Penyebab Bayi Rewel Saat Bangun Tidur

Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:54 WIB Penulis :


Bangun pagi, seharusnya tubuh menjadi lebih segar dan semangat setelah tidur semalaman.

Namun mengapa bayi tetap menangis dan rewel saat bangun pagi? Apakah tidurnya kurang atau ada hal lain yang menjadi penyebabnya?

Cek kemungkinan penyebab bayi rewel saat bangun pagi berikut ini.

 

1. Bayi Tidak Nyaman

Ini adalah penyebab yang paling sering membuat bayi rewel saat bangun pagi, yaitu bayi merasa tidak nyaman.

Bisa karena popoknya penuh urin serta kotoran, udara di kamar bayi yang terlalu dingin atau panas, hingga empeng bayi terlepas saat tidur dan Si Kecil tidak bisa mengambilnya lagi.

Untuk itu, Moms perlu mengganti popok bayi secara berkala dan menjaga suasana hati Si Kecil agar ia dapat bangun tanpa rewel.

 

2. Bayi Lapar

Agaknya, siapapun akan rewel saat lapar. Begitu pun bayi yang lapar akan menjadi bayi rewel.

Berikanlah ASI atau makan pagi jika Si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan padat untuk mengatasi bayi rewel karena lapar.

 

3. Bayi Masih Kelelahan

Meski sudah melewati waktu istirahat malam yang panjang, bayi masih saja bisa kelelahan saat bangun pagi dan tidak jarang membuat bayi rewel.

Hal ini bisa terjadi jika di hari sebelumnya bayi mengalami stimulasi berlebih.

Bayi yang rewel dan menangis menunjukkan bahwa waktu tidurnya terlalu sebentar dan ia butuh tidur lebih lama.

Inilah saatnya bagi Moms untuk membantu bayi rewel untuk kembali tidur dengan cara menenangkannya, menggendong, atau menyusui Si Kecil hingga kembali tidur.

 

4. Bangun Terlalu Pagi

Bayi, terutama bayi baru lahir, kadang belum bisa beradaptasi dengan waktu tidurnya. Itulah mengapa ia kadang bangun terlalu pagi dan menjadi rewel.

Moms bisa membantu mengubah kebiasaan waktu bangun tidur bayi dengan bantuan lampu tidur.

“Siapkan lampu tidur yang diatur menyala saat jam bayi untuk bangun. Biarkan Si Kecil tahu bahwa dia harus tetap di tempat tidur hingga ‘lampu tidur’ menyala".

"Setelah beberapa hari, ia akan mulai mengerti serta terbiasa dan akan mendorongnya untuk kembali tidur lebih lama jika lampu belum menyala,” ungkap Dr. Jodi Mindell, seperti dikutip dari parents.com.

 

5. Bayi Tidak Bisa Tidur Lagi

Masih berhubungan dengan penyebab sebelumnya, bayi bisa menjadi rewel jika terbangun dan tidak bisa kembali tidur.

Bayi belum memiliki kemampuan untuk kembali tidur dengan caranya sendiri.

Bayangkan saat Moms ingin menidurkan Si Kecil, tentu ada saat dimana Moms perlu menggendongnya, menyusuinya, atau menyanyikan lagu pengantar tidur, sebelum Si Kecil benar-benar tidur.

Itu juga yang diperlukan Si Kecil untuk kembali tidur saat terbangun terlalu cepat di pagi hari. Jika bayi tidak tidur dengan cara yang biasa Moms lakukan, maka bayi akan rewel.

 

6. Bayi Butuh Waktu

“Jika kamu merasa bayi sudah mendapatkan tidur yang cukup siang dan malam, namun tetap saja bayi rewel dan menangis saat bangun tidur, maka berikanlah ia waktu,” ungkap Alanna McGinn, Konsultan Tidur Bersertifikat dan pendiri laman Good Night Sleep Site, seperti dikutip dari laman goodnightsleepsite.com.

Kadang bayi hanya perlu waktu untuk mengumpulkan kesadarannya kembali dengan menjadi rewel, namun dalam beberapa menit ke depan Si Kecil akan mulai kembali bersemangat.

 

Source: www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

Mulai dari memilih jam perjalanan yang tepat, memilah barang bawaan secara cermat, hingga menjaga kebersihan selama perjalanan akan menentukan praktis atau tidaknya liburan Ibu bersama si Kecil. Si...

Kemampuan bayi membentuk gelembung ludah dan bermain air liur biasa disebut blowing raspberries Mengamati perkembangan bayi tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mama akan merasa senang ketika ...

Kulit Si Kecil di usia bayi memang perlu dilindungi dengan ekstra, karena lapisan pelindungnya masih belum terbentuk dengan baik. Karenanya, tidak jarang bayi memiliki tanda kulit bayi sensitif. La...

Tergantung dari tingkat keparahan kondisi yang dialami bayi, SBS bisa menimbulkan gejala yang ringan maupun yang sangat berat. Gejala yang ringan sering tidak disadari dan dapat membaik seiring berjal...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................