Manfaat Ajarkan Anak Toilet Training Sejak Dini

Jumat, 06 Januari 2017 | 15:32 WIB Penulis : Erni Wulandari


Sejak 2001, Persatuan Bangsa-Bangsa mencanangkan 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia. Ini merupakan gerakan untuk mengingat kembali hak-hak dasar manusia untuk mendapatkan sanitasi yang baik. Sejalan dengan itu, mengajarkan tentang toilet sejak dini pada anak juga memiliki banyak manfaat. Berikut sebagaimana dilansir dari kidsworldkindy.com.

- Mengajak anak rutin beraktivitas di kamar mandi, selain mendekatkan hubungan orang tua – anak juga memudahkan pengajaran dasar-dasar kebersihan tubuh, seperti, menggosok gigi dan mandi sendiri.
- Semakin dini balita mengenal aktivitas ke kamar mandi, semakin cepat ia tak bergantung pada popok sekali pakai. Ini artinya, anak semakin siap untuk ke sekolah.
- Saat balita telah diperkenalkan kebiasaan ke kamar mandi, ia juga mengembangkan kemampuan mengenali sinyal tubuhnya untuk BAB dan BAK.

Fakta seputar toilet

  • 2.4 miliar orang di dunia tak mendapat akses sanitasi termasuk toilet yang baik (www.un.org)
  • 44 % pengguna toilet terbuka ada di Asia dan ini adalah angka tertinggi di dunia (UNICEF, 2012)
  • Toilet terbuka berisiko menularkan penyakit, kurang mendukung privasi, serta meningkatkan risiko pelecehan seksual.
  • 15% populasi di dunia masih terpaksa buang air besar di tempat terbuka. (Joint Monitoring Programme for Water Supply and Sanitation, Progress on Drinking Water and Sanitation: 2012, United Nations Children’s Fund and World Health Organization, New York and Geneva, 2012)
  • Tahukah Anda bila 26 liter air dibuang dalam sekali flush?
  • Setiap orang menggunakan toilet sekitar 2.500 kali per tahun dalam kondisi normal. Saat sakit, frekuensinya akan bertambah.
  • Lebih dari 7 juta orang di Amerika Serikat mengaku pernah menjatuhkan ponselnya di kloset. Masih mau membawa ponsel ke toilet?
  • Kuman dapat berpindah hingga 1,8 meter jauhnya saat Anda mem-flush kloset dan berpotensi menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, kenakan pakaian dalam kembali sebelum menyiram toilet.

Artikel Lainnya

Mudik bersama keluarga dan anak-anak tentu sangat menyenangkan, baik dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor, maupun kendaraan umum, seperti bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat. ...

Vitamin C kerap menjadi senjata andalan Bunda untuk membangun kekebalan tubuh si kecil, agar tidak gampang kena batuk dan pilek. Dan selama ini, jika membicarakan tentang buah-buahan yang mengandung v...

Peranan  Bunda sangatlah penting dalam urusan pendidikan si kecil. Salah satu hal kecil yang bisa dilakukan sebagai bentuk perhatian adalah menemani anak belajar di rumah. Meski sederhana, kegiat...

Anak Anda selalu makan dengan lahap saat menu makanannya mengandung rasa pedas. Apakah makanan pedas aman untuk dikonsumsi oleh anak? Simak penjelasannya berikut ini. Tidak pedas, tidak berselera...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................