4 Tips Nyaman Menyusui Saat Bayi Sudah Tumbuh Gigi

Senin, 26 April 2021 | 14:01 WIB Penulis :


Waktu Si Kecil mulai tumbuh gigi, bukan cuma dia yang merasa tidak nyaman, Bunda juga bisa ikut merasa tidak nyaman, lho. Bayi yang baru tumbuh gigi biasanya akan menggigit puting ibunya saat menyusu, sehingga puting jadi lecet dan sakit. Agar menyusui tetap nyaman, coba deh terapkan 4 tips ini.

Umumnya, gigi pertama bayi muncul di usia 6-12 bulan. Beberapa tanda bayi akan tumbuh gigi adalah rewel, sering mengeluarkan air liur atau ngeces, demam ringan, dan senang menggigiti apa saja, mulai dari mainan hingga puting ibunya saat menyusu.

Tips Menyusui dengan Nyaman Saat Bayi Tumbuh Gigi

Agar bisa tetap nyaman menyusui Si Kecil, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, yaitu:

1. Berikan teether sebelum menyusui

Salah satu alasan Si Kecil menggigit payudara Bunda adalah untuk mengurangi rasa sakit dan gatal pada gusinya. Nah, dengan menggigit teether sebelum menyusu, rasa tidak nyaman di gusi Si Kecil jadi berkurang sehingga ia tidak lagi menggigit puting Bunda saat menyusu.

2. Berikan pijatan gusi

Selain menggunakan teether, Bunda juga bisa memijat lembut bagian gusi yang akan tumbuh gigi untuk meredakan nyerinya. Biasanya, gigi yang pertama muncul adalah gigi bawah bagian depan.

Berikan pijatan dan tekanan secara lembut pada gusinya. Bunda bisa memijat langsung dengan jari atau menggunakan kain lembut yang bersih dan sudah dibasahi air. Sebelum memijat, pastikan Bunda telah mencuci tangan ya.

3. Ubah posisi menyusui

Bisa saja Si Kecil menggigit puting Bunda karena posisinya kurang pas untuk mengisap ASI. Bila puting Bunda terasa sangat sakit, cobalah untuk mengubah posisi menyusui. Pastikan pelekatan mulut Si Kecil pada payudara Bunda sudah benar dan Si Kecil terdengar menelan ASI, bukan hanya mengecap.

4. Selipkan jari sebelum digigit

Ketika sedang menyusu, lidah Si Kecil harus menempel pada puting agar ASI bisa keluar. Pada posisi ini, lidah akan menutupi gigi bawah Si Kecil, sehingga ia tidak bisa mengigigit.

Jika Si Kecil akan menggigit, Bunda akan merasakan ia menarik lidahnya ke belakang. Pada saat itu, Bunda bisa menyelipkan jari kelingking Bunda di mulut Si Kecil, agar ia tidak menggigit puting, melainkan jari Bunda.

Menyusui saat Si Kecil tumbuh gigi bisa membuat Bunda kesakitan dan merasa enggan untuk menyusui. Walaupun begitu, jangan cepat menyerah, apalagi marah ya, Bun. Bagaimanapun, menyusui itu penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil dan untuk mempererat hubungan emosional dengannya.

Untuk meringankan nyeri dan lecet di puting, Bunda bisa mengoleskan Puremom Nipple cream setiap habis menyusui. Namun, bila lecet di puting tidak juga sembuh, bertambah nyeri, atau muncul gejala infeksi, sebaiknya Bunda segera memeriksakannya ke dokter.

Source: alodokter.com

Artikel Lainnya

Mungkin Moms pernah mendengar bahwa lidah buaya merupakan tanaman dengan berbagai khasiat. Lidah buaya juga seringkali dipakai sebagai salah satu bahan dalam skincare, termasuk skincare ...

Tahukah bahwa anak pandai tak selamanya memiliki penampilan yang tenang, diam dan tingkah-tingkah ataupun sikap yang terkadang dianggap positif oleh orang dewasa. Salah satu dari ciri anak pandai atau...

ASI memiliki manfaat yang berlimpah, baik untuk bayi atau ibu menyusui, seperti dapat memberikan nutrisi yang terbaik dan melindungi bayi dari alergi, penyakit, dan obesitas.   Bagi ibu, pr...

Banyak larangan dan pantangan yang biasanya disarankan orang pada ibu hamil. Salah satunya ibu hamil dilarang minum air es karena nanti bayinya akan lahir besar, apakah hal tersebut benar? Ditegask...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................