Janin Dapat Mendengarkan Suara dari dalam Perut? Mitos/ Fakta?

Selasa, 31 Agustus 2021 | 14:47 WIB Penulis :


Saat hamil, seorang Ibu benaknya selalu diliputi dengan pertanyaan dan imajinasi. Dari pertanyaan hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika si Kecil sudah lahir hingga bagaimana wajah si Kecil nantinya. Semuanya masih berupa misteri karena sang bayi masih berada di dalam perut. Imajinasi-imajinasi yang muncul inilah yang menyebabkan banyaknya mitos kehamilan muncul di masyarakat.

Nah, salah satu mitos yang paling populer mengenai kehamilan adalah mitos bahwa janin bisa mendengarkan suara dari dalam perut. Itulah sebabnya ada anjuran untuk bagi Ibu untuk sering mendengarkan musik klasik atau lantunan ayat suci Al-Quran bagi bumil Muslimah. Sang ibu dan keluarga juga dilarang membicarakan hal-hal tidak baik agar janin tidak tumbuh menjadi orang yang suka menggosip, ibu tidak boleh pergi menonton konser musik, dan sebagainya. Lantas, apakah mitos tersebut benar adanya? Adakah penjelasan ilmiah yang bisa membuktikan bahwa janin memang sudah bisa mendengar sejak usia kandungan muda? Yuk, Moms, mari kita cari tahu fakta-faktanya!

Berapa usia janin bisa mendengarkan suara?

Telinga bayi mulai berkembang sepanjang trimester pertama dan kedua. Dalam masa ini, telinga bagian dalam dan tulang kecil di telinga tengah terbentuk. Telinga bagian dalam terhubung dengan neuron di otak yang bertanggung jawab untuk memproses suara, sedangkan tulang kecil di telinga tengah bertugas merasakan getaran gelombang suara.

Pada usia kehamilan 24 minggu, perkembangan koklea dan ujung sensorik perifer organ janin sudah berkembang sempurna. Hal ini diketahui dari pengamatan ultrasonografi respons kedip-kejut yang menunjukkan tanda-tanda pertama kali pada usia kehamilan 24-25 minggu. Lalu, pada usia janin lebih dari 28 minggu, respons ini secara konsisten muncul, yang menunjukkan pematangan jalur pendengaran sistem saraf pusat. Jadi, mitos janin bisa mendengar adalah benar adanya alias fakta ketika usia kandungan sudah 24 minggu lebih.

Perlu Moms ketahui, ambang pendengaran janin usia 27-29 minggu adalah sekitar 40 dB dan menurun ke tingkat hampir dewasa (13,5 dB) pada usia kehamilan 42 minggu. Lingkungan uterus menjadi tempat yang baik untuk mentransmisikan suara pula. Jadi, janin sudah bisa terpapar kebisingan mulai usia tersebut. Tidak hanya itu, suara digunakan pula sebagai stimulus untuk mengecek kesejahteraan janin.

Apa yang terjadi jika janin terekspos suara keras?

Dalam sebuah studi yang menguji anak usia 4 hingga 10 tahun yang memiliki keluhan gangguan pendengaran frekuensi tinggi, ditemukan bahwa mereka lebih mungkin lahir dari ibu yang terpapar kebisingan di kisaran 85-95 dB secara konsisten selama hamil.

Dalam penelitian lain dari China, ibu hamil yang terekspos kebisingan selama hamil trimester pertama dikaitkan dengan kasus congestive anomalies (cacat lahir) pada bayi.

Empat studi terkait topik serupa ini menyimpulkan bahwa risiko kehamilan prematur meningkat pada ibu hamil yang terekspos suara dengan frekuensi setidaknya 80 dB selama 8 jam per hari. Bahkan, bumil yang terus menerus terpapar suara keras, lebih tinggi dariapada 90 dB, dapat berisiko lebih tinggi keguguran.

 

Source: https://babyologist.com/

Artikel Lainnya

Kemunculan gigi pertama (gigi susu) merupakan tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Saat gigi pertamanya muncul, bayi akan merasa tidak nyaman, rewel, dan sering menangis tanpa alasan yang j...

Ada orangtua yang mungkin memperbolehkan pemberian jus buah untuk bayi layaknya orang dewasa. Katanya, ini supaya kebutuhan gizi bayi tercukupi dengan baik. Memang benar, segelas jus buah...

Rambut merupakan salah satu organ tubuh yang banyak menarik perhatian, sejak bayi hingga dewasa sampai tua. Rambut merupakan organ yang unik, karena sebenarnya bagian yang hidup hanya di sekitar pangk...

Virus Corona telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan un...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................