Macam-macam warna pup bayi beserta artinya

Senin, 14 Maret 2022 | 16:14 WIB Penulis :


Macam-macam warna pup bayi beserta artinya
Beberapa hari setelah kelahirannya, warna BAB bayi normal dapat mengalami perubahan warna. Misalnya, dari warna hitam bisa menjadi kuning atau hijau.Walaupun ada perubahan warna, tidak semuanya terjadi karena masalah kesehatan. Mengutip Cleveland Clinic, berikut adalah penjelasan arti warna pup bayi yang perlu orangtua ketahui.

1. Hitam
Warna pup bayi hitam umumnya normal pada beberapa hari pertama setelah ia lahir. Feses bayi yang baru lahir berwarna hitam dengan konsistensi kental dinamakan meconium.Isinya adalah lendir, jaringan kulit, dan cairan amniotik. Mekonium biasanya bertahan beberapa hari. Setelah ia rutin menyusu, warna pup akan berubah jadi cokelat kehijauan.Namun, perubahan warna feses bayi yang jadi kehitaman bisa saja diakibatkan oleh perdarahan pada lambung atau usus dua belas jari. Kondisi ini disebut sebagai melena, penyebabnya adalah sejumlah penyakit pencernaan pada bayi. Pup bayi berwarna hitam juga dikatakan tidak normal jika ditemukan pada saat anak balita.

2. Kuning kecokelatan
Warna feses bayi ini normal dan biasanya akan muncul setelah mekonium selesai dikeluarkan. Warna ini lebih sering ditemukan pada pup bayi yang mendapatkan asupan air susu ibu (ASI).

3. Kuning terang
Warna pup bayi kuning terang merupakan hal normal pada bayi yang mendapatkan asupan ASI (dan kadang pada bayi yang diberi susu formula).Jika bab bayi encer berwarna kuning terang dan lebih sering buang air kecil dibandingkan biasanya, dapat menjadi pertanda diare. Anda perlu berhati-hati karena diare bisa mengakibatkan risiko dehidrasi.

4. Oranye
Bayi yang mengonsumsi susu formula dan memiliki warna BAB oranye kecokelatan adalah normal. Ini terjadi karena ada pigmen yang berasal dari saluran pencernaan si kecil.Sebenarnya, bayi yang mendapatkan asupan ASI juga bisa mempunyai warna pup seperti ini. Akan tetapi, kemungkinan warnanya agak sedikit lebih gelap.

5. Merah
Terkadang, warna feses bayi bisa berubah karena konsumsi makanan atau minuman berwarna dasar merah, seperti jus tomat atau bit. Baik dari ibu atau si kecil sudah mendapatkan MPASI.Namun, warna pup bayi merah juga bisa menandakan sembelit dan perdarahan akibat infeksi sistem pencernaan. Hubungi dokter jika Anda tidak merasa memberikan makanan berwarna merah, tetapi BAB bayi terlihat berdarah. 

6. Cokelat kehijauan
Kombinasi warna pup bayi cokelat kehijauan pun termasuk normal bagi yang mengonsumsi ASI atau pun sufor.Ini juga menjadi ciri khas warna feses bayi yang minum susu formula. Tekstur feses bayi yang minum susu formula juga akan lebih padat daripada bayi yang mendapatkan ASI.

7. Hijau tua
Bab bayi berwarna hijau sebenarnya pun termasuk normal, terutama pada bayi yang baru menjalani masa pengenalan makanan padat pendamping ASI (MPASI) dan mengonsumsi makanan berwarna hijau.Misalnya, bayam atau kacang polong. Suplemen zat besi juga bisa mengakibatkan warna feses bayi menjadi hijau. Suplemen zat besi juga dapat menyebabkan pup bayi berubah menjadi hijau.Anda perlu berhati-hati saat BAB bayi berwarna hijau dan berlendir, karena bisa menjadi pertanda ia mengalami flu perut, alergi, serta intoleransi makanan.

8. Putih
Perubahan warna BAB bayi menjadi putih bisa menandakan indikasi kurangnya produksi empedu di hati.Akibatnya, makanan tidak dapat tercerna dengan baik. Warna pup bayi putih serta berkapur tergolong serius, karena bisa menjadi tanda gangguan pada hati atau kantong empedu.

9. Abu-abu
Hampir sama dengan BAB bayi berwarna putih, hubungi dokter anak apabila ia mengeluarkan pup berwarna abu-abu Sebab, kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan pencernaan yang mungkin disertai konsistensi seperti kapur.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Pemberian imunisasi dasar lengkap untuk anak perlu diperhatikan oleh orang tua. Sebab, imunisasi dasar adalah salah satu upaya untuk membentuk kekebalan tubuh anak guna mencegah penularaan penyakit be...

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi akan menghadapi periode baru dalam hidupnya. Usia 6 bulan menandakan tibanya masa untuk mulai diperkenalkan pada makanan padat pertama. Demi kelancaran transisi dari m...

Apa gejala virus Zika? Jika seseorang terkena gigitan nyamuk yang mengandung virus Zika, akan menunjukkan gejala yang hampir mirip dengan kasus infeksi flu biasa, seperti demam ringan, sakit kepala, ...

Kulit bayi masih sangat sensitive dan rentan terkena berbagai jenis penyakit, mulai dari biang kringat, gatal jamur, hingga penyakit campak. Oleh sabab itu perawatan secara benar dan dilakukan secara ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................