10 Makanan untuk Memperlancar Sembelit Si kecil

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:15 WIB Penulis :


Ketika bayi susah BAB, Ibu bisa coba mengatasinya dengan memberikan makanan yang kaya serat. Zat ini berperan dalam menyehatkan dan memperlancar pencernaan, sehingga bayi akan lebih mudah buang air besar. Berikut ada beberapa jenis makanan pelancar BAB yang bisa Ibu berikan kepada bayi:

  • Tomat. Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun tomat ternyata juga tinggi akan kandungan serat dan memiliki peran dalam menjaga kesehatan fungsi tinggi. Perpaduan dari keduanya pun akan sangat berkhasiat dalam menyehatkan sistem pencernaan bayi.
  • Pepaya. Kalau buah berwarna jingga yang satu ini memang sudah dikenal ampuh dalam melancarkan buang air besar berkat kandungan enzim papain yang dapat mempermudah protein untuk dicerna. Pepaya juga bersifat antioksidan dan antikanker, sehingga akan melindungi bayi dari radikal bebas dan zat penyebab kanker.
  • Pir. Pir merupakan jenis buah yang mengandung banyak air sehingga akan membantu bayi yang sedang mengalami konstipasi sekaligus mencukupi kebutuhan cairan supaya bayi tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.
  • Buah naga. Buah ini tidak hanya tinggi kandungan vitamin dan mineral, tapi juga kaya air dan serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Dengan teksturnya yang lembut, buah naga akan mempermudah bayi saat mengonsumsinya. Rasanya pun manis dan menyegarkan. Untuk buah naga yang memiliki daging buah berwarna merah akan mempengaruhi warna urin dan feses bayi menjadi merah gelap.
  • Apel merah. Banyaknya kandungan serat di dalam buah apel merah tentu akan sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melunakkan feses. Lalu ada juga kandungan asam organik dan kalium yang berperan dalam menyehatkan tulang, jantung, dan fungsi saraf.
  • Alpukat. Kandungan serat di dalam alpukat cukup tinggi, yakni sekitar 2,2 gram di setiap 100 gram. Ini artinya buah ini akan membantu permasalahan konstipasi dan memperlancar buang air besar pada bayi. Alpukat juga dikenal akan kandungan lemak baik yang bisa meningkatkan berat badan bayi untuk mencapai berat badan normal.
  • Plum. Kandungan sorbitol di dalam plum dapat langsung membuat proses BAB pada bayi berlangsung dengan lancar. Buah plum juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit. Ada pula kandungan kalium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
  • Beri. Aneka buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan cranberry, dikenal kaya akan kandungan serat yang dapat menjadi solusi bayi susah BAB. Kandungan kalorinya yang rendah juga akan berfungsi bagi kesehatan, khususnya untuk mencegah sembelit.
  • Oatmeal. Oatmeal mengandung beta-glucan yang akan berubah menjadi lapisan gel ketika bereaksi dengan air untuk melapisi saluran pencernaan dan dinding perut. Lapisan ini berfungsi sebagai bahan makanan untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Jika bakteri baik terjaga pertumbuhannya, maka usus pun jadi lebih sehat yang berpengaruh terhadap proses buang air besar.
  • Brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan gizinya. Selain mengatasi bayi susah BAB, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C. Ini membuat sayuran ini bermanfaat untuk menyehatkan penglihatan dan memperkuat sistem imun tubuh bayi. 

Selamat mencoba ya mom, semoga si kecil selalu sehat.

 

Source: ibudanbalita.com

Artikel Lainnya

Pernahkah Mom berharap dapat memberhentikan waktu saat bersama anak-anak? Saat mendengar kata-kata pertamanya, saat si kecil tiba-tiba memeluk Mom sebelum berangkat hari pertama sekolah, atau kala men...

Bepergian bersama bayi atau batita memang menyenangkan, tetapi kadang juga merepotkan. Karena, Bunda harus menyiapkan segala perlengkapannya, dari peralatan makan hingga perlengkapan mandi. Agar prakt...

Tahukah mom teknik 5S untuk menenangkan bayi yang menangis? Menangis adalah satu-satunya bentuk komunikasi yang bisa dilakukan bayi. Dengan menangis, ia sebenarnya ingin memberitahu Mama rasa engga...

Senangnya melihat si kecil lincah dan energik setiap hari. Tapi, kenapa ia selalu kurus? Apakah ia kekurangan gizi? Tenang, Bunda, kurusnya si kecil tak melulu masalah gizi kok. Misalnya, saat anak be...

WhatsApp Ɨ
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami šŸ¤—
......................................................