Anak Suka Menghisap Jempol? Ternyata Ada Manfaatnya lho mom!

Senin, 24 Februari 2020 | 13:46 WIB Penulis :


Hampir sebagian besar balita memiliki kebiasaan tertentu saat umurnya mulai bertambah. Beberapa suka memasukan benda ke dalam mulutnya, sedangkan yang lain senang menghisap jempol kapanpun ada kesempatan.

Melihat kebiasaan anak menghisap jempol, Mom tentu menjadi resah dan khawatir. Secara naluri, Mom akan melarangnya karena tidak ingin kebiasaan tersebut bertahan hingga anak dewasa. Apalagi, tidak ada jaminan jempol anak bersih dari kotoran maupun bakteri.

Namun ternyata, kebiasaan menghisap jempol memberikan manfaat bagi pertumbuhan anak lho, Mom! Tidak percaya? Yuk, simak fakta menghisap jempol berikut ini:

1. Menghisap jempol adalah fase perkembangan yang wajar

Ternyata, hampir semua anak akan memiliki kebiasaan menghisap jempol pada umur tertentu lho, Mom. Pasalnya, kebiasaan ini adalah bagian dari perkembangan oral anak.

Saat menghisap jempol, anak akan melatih kemampuan menghisap, menggigit, dan mengunyah. Alhasil, kemampuan anak untuk menelan makanan padat pun akan berkembang dengan lebih cepat.

Dengan kata lain, menghisap jempol menunjukan perkembangan anak berjalan dengan normal.

2. Menghisap jempol memengaruhi psikologis anak di masa depan

Tahukah Mom? Melarang anak menghisap jempol dapat memengaruhi psikologis anak ketika ia dewasa nanti. Anak berpotensi tumbuh menjadi pribadi yang kurang baik, pemarah, penuntut, dan lain-lain.

Selain itu, larangan di masa balita tersebut juga meningkatkan potensi anak memiliki kebiasaan tertentu saat ia dewasa nanti, seperti kebiasaan menggigit kuku, mengemut benda tertentu, hingga merokok.

Wah, daripada hal-hal itu terjadi, lebih baik biarkan anak melewati fase perkembangan ini ya, Mom!

3. Menghisap jempol membangun ketahanan tubuh anak terhadap alergi

Sebagian besar orangtua melarang anaknya menghisap jempol karena keberadaan bakteri dan kuman penyakit di jari anak. Tangan memang salah satu bagian tubuh yang paling kotor.

Tapi ternyata, paparan bakteri dan kuman penyakit sejak dini justru meningkatkan ketahanan tubuh anak terhadap alergi. Risiko anak memiliki alergi di masa depan pun akan berkurang.

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Otago di Selandia Baru lho, Mom!

4. Pastikan kebersihan jari dan tangan anak

Menghisap jempol memang memiliki manfaat tertentu bagi anak. Tapi tidak bisa dipungkiri, kebiasaan tersebut juga memiliki dampak negatif.

Oleh karena itu, pastikan jari anak selalu bersih dari kotoran ataupun zat-zat berbahaya sebelum ia menghisapnya ya, Mom.

Selain itu, Mom juga harus rajin menggunting kuku anak agar tidak terlalu panjang. Tentu Mom tidak ingin mulut anak terluka karena tergores kukunya sendiri bukan?

5. Segera hentikan kebiasaan ketika anak mulai tumbuh gigi

Meskipun menghisap jempol adalah fase perkembangan yang wajar, Mom harus segera menghentikan kebiasaan tersebut saat anak mulai tumbuh gigi permanen, yaitu ketika berusia 5-6 tahun.

Melansir dari Mom Junction, menghisap jempol berisiko memengaruhi kesehatan gigi dan rahang anak. Barisan gigi depan anak pun berisiko tumbuh dengan tidak rata sehingga menyebabkan gigi tonggos.

Itulah fakta tentang kebiasaan menghisap jempol yang perlu Mom ketahui. Yuk, biarkan anak melewati fase ini agar perkembangannya berjalan dengan maksimal.

 

Source: POPMAMA.COM

Artikel Lainnya

Kok Balita Tidak Bosan-bosan Bertanya yah ?   Selalu ingin tahu. Bunda kerap frustrasi dan kesal dengan pertanyaan "mengapa". Memang begitu. Tuhan menciptanya juga sudah begitu. ...

Banyak pertanyaan yang diajukan para bunda usai melahirkan normal. Berikut beberapa pertanyaan dan jawabannya yang bisa Bunda gunakan sebagai bekal informasi. 1. Kapan saya bisa menyusui bayi saya ...

Wadah plastik tentu menjadi tempat penyimpanan makanan favorit Bunda. Selain lebih ringan, materialnya yang anti pecah dan bisa digunakan berulang kali membuat si multifungsi ini jadi kesayangan ...

Dry drowning berarti tenggelam dalam kering atau tenggelam tanpa air. Saat ajak si kecil selesai berenang mungkin Bunda mengira tugas menjaganya sudah selesai ya Bunda. Tapi tahukah Bunda si kecil bis...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................