Tips Membersihkan Gusi & Mulut Bayi Baru Lahir

Kamis, 05 Januari 2023 | 16:09 WIB Penulis :


Kebersihan mulut tidak hanya untuk anak anak dan orang dewasa lho, bayi juga membutuhkan kebersihan mulut. Membersihkan mulut dan lidah Si Kecil sangat penting untuk menjaga kesehatan mulutnya dan semakin dini dilakukan itu semakin baik.

Karena jika tidak dibersihkan, Si Kecil berisiko mengalami infeksi jamur. Kebersihan mulut dan lidah Si Kecil harus tetap dijaga meskipun umumnya bayi baru tumbuh gigi pada usia sekitar empat bulan. Sisa ASI atau residu susu formula di mulut Si Kecil selama berhari-hari memungkinkan bakteri berkembang biak dalam air liur mereka yang manis.

Pentingnya membersihkan mulut dan lidah bayi setelah minum ASI

Jika warna lidah Si Kecil tampak berubah warna setelah minum ASI, itu hal yang normal karena itu adalah air susu yang menempel di permukaan lidahnya. Namun, jika Bunda melihat luka putih krem di dalam mulutnya, itu mungkin sariawan.

Melansir laman Webmd, sariawan merupakan infeksi jamur umum yang bisa menyebar dengan cepat. Si Kecil yang sedang sariawan biasanya mengalami ketidaknyamanan dan rasa terbakar sehingga membuatnya sulit makan. Bahkan ini dengan mudah menyebar ke puting Bunda.

Membersihkan mulut dan lidah bayi baru lahir

Dalam membersihkan lidah dan gusi Si Kecil relatif sederhana dan tidak memerlukan banyak perlengkapan. Bunda hanya memerlukan air hangat dan kain lap atau kain kasa. Pertama, cuci tangan dengan sabun dan air.

Kemudian, untuk mulai membersihkan, baringkan Si Kecil di pangkuan dengan kepala digendong di tangan. Melansir laman Healthline, inilah cara membersihkan mulut dan lidah Si Kecil setelah minum ASI.

  • Celupkan jari yang tertutup kain kasa atau kain ke dalam air hangat.
  • Buka mulut Si Kecil dengan lembut, lalu gosok perlahan lidahnya dengan gerakan melingkar menggunakan kain atau kain kasa.
  • Gosokkan jari Bunda dengan lembut ke gusi Si Kecil dan juga bagian dalam pipinya.
  • Bunda juga bisa menggunakan sikat jari lembut yang dirancang khusus untuk memijat dan menggosok lembut sisa susu dari lidah dan gusi Si Kecil. Idealnya, sikatlah lidah Si Kecil setidaknya dua kali sehari.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Merawat kulit bayi sama pentingnya dengan menyusui dan mengganti popok. Kulit bayi baru lahir yang sangat sensitif membuat Mom bertanya tanya : ‘Bagaimana ya cara menjaga kelembapan kulit bayi?&...

Kesempatan bermain dengan bebas akan mendorong perkembangan yang sehat bagi si kecil. Simone Suckerman melihat bagaimana permainan imajinatif dapat bermanfaat bagi bayi dan balita. Ternyata ketika si ...

Bagi mama baru, memiliki newborn merupakan momen yang sangat istimewa sekaligus momen untuk ia belajar mengenal bayi barunya. Hari-hari pertama Mamas bersama Si Newborn menjadi penuh kegembiraan, s...

Kalau sudah digendong, bayi Bunda pasti menangis begitu diturunkan. Meski sudah mengantuk, ia pun tak akan bisa langsung terlelap di boksnya, sebelum digendong sambil diayun. Apakah itu karena ia tela...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................