Benarkah Daun Seledri Bisa Melebatkan Rambut Bayi?

Selasa, 27 April 2021 | 16:15 WIB Penulis :


Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi dengan rambut yang tebal. Bayi dengan rambut tebal akan terlihat menggemaskan. Namun, tidak semua bayi bisa memiliki rambut yang tebal. Itulah sebabnya, beberapa orangtua rela melakukan berbagai cara untuk melebatkan rambut si Kecil. 

Salah satu caranya adalah mengoleskan daun seledri yang sudah dihaluskan ke kepala bayi. Daun seledri yang selama ini dikenal sebagai pelengkap masakan dipercaya bisa melebatkan, menghitamkan, serta membuat rambut bayi tampak tebal alami. 

Lantas, benarkah daun seledri bisa melebatkan rambut bayi? Berikut ulasannya.

Kandungan Nutrisi Daun Seledri

Daun seledri mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut ternyata bisa merangsang pertumbuhan rambut bayi. Jadi, wajar saja jika daun seledri dipercaya bisa menyuburkan rambut bayi. 

Daun seledri biasanya dihaluskan terlebih dahulu, lalu dioleskan ke rambut dan kepala bayi sebagai masker rambut.

Penyebab Rambut Bayi Tipis

Selanjutnya, Mama perlu ketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut bayi tetap tipis meski sering dioleskan daun seledri. Pertumbuhan rambut itu dipengaruhi oleh faktor genetik, kadar hormon, dan kecukupan nutrisi. 

Jadi, apabila kebutuhan nutrisi harian si Kecil tidak terpenuhi, rambut bayi akan tetap tipis meski Mama sering mengoleskan daun seledri ke kepalanya. 

Faktor genetik juga menjadi penentu ketebalan rambut bayi. Apabila Mama atau Papa memiliki rambut tipis, maka kemungkinan besar si Kecil akan memiliki rambut tipis juga.

Posisi tidur bayi juga bisa menyebabkan rambut tumbuh di area tertentu saja. Bayi yang terus menerus tidur menghadap sisi kiri bisa menyebabkan rambut di sisi kiri menjadi lebih tipis. 

Cara Lain Untuk Menebalkan Rambut Bayi

Mama tidak dapat mengandalkan daun seledri saja untuk menebalkan rambut si Kecil. Mama juga bisa melakukan beberapa cara untuk menebalkan rambut si Kecil. Berikut beberapa cara yang bisa Mama lakukan di rumah:

  • Jaga kesehatan rambut dan kulit kepala si Kecil dengan rutin membersihkannya menggunakan sampo khusus bayi
  • Keringkan rambut bayi menggunakan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut
  • Oleskan lidah buaya atau minyak zaitun ke rambut bayi
  • Pastikan kebutuhan nutrisi harian dan ASI si Kecil tercukupi

Rambut Bayi akan Tumbuh Perlahan

Pertumbuhan rambut bayi umumnya terjadi pada usia 6-12 bulan. Jadi, sangat wajar jika rambut bayi belum terlihat tebal ketika usianya belum mencapai enam bulan. 

Bila rambut bayi belum tebal hingga usianya 12 bulan, Mama juga tak perlu khawatir. Sebab, rambut bayi akan tumbuh perlahan seiring pertambahan usianya. 

Mama boleh cemas dengan kondisi rambut bayi ketika rambutnya rontok dalam jumlah banyak. Kerontokan rambut bayi bisa disebabkan penyakit tertentu yang harus segera dikonsultasikan ke dokter. 

Nah itulah informasi terkait manfaat daun seledri untuk menebalkan rambut bayi. Selamat mencoba ya, Ma.

Source: popmama.com

Artikel Lainnya

Ketika Ibu masuk minimarket, pasti ada satu rak khusus produk bayi lengkap mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ada berbagai merk produk yang menawarkan keunggulan berupa aroma, kemasan, serta komposi...

Mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama hamil dipercaya dapat melancarkan persalinan. Benarkah ini? Masyarakat Indonesia erat dengan tradisi dan kepercayaan seputar berbagai masalah kesehatan...

Rotavirus adalah salah satu virus yang bisa membahayakan Si Kecil. Jadi, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan Si Kecil, ya! Dilansir dari Centers of Disease Control and Prevention, Rotaviru...

Seringkali anak mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut? Ini merupakan salah satu tanda awal terjadinya gangguan pencernaan. Berikut gejala lain dari masalah pencernaan: 1. Sakit perut berulang, y...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................