Perlukah Menggunakan Bantal Untuk Bayi Baru Lahir?

Jumat, 07 Januari 2022 | 13:34 WIB Penulis :


Menjelang proses persalinan, banyak perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan oleh ibu. Mulai dari baju bayi, perlengkapan mandi, gendongan, popok, dan juga alat-alat tidur seperti kasur dan bantal bayi. Bantal bayi juga masuk ke dalam daftar yang wajib dibeli karena menurut beberapa ibu benda ini berperan penting dalam pembentukan kepala si kecil.

Tempurung kepala bayi yang masih lembek dan kepala yang mudah berubah bentuk sering membuat ibu merasa khawatir. Ia takut jika nanti kepala si buah hati tercinta tidak bulat sempurna. Oleh karena itu mereka kerap memberikan berbagai bantal demi menghindari bentuk kepala bayi peyang. Salah satu bantal yang cukup populer digunakan adalah bantal peyang.

Lantas, apakah benar jika bentuk kepala anak dapat dipengaruhi oleh bantal, khususnya bantal peyang?

Apa itu bantal peyang?

Bantal peyang atau dikenal juga dengan bantal anti peyang adalah bantal khusus bayi dengan desain cekung di bagian dalamnya (tengah). Seperti namanya, tujuan utama dari bantal ini adalah untuk menghindari kepala bayi peyang (plagiocephaly) dan membuat bentuk kepala si kecil menjadi bulat sempurna. Jadi, bantal peyang bukanlah bantal untuk kepala bayi peyang, ya Mom, tetapi sebaliknya.

Memang benar adanya jika kepala bayi dapat berubah bentuk, terlebih lagi yang usianya masih dibawah 12 bulan. Perubahan bentuk tersebut ditandai dengan permukaan kepala yang lebih datar dari permukaan lainnya. Hal ini biasa disebabkan karena bayi terlalu sering tidur dengan posisi terlentang. Sehingga kepala bagian belakang menjadi lebih tertekan.

Lalu, apa solusi dari permasalahan ini? Apakah bantal peyang adalah jalan keluarnya?

Perlukah bantal peyang?

Sebetulnya bayi yang tempurung kepalanya lunak masih belum memerlukan jenis bantal apapun termasuk bantal peyang ataupun bantal anti peyang. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari seorang ahli pediatric sleep, Judith Owens, “Bayi yang umurnya masih di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan bantal, meskipun di dalam satu set perlengkapan tidur sudah terdapat bantal. Ini karena bantal bisa mengurangi kenyamanan dan mengganggu waktu tidurnya.”

Dari sana dapat dilihat bahwa bayi lebih baik jika ditidurkan di atas kasur tanpa bantal. Dengan atau tanpa bantal tidaklah menjadi faktor dari bentuk kepala. Yang paling memberi pengaruh adalah bagaimana posisi tidur si kecil.

Maka dari itu, bantal peyang tidaklah sangat signifikan. Solusi dari pencegahan bentuk kepala bayi peyang adalah dengan mengganti posisi tidur si kecil. Mom bisa menidurkan anak Anda secara terlentang, hadap kiri, hadap kanan, ataupun tengkurap (tummy time) agar seluruh permukaan kepala mendapat tekanan yang sama.

Kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk menggunakan bantal tidur?

Sesuai penjelasan Judith Owens, bayi dapat mulai diajari tidur menggunakan bantal saat usianya sudah menginjak 2 tahun. Pada usia tersebut, tempurung bayi sudah mulai padat dan keras sehingga bentuk kepala tidak lagi berubah-ubah.

 

Source: https://www.ruangmom.com/

Artikel Lainnya

Kulit bayi baru lahir memang terkenal lembut dan sensitif. Tapi, ada beberapa bayi yang memang terlahir dengan jenis kulit sensitif. Oleh karena itu, orangtua harus lebih jeli mengenali ciri kulit bay...

Para ibu menyusui yang juga berstatus sebagai wanita karier menyimpan stok Air Susu Ibu Perah (ASIP) di lemari pembeku adalah hal yang lazim dilakukan. Namun, ketika terjadi pemadaman listrik, bias...

Mams, kulit bayi yang baru lahir memang cenderung sensitif. Pasalnya, lapisan kulit Si Newborn masih sangat tipis & halus, sehingga rentan mengala...

American Academy of Pediatrics menyarankan para mama untuk menunda anak menonton televisi hingga usianya dua tahun.  Karena hingga usia ini, bayi membutuhkan interaksi antarmanusia, baik den...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................