Moms, Yuk Ketahui Apa Saja Perkembangan yang Dialami si Kecil saat Berumur 11 Bulan

Senin, 01 Maret 2021 | 15:08 WIB Penulis :


Melihat perkembangan si kecil dari waktu ke waktu tentu saja menjadi hal yang membahagiakan. Pada usia 11 bulan, bayi sudah pandai berdiri dan mampu melontarkan beberapa celotehan lho Moms. Lalu apa saja perkembangan bayi 11 bulan lainnya? Yuk simak di sini.

Sebelum ulang tahun pertama si kecil, Moms mungkin saja akan kagum dan banyak merasakan emosi yang berbeda melihat perkembangannya. Hal ini dikarenakan pada usia 11 bulan bayi menjadi lebih aktif dan mengalami beberapa perkembangan yang signifikan.

Melihat perkembangan bayi 11 bulan

Pada usia ini, si kecil sudah banyak melakukan beberapa hal. Moms mungkin saja akan kewalahan untuk mengimbangi si kecil, namun hal tersebut tentu saja merupakan hal yang menyenangkan.

Oleh karenya, Moms wajib tahu nih apa saja sih perkembangan bayi 11 bulan yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah perkembangan bayi 11 bulan yang mungkin akan dialami si kecil.

1. Keterampilan motorik

Pada usia 11 bulan, bayi akan berkeliling sambil memegang furnitur atau mungkin tangan Moms. Ia mungkin saja akan melepaskan tangan dan mencoba untuk berjalan beberapa langkah secara mandiri.

Pada beberapa anak, mereka mungkin saja akan mencoba untuk mendaki, seperti melewati pagar tempat tidur. Jika bayi menyukai hal ini, jangan berikan akses yang mudah. Sebaiknya jauhkanlah kursi dan meja sehingga bayi tidak dengan mudah dapat mendaki pada kursi atau meja.

Tak hanya itu saja, bayi juga akan suka membuka laci dan lemari. Jadi, pastikan untuk selalu mengunci bahan kimia, produk pembersih, atau kosmetik yang berada dalam jangkauannya.

Koordinasi tangan dan mata bayi juga akan meningkat. Ia akan senang mempelajari cara-cara bekerja dengan mengatur mainan berdasarkan ukuran dan warna serta memisahkan dan menyatukannya kembali. Menyusun balok merupakan mainan yang tepat untuk hal ini.

2. Perkembangan bayi 11 bulan dengan melihat kemampuan makan

Bayi pada usia ini dapat mengonsumsi makanan sendiri dengan menggunakan jari serta mulai mengeksplorasi penggunaan sendok. Penuhi gizi bayi dengan memberikannya makanan seperti, sereal, buah, sayuran, produk susu (keju, yogurt, dan protein), daging sapi, ayam, ikan, serta tahu.

Moms juga dapat memberikan camilan di pagi dan sore hari untuk memberi bayi energi yang cukup untuk menjalani hari. Biskuit, buah, dan sereal kering adalah pilihan camilan yang tepat.

Indera perasa bayi juga akan berkembang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menambahkan rasa yang berbeda pada daftar makanan si kecil. Jika bayi merupakan pemilih makanan, jangan menyerah dan teruslah mencoba makanan baru.

Terpenting adalah jangan memaksa bayi untuk makan. Lebih baik untuk membiarkannya untuk makan dan memutuskannya sendiri jika mereka sudah kenyang.

3. Kemampuan berkomunikasi

Pada usia 11 bulan bayi memiliki perasaan tentang apa yang disukai dan tidak disukai. Mereka juga telah belajar untuk menggunakan emosi mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti melampiaskan amarah ketika Moms mengambil mainan yang disukainya.

Bayi mungkin saja mampu untuk melontarkan kata “tidak” dan mungkin saja Moms akan sering mendengarnya.

Komunikasi akan lebih matang pada usia 11 bulan. Bayi pada usia ini dapat melalukan percakapan bolak balik secara teratur. Saat Moms mengajukan pertanyaan, bayi mungkin akan menjawab meskipun Moms tidak mengerti dengan jawaban tersebut.

 

Tips meningkatkan perkembangan bayi 11 bulan yang dapat Moms lakukan

Untuk memperlancar tumbuh kembang bayi pada usia ini, Moms dapat melakukan beberapa hal. Dilansir dari Webmd, berikut adalah tips yang dapat dilakukan.

  • Pada usia ini bayi sudah bisa merangkak dan berjalan dengan bantuan, biarkan bayi menjelajahi berbagai jenis tekstur, seperti tekstur rumput, karpet, serta lantai
  • Membaca bersama dengan bayi
  • Memperkuat perilaku yang baik dengan pujian, dan memperbaiki perilaku yang tidak pantas dengan kata “tidak”
  • Berikan dorongan untuk bayi menjadi lebih mandiri ketika berpakaian, makan, serta bersiap-siap untuk tidur
  • Jika bayi berjalan dengan dua kaki, letakkan kaus kaki dengan tapak atau sepasang sepatu yang nyaman saat keluar rumah

Perkembangan bayi 11 bulan memang sangat menakjubkan. Hal ini tentu saja akan membuat Moms terkagum-kagum melihat perkembangannya. Oleh karena itu, yuk selalu awasi tumbuh kembang si kecil!

Source: gooddoctor.co.id

 


 

Artikel Lainnya

6 Manfaat Bone Broth Untuk MPASI Si Kecil   Mungkin Mam sudah tidak asing lagi mendengar Bone Broth. Selain rasanya yang nikmat, Bone Broth juga kaya akan nutrisi, lho, Mam. Terbuat dari tu...

Gumoh atau regurgitasi merupakan kejadian yang umum terjadi pada bayi baru lahir. Gumoh sering diartikan sebagai bayi yang mendapat terlalu banyak asupan ASI atau sudah kekenyangan. Pakar kesehatan...

Ketombe pada kepala punya nama lain yaitu cradle cap. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan muncul beberapa bulan pertama sejak kelahiran Si Kecil. Biasanya, ketombe ini akan hilang dengan se...

Sodium Lauryl Sulfate atau SLS termasuk golongan anionic surfactant. Ini adalah bahan yang sering ada dalam berbagai macam produk sehari-hari sabun mandi, sampo, detergen, pasta gigi, h...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................