Buah Hati Rewel? Atasi dengan Cara Ini ya Mom!

Jumat, 17 Februari 2023 | 13:55 WIB Penulis :


Meski terkadang sulit dihindari, ada kalanya Mom mesti menghadapi kondisi buah hati terus menerus rewel. Diberi susu tidak mau, dipuji-puji dengan suara lembut tidak mempan. Adakah metode paling pas untuk mengatasi anak rewel?

1. Menggendong

Cara pertama mengatasi anak rewel adalah menggendongnya. Coba gendong buah hati di sisi sebelah kiri agar pencernaannya tetap nyaman. Ayunkan buah hati pelan-pelan selama dalam gendongan, sambil mengusap-usap punggungnya. Lakukan terus hingga buah hati tenang dan tertidur. Setelahnya Mom dapat memindahkan buah hati ke tempat tidur secara perlahan.

2. Musik yang Menenangkan

Cara lain untuk anak rewel adalah memperdengarkan musik yang menenangkan. Pada dasarnya musik dapat membantu buah hati merasa tenang dan aman. Selain musik yang menenangkan. Bunyi-bunyian seperti rekaman detak jantung dan suara lembut dari kipas juga dipercaya dapat membuat buah hati lebih tenang.

3. Ubah Posisi Menyusui

Bayi rewel bisa saja karena ia mengalami masalah saat menyusu. Mom bisa mencoba ubah posisi saat menyusui buah hati. Namun, untuk membuktikannya, Mom sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter anak.

4. Pastikan Anak Tidur Cukup

Waktu tidur cukup tidak hanya penting juga bagi anak-anak. Sebaiknya Mom juga memastikan buah hati terhindar dari cahaya terang dan suara bising pada malam hari agar tidurnya lelap dan tidak terganggu.

Bagaimana Jika Anak Sering Rewel?

Penyebab anak rewel bisa sangat beragam. Jika terlalu sering rewel, bisa jadi itu karena kondisi kesehatannya sedang kurang baik. Jika buah hati rewel dan tidak bisa diatasi dengan cara-cara seperti di atas, Mom sebaiknya segera memeriksakan buah hati ke dokter anak.

Menghadapi buah hati yang kerap rewel tentu dapat membuat Mom merasa lelah, baik secara fisik maupun pikiran. Dalam kondisi semacam itu, Mom sebaiknya mencoba untuk tetap tenang supaya tetap dapat berpikir jernih.

Jika Mom merasa tidak tenang, coba tarik napas selama beberapa detik. Jika perlu, Mom bisa meninggalkan buah hati bersama ayah selama dan menenangkan diri di ruangan lain selama beberapa menit.

Hal ini sangat penting karena menghadapi anak rewel membutuhkan kesabaran serta tenaga ekstra. Dukungan dari pasangan dan orang terdekat penting untuk menghadapi kondisi seperti itu. Tetap tenang dan berpikir jernih selama anak rewel yaa Mom.

Source : https://www.generasimaju.co.id/

Artikel Lainnya

Macam-macam warna pup bayi beserta artinya Beberapa hari setelah kelahirannya, warna BAB bayi normal dapat mengalami perubahan warna. Misalnya, dari warna hitam bisa menjadi kuning atau hij...

Usia kandungan 7 bulan menjadi usia kandungan yang ‘sakti’ bagi banyak ibu hamil. Banyak hal yang bisa terjadi di trisemester ketiga kehamilan ini. Karena itu tidak heran jika banyak daera...

Kulit bayi memang sangat sensitif dan rentan terkena berbagai masalah kulit bayi yang mengganggu. Kulit bayi lebih mudah terkena iritasi dan rentan terhadap kondisi tertentu, salah satunya leher merah...

Bagi kebanyakan orang tua, momen munculnya gigi pertama Si Kecil tentu sangat dinantikan. Walau sering diwarnai dengan sedikit demam dan rewel, hadirnya gigi pertama Si Kecil selalu membuat orang tua ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................