Beberapa Penyebab Menurunnya Berat Anak Secara Drastis

Kamis, 24 Desember 2020 | 14:14 WIB Penulis :


Naik turunnya berat badan anak sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Namun jika berat badan anak turun secara tak terduga dan cepat, hal itu bisa membuat orangtua khawatir. Bagi para remaja, pubertas memainkan peran penting dalam penurunan berat badan yang tanpa alasan. Hormon mereka memicu berbagai perubahan fisik, misalnya pembesaran testis pada anak laki-laki dan payudara pada anak perempuan. Perubahan tubuh ini juga menyebabkan hilangnya berat badan secara tiba-tiba.

Berat badan anak turun biasanya disebabkan karena kalori yang terbakar dengan mudah, tidak makan makanan sehat, menderita penyakit, atau metabolisme tubuh rendah. Penurunan berat badan anak yang tak terduga dapat memiliki efek buruk pada kesehatan dan pertumbuhan anak secara keseluruhan. Namun, sebelum Parents menganggap ada yang salah dengan anak Anda, pertama-tama mari kita harus memahami bagaimana kondisi kesehatan seseorang dapat ditentukan oleh berat badannya.

 

Berapa seharusnya berat badan ideal anak?

Untuk memeriksa apakah anak Anda sehat atau tidak, Parents harus memeriksa indeks massa tubuhnya (BMI atau Body Mass Index). Ini akan membantu Anda mengetahui apakah berat badan anak cukup ideal untuk tinggi badan dan usianya. Parents bisa mengunjungi dokter anak atau membeli kalkulator BMI dan menggunakannya untuk mengecek kandungan lemak tubuh anak Anda dan berat badan idealnya. Dr. Nancy Tan, konsultan dokter anak di Klinik SBCC Bayi dan Anak di Gleaneagles Medical Centre, mengatakan kepada theAsianparent dan menjelaskan bagaimana cara kerja penghitungan Indeks Massa Tubuh.

Inilah yang ia katakan: “Body Mass Index (BMI) adalah pengukuran yang digunakan untuk menghitung apakah seseorang memiliki bobot tubuh yang kurang, lebih, atau bahkan obesitas berdasarkan berat dan tinggi badannya. Body Mass Index dihitung dengan membagi berat badan seseorang dengan tinggi badan mereka. Namun, ada variasi berdasarkan usia dan ras. Karena tipe tubuh yang berbeda, disarankan agar ambang batas kelebihan berat badan untuk Asia Tenggara lebih rendang dibandingkan orang-orang Barat.  Selain itu, ukuran BMI juga berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa. Cara menghitungnya tetap sama tetapi perbandingan untuk menentukan kisaran berat badan yang ideal dibuat berdasarkan jenis kelamin dan usia anak yang sama.

Banyak anak mengalami penurunan berat secara drastis jika menunjukkan gejala berikut bersamaan dengan bobot tubuh yang berkurang tanpa diduga. Dalam kebanyakan kasus, penurunan berat badan mungkin hanya menjadi indikator pertama dari masalah kesehatan yang lebih besar.

Oleh karena itu, tanda-tanda ini tidak boleh diabaikan:

  • demam
  • dehidrasi intensitas buang air kecil berkurang
  • diare atau muntah
  • demam dan batuk
  • sakit tenggorokan
  • nyeri dada dan telinga
  • sering mengantuk
  • depresi
  • gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia
  • kanker anak
  • masalah gastrointestinal

Bila Parents memerhatikan adanya perubahan seperti yang disebutkan di atas, segera bawa anak ke dokter. Namun, jika anak tidak mengalami salah satu dari tanda-tanda yang disebutkan di atas tetapi berat badan anak turun, hal ini mungkin disebabkan karena ia kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

Source: id.theasianparent.com

Artikel Lainnya

Manfaat Juniper Berry Essential Oil Juniper berry essential oil (disebut juga Juniperi aetheroleum) paling sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernapasan...

Keju untuk MPASI bisa diolah oleh Ibu menjadi menu kesukaan si Kecil lho. Ada banyak ide resep yang bisa Ibu ikuti dengan mudah dan praktis. Namun, Ibu juga perlu memastikan saat mengolah keju...

Stunting merupakan kondisi serius pada anak yaitu kondisi gagal tumbuh yang diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis dan ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pende...

Hilang atau berkurangnya nafsu makan pada anak tentu menjadi meresahkan Bunda. Tentunya Bunda tidak ingin si kecil mengalami gangguan atau kekurangan gizi yang dapat menghambat pertumbuhannya. Setiap ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................