Tips Melahirkan Normal

Rabu, 15 Februari 2023 | 14:08 WIB Penulis :


Melahirkan normal atau secara alami merupakan metode persalinan tanpa obat-obatan atau anestesi dan pembedahan. Kebanyakan wanita memilih melahirkan normal karena memungkin tubuh pulih lebih cepat dibanding dengan melahirkan secara caesar.

Meski begitu, ibu yang akan melahirkan secara normal tetap membutuhkan bantuan profesional seperti perawat terdaftar, bidan bersertifikat, atau doula yang bertindak sebagai asisten persalinan.

Mengutip dari Kids Health, studi menunjukkan bahwa ibu yang mendapatkan dukungan selama persalinan dari perawat terlatih dan berpengalaman akan membuat persalinan jadi lebih singkat, lebih sedikit atau tidak menggunakan obat-obatan, menurunkan risiko operasi caesar, dan memiliki pemikiran positif tentang melahirkan normal.

Tidak semua wanita direkomendasikan untuk melahirkan normal. Pada kasus-kasus tertentu atau alasan medis, ibu disarankan untuk melahirkan secara caesar. Adapun wanita yang direkomendasikan untuk melahirkan normal, yakni mereka yang masih muda dan sehat, memiliki gaya hidup aktif, dan tekanan darah normal.

Tanda-tanda melahirkan normal

Dikutip dari Parenting Firstcry, ibu yang akan melahirkan secara normal, akan menunjukkan beberapa tanda, di antaranya:

  • Posisi janin

Posisi merupakan indikasi persalinan normal. Antara 30 hingga 34 minggu, janin berubah posisi, di mana posisi kepala di bawah siap untuk melahirkan. Jika dilihat, posisi bayi sudah bergeser ke bawah.

  • Dorongan buang air kecil

Dorongan buang air kecil akan meningkat karena tekanan dari kepala bayi menekan daerah panggul dan menekan kandung kemih.

  • Sakit punggung

Rasa sakit di punggung bawah saat janin mulai menekannya karena janin sedang memposisikan dirinya untuk masuk ke posisi kepala di bawah.

  • Keputihan meningkat

keputihan bisa berwarna putih atau merah muda, dan kadang sedikit bernoda darah. Ini adalah tanda biasa dari kehamilan sehat dan normal.

  • Payudara nyeri

Nyeri pada payudara juga merupakan indikasi persalinan normal. Saat ibu mencapai tahap akhir, mungkin payudara menjadi terasa berat dan tidak nyaman.

  • Kontraksi

Kontraksi otot rahim bisa terjadi secara berkala. Ini menandakan Bunda akan segera melahirkan.

  • Kantung ketuban pecah

Pecahnya kantung ketuban biasanya terjadi selama persalinan. Kadang ini mungkin terjadi sebelum awal persalinan.

Manfaat melahirkan normal

Melahirkan normal memberikan manfaat bagi beberapa ibu yang bisa melakukannya, Bunda. Beberapa manfaat tersebut, di antaranya:

1. Lebih sehat untuk ibu dan bayi

Beberapa menit pertama yang dihabiskan antara ibu dan anak adalah bonding atau ikatan pertama anak dengan dunia luar. Lengan dan suara ibu memberikan kenyamanan pada bayi setelah lahir ke dunia. Nah, dengan kelahiran normal, anak langsung diberikan kepada ibunya untuk mendapatkan pelukan, sehingga terjadi bonding secara instan.

2. Merangsang laktasi

Proses alami persalinan merangsang banyak sistem hormon alami dalam tubuh selama persalinan dan melahirkan. Oksitosin, endorfin, adrenalin, noradrenalin, dan terpenting prolaktin, yang semuanya disekresikan selama waktu itu.

3. Menelan bakteri pelindung dari jalan lahir

Ada perubahan mikroba vagina selama kehamilan. Bakteri yang dicerna anak dari jalan lahir ibu membantu membangun sistem kekebalannya, dan anak lebih bisa mencerna susu serta makanan padat. Selama proses persalinan, mikrobiota manusia terbentuk sehingga peran mikrobioma vagina menjadi penting dalam perkembangannya.

4. Pemulihan pasca persalinan lebih cepat

Proses melahirkan secara normal memungkinkan ibu pulih lebih cepat. Sementara melahirkan dengan intervensi medis membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memperbaiki diri.

"Para ibu (yang melahirkan secara normal) pulih lebih cepat, merasa lebih baik, dan sering kali sedikit mengalami robekan dan bengkak," kata dokter kandungan di Baton Rouge, Ryan Dickerson, dikutip dari Parents.

5. Tinggal di rumah sakit lebih singkat

Setelah melahirkan normal, rawat inap di rumah sakit berlangsung dari 24 hingga 48 jam saja, Bunda. Sementara jika Bunda menjalani operasi caesar dibutuhkan waktu sekitar 3 hari hingga seminggu tergantung pada pemulihan setelah operasi.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Kadang, Mama atau Papa terlalu seru bermain dengan si Kecil sampai lupa bahaya mengintai! Bayi memang sangat menggemaskan! Semua orang pasti sependapat dengan itu. Saking menggemaskannya, Mama ingi...

...

Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 merupakan jenis virus baru yang berasal dari hewan, yaitu kelelawar. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok ini juga dapat menular antarm...

Memang benar, kabar kehamilan pastinya selalu di sambut dengan perasaan bahagia oleh semua keluarga, terutama oleh bunda juga ayah. Bahkan berbagai doa kerap di panjatkan agar si ibu menjalani proses ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................