan dalam tabung atau in-vitro fertilization, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dijadikan pertimbangan. Hal-hal ini penting untuk diketahu...

Aktivitas anak yang padat sepanjang hari kerap kali membuat tubuh anak berkeringat hingga picu bau di tubuhnya. Bahkan, tak jarang keringat berlebih juga bisa menimbulkan iritasi pada ketiak si Kecil,...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................