Warisan Gen Dari Sang Ibu Untuk Buah Hati

Selasa, 30 November 2021 | 15:48 WIB Penulis :


Tak salah bila anak disebut sebagai buah hati kita dan suami. Ilmu penelitian pun telah membuktikan bahwa baik ayah dan ibu, masing-masing menurunkan 23 kromosom pada anaknya. Sama dan berimbang.

Meski begitu, soal si kecil lebih mirip siapa tak selalu bisa kita duga. Ada sebagian anak yang wajahnya mirip ibu atau ayahnya. Ini karena selain DNA, masing-masing gen dari orang tua mewariskan beberapa hal. Misalnya bentuk fisik, sifat, ekspresi, sikap tubuh, penyakit hingga kemampuan akademik.

Namun apa yang diwariskan ayah dan ibu pada anak ternyata tak sama, Moms! Pada si kecil, ayah mewarisi warna mata, tinggi badan, sidik jari, gigi, rambut hingga lesung pipi bila ia memilikinya.

Sementara yang diwarisi anak dari ibu? Ini dia daftarnya yang kumparanMOM rangkum dari berbagai sumber:

1. Rambut

Gen pertama yang diturunkan dari ibu ke anak adalah warna rambut. Lebih dari 20 gen ibu berperan mengendalikan protein untuk membentuk warna rambut anak.

Selain warna rambut, ibu juga menurunkan gen yang berperan menyebabkan kebotakan. Tapi kebotakan tak hanya karena gen namun juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

2. Gaya Tidur

Selain rambut, ibu juga menurunkan gaya tidurnya pada anaknya. Jadi bila melihat si kecil suka tidur telentang, tengkurap atau meringkuk seperti Anda, tidak usah kaget ya, Moms.

3. Kecerdasan

Ibu yang cerdas akan melahirkan anak yang cerdas! Ternyata ini memang benar, Moms. Anak laki-laki mendapat kecerdasan dari ibu sementara untuk anak perempuan menerima kecerdasan dari kedua orang tuanya.

Tetapi Anda perlu tahu, hanya hingga 40 persen saja kecerdasan ibu yang diwarisi ke anaknya. Sisanya? Kecerdasan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari saat masih di dalam kandungan sampai sifat kerja keras dari anak.

4. Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan juga menurun dari gen ibu. Dilansir Family Education, apa saja yang Anda konsumsi selama hamil tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan janin di perut namun juga pada kebiasaan makannya.

5. Tangan yang Dominan

Tangan yang dominan juga dipengaruhi oleh gen dari ibu. Jadi apabila orang tua lebih sering menggunakan tangan kanan maka anaknya pun tidak akan kidal. Sebaliknya, bila ibu kidal sementara ayah tidak kemungkinan besar anak mengikuti ibu.

 

Source: https://kumparan.com/kumparanmom

Artikel Lainnya

Dermatitis atopik atau yang dikelan masyarakat sebagai eksim susu, merupakan penyakit kulit tersering pada bayi dan anak. Dermatitis atopik adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi d...

Saat berpuasa memang paling tak nyaman jika mengalami perut kembung akibat asam lambung naik. Tak hanya bikin nyeri, tapi asam lambung yang naik juga membuat mulut terasa asam dan mual. Bahkan, mulut ...

Wanita mana sih yang tak ingin tampil cantik menawan? Salah satu cara untuk tampil stunning adalah dengan mengubah warna rambut. Rambut berwarna yang cantik akan membuat setiap wanita tampak makin men...

Penyakit radang amandel atau amandel yang membengkak bisa mengenai siapa saja, tetapi penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak. Biasanya ditandai dengan gejala awal seperti sakit radang tenggorok...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................