List Vaksinasi Dasar Lengkap

Kamis, 14 Maret 2024 | 11:37 WIB Penulis :


Orang tua memang dianjurkan untuk memenuhi semua imunisasi anak sesuai usia si Kecil. Namun, terdapat beberapa jenis imunisasi dasar lengkap yang bersifat wajib untuk diberikan kepada anak. Jenis-jenis imunisasi tersebut di antaranya adalah:

 

Polio, untuk mencegah penularan penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Hepatitis B, untuk mencegah penyakit hepatitis B.

BCG, bertujuan mencegah penyakit TB (tuberkulosis) yang dapat berujung menjadi meningitis.

HiB, untuk mencegah pneumonia dan meningitis.

DPT, untuk mencegah risiko penyakit difteri, pertussis, dan tetanus.

MMR, bertujuan mencegah penularan penyakit gondok, campak, dan rubella.

Rotavirus, untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan gangguan pencernaan.

PCV, untuk mencegah infeksi bakteri penyebab pneumonia.

 

Efek Samping Imunisasi Dasar Lengkap
 

Imunisasi terkadang menimbulkan beberapa efek samping. Meski begitu, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena reaksi yang timbul umumnya bersifat ringan. Rata-rata efek samping akibat imunisasi dasar lengkap ini adalah ruam, demam ringan, dan nyeri di area suntikan.

 

Reaksi ringan tersebut sebenarnya merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang membentuk antibodi. Tak menutup kemungkinan bahwa vaksin bisa menyebabkan efek samping berat, seperti alergi hingga anafilaksis. Namun, kondisi ini sangat jarang terjadi.

 

Bagaimana Jika Anak Belum Mendapatkan Vaksin?
 

Jika anak belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap melebihi batas usia yang dijadwalkan, maka dapat dilakukan imunisasi kejar. Program ini akan diberikan hingga anak berusia 18 tahun. Sayangnya, program ini tidak mencakup semua jenis vaksin.

 

Beberapa jenis vaksin yang bisa disusulkan jika anak terlambat imunisasi dasar adalah polio, hepatitis B, DPT, dan MMR apabila anak belum mendapatkan vaksin campak setelah memasuki usia satu tahun.

 

Melewatkan jadwal imunisasi dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit. Karenanya, penting bagi setiap orang tua untuk memastikan buah hatinya mendapatkan vaksinasi sesuai jadwal imunisasi dasar lengkap yang telah ditetapkan.

 

 

Source : www.siloamhospitals.com

 

Artikel Lainnya

Hujan sudah turun terus hampir setiap hari. Cuaca pun terkadang jadi susah ditebak. Bisa saja dari pagi hingga siang matahari terik menyinari, eh...jelang jam 4 sore langsung hujan deras. Hal ini meny...

  Ketika Bunda pertama kali menyentuh bayi yang baru lahir, pasti yang pertama kali Bunda rasakan ialah halus dan juga lembutnya kulit bayi. Begitu lembutnya kulit bayi terasa licin dan ti...

Eksim merupakan penyakit kulit kambuhan yang cukup menganggu kenyamanan. Jika dialami oleh bayi, kondisi ini bisa membuatnya rewel. Meski eksim sulit untuk dihilangk...

Kandungan dalam produk perawatan Si Kecil, tentunya harus baik bagi kulitnya yang masih sensitif. Kenali apa itu SLS dan dampak buruknya bagi Si Kecil. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudahan ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................