Rekomendasi Sabun Mandi dan Pelembab untuk Kulit Sensitif dan Alergi

Kamis, 04 Mei 2023 | 14:35 WIB Penulis :


Hampir semua bayi terlahir dengan kondisi kulit sensitif dan sesuatu yang menempel di kulitnya dapat memicu masalah kulit, sehingga membutuhkan perawatan khusus seperti menggunakan sabun mandi dan pelembap untuk kulit sensitif dan alergi. 

 

Kadang orangtua tidak menyadari kondisi kulit bayi yang sensitif, sampai akhirnya si kecil mengalami gangguan kulit. Ada beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan bahwa bayi memiliki kulit sensitif. Apa saja?

 

Ciri-ciri bayi memiliki kulit sensitif

 

Jika si Kecil sering mengalami ruam oleh karena beberapa hal berikut, artinya ia memiliki kulit yang sensitif.

  • Muncul alergi setelah menggunakan produk perawatan bayi. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat tertentu didalamnya, seperti alcohol, paraben atau lainnya.
  • Muncul eczema (eksim) setelah mandi menggunakan sabun yang mengandung SLS
  • Muncul kemerahan atau perubahan pada kulit setelah menggunakan selimut atau pakaian. Hal ini disebabkan oleh kandungan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian tersebut.

 

Selain itu, bila alergi, eksim atau masalah kulit lainnya, muncul setelah kontak dengan produk pembersih lainnya, berarti si Kecil memiliki kulit sensitif.

 

Bila si Kecil memiliki kulit sensitif, maka untuk perawatannya harus pakai produk khusus kulit sensitif. Ibu harus cek komposisi kandungan produk yang digunakan si kecil, agar jangan sampai ada kandungan yang dapat memicu iritasi atau masalah kulit lain yang mengakibatkan  timbul luka akibat digaruk.

 

Cara merawat kulit sensitif

 

Dengan perawatan khusus, Ibu dapat mengurangi risiko munculnya alergi, eksim, atau masalah pada kulit bayi.

 

  • Hindari deterjen SLS

 

Untuk bayi baru lahir dan kulit sensitif harus hindari menggunakan produk perawatan dan pembersih yang menggunakan deterjen SLS. SLS atau sodium lauryl sulfate adalah zat kimia yang berfungsi sebagai pembentuk busa dan mengangkat kotoran. Zat ini sering ditemukan di banyak produk pembersih. Mulai dari pembersih peralatan, deterjen baju, shampo hingga sabun mandi bayi.

 

zat ini dapat meresap ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi, bahkan bagi bayi dengan kulit normal sekalipun.  Agar kulit sensitif si Kecil tetap terjaga, gunakanlah sabun mandi dan pelembab untuk kulit sensitif dan alergi yang tidak mengandung SLS.

 

  • Pilih sabun dan pelembap dengan kandungan oat kernel

 

Oat kernel memiliki manfaat meningkatkan skin barrier atau lapisan kulit. Oleh karena itu sejak dulu zat ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit seperti alergi dan eksim.

 

Menggunakan sabun yang mengandung oat kernel dapat membantu melindungi kulit si Kecil yang sensitif dari risiko eksim dan masalah kulit lainnya. Sabun yang mengandung oat kernel juga aman digunakan untuk bayi.

 

Selain sabun, pilih juga pelembap yang mengandung oat kernel. Menggunakan pelembap setiap hari pada bayi baru lahir dan menjaga kelembapan kulit serta mengurangi risiko munculnya penyakit kulit seperti dermatitis atopik.

 

  • Hindari mandi air hangat terlalu lama

 

Mandi menggunakan air hangat memang baik untuk membuatnya rileks. Namun pastikan tidak terlalu lama. Berendam atau mandi dengan air hangat terlalu lama dapat membuat kulit si Kecil kering sehingga rentan mengalami iritasi.

 

  • Jaga area popok tetap kering

 

Arepa popok seperti bokong, kemaluan, dan selangkangan mudah mengalami iritasi akibat tertutup popok. Pastikan juga untuk membersihkan area tersebut secara menyeluruh agar menghindari timbulnya jamur.

 

Rekomendasi sabun mandi dan pelembab untuk kulit sensitif dan alergi

 

Untuk perawatan bayi baru lahir dan kulit sensitif, harus hindari deterjen SLS dan pilih yang ada kandungan oat kernel, karena dapat  menenangkan kulit dari rasa gatal dan perih akibat iritasi, seperti PUREBB Liquid Soap dan PUREBB Soothing Cream.

 

no caption

 

Mandi dengan PUREBB Liquid Soap bukan hanya membersihkan tetapi juga merawat kulit sensitif dari iritasi dan masalah kulit lain. Sabun mandi ini diformulasikan khusus untuk bayi dengan kulit sensitif tanpa kandungan deterjen SLS serta dermatologically tested sehingga aman digunakan sejak baru lahir.

 

PUREBB Liquid Soap mengandung oat kernel yang berfungsi menenangkan kulit dari rasa gatal dan perih serta melembapkannya. Ekstrak chamomile untuk mengatasi peradangan dan gatal. Kandungan panthenol-nya bermanfaat meningkatkan regenerasi  sel kulit dan allantoin mengatasi merah-merah pada kulit bayi.

 

Sabun cair ini bukan hanya aman untuk kulit bayi yang sensitif tetapi juga bayi baru lahir dan prematur. Untuk memberikan perlindungan ekstra, Ibu bisa menggunakan PUREBB Soothing Cream sehabis mandi setiap hari. 

 

PUREBB Soothing Cream merupakan pelembap yang mengandung oat kernelminyak biji bunga matahari (sunflower seed oil) untuk membantu meregenerasi sel kulit, dan daun zaitun (Olive leaf) untuk menangkal perkembangan jamur dan bakteri di kulit.

 

PUREBB Soothing Cream dapat digunakan untuk meredakan eksim ringan, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik. Ibu dapat menggunakannya di seluruh tubuh bayi, termasuk di wajah yang dapat melembabkan selama 24 jam.

 

Pemakaian PUREBB Liquid Soap dan PUREBB Soothing Cream, setiap hari menjaga kulit sensitif si kecil dari alergi dan masalah kulit lainnya, sehingga si Kecil juga merasa nyaman dan tidak ada luka bekas gatal/menggaruk yang ditimbulkan akibat alergi.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Moms mungkin bertanya-tanya, apakah saat hamil muda seseorang boleh puasa? Sebenarnya, ini semua tergantung kondisi Moms dan janin. Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah, tapi bagi sebagian lainny...

Orang tua yang baru memiliki bayi sering merasa khawatir apakah bayi mereka terlahir dalam keadaan sehat. Apakah kebutuhan mereka tercukupi dengan baik dan apakah perilaku mereka normal...

Bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar, sangat penting untuk berhati-hati dengan jahitannya. Jika tidak, luka operasi caesar bisa terinfeksi, membahayakan nyawa ibu. Oleh karena it...

Ternyata ada masanya si kecil lebih rewel daripada biasanya loh mom?? kita simak artikel berikut yuk.   Tidak ada yang lebih membuat Mama tenang ketimbang melihat senyum bayi. Namun...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................