Tips Menghilangkan stretch mark saat hamil

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:32 WIB Penulis :


Perlu diketahui, tidak ada produk oles, baik berupa lotion maupun krim stretch mark khusus ibu hamil, yang benar-benar menghilangkan stretch mark hingga tak berbekas.Produk tersebut hanya membantu memudarkan guratannya. Sebab, stretch mark terjadi akibat kolagen yang berada di lapisan dalam kulit meregang hingga merobek.Untuk itu, inilah beberapa kandungan serta bahan yang berguna sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil agar guratan lebih tersamarkan:

1. Asam hialuronat

Lotion atau krim dengan hyaluronic acid bantu samarkan stretch mark

Bahan yang juga kerap disebut hyaluronic acid ini umum ditemukan pada toner maupun serum wajah.Namun, siapa sangka jika bahan ini digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil?Lotion stretch mark saat hamil dengan kandungan hyaluronic acid terbukti membuat kulit lebih tahan terhadap regangan. Sebab, kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen dan jaringan ikat pada kulit. Hal ini pun dipaparkan dalam riset dari International Journal of Women's Dermatology.

2. Centella asiatica

Centella asiatica merangsang jaringan kulit yang mengalami stretch mark

Ekstrak tanaman yang juga populer untuk perawatan kulit wajah ini rupanya juga digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil.Terbukti, ekstrak Centella asiatica atau daun pegagan ini meningkatkan stimulasi jaringan ikat dan mengurangi aktivitas hormon steroid pada tubuh. Diketahui, hormon steroid juga merupakan penyebab kemunculan stretch mark. Hal ini dipaparkan oleh penelitian terbitan Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology.

3. Vitamin C

Krim dengan vitamin C membuat kulit elastis dan kuat

Cara menghilangkan stretch mark pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan memakai krim ataupun lotion yang mengandung vitamin C.Vitamin C mampu meningkatkan kolagen agar kulit semakin elastis dan kuat. Selain berguna sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil, vitamin C juga mampu mencerahkan kulit serta bersifat sebagai antioksidan.Temuan ini dipaparkan oleh riset dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

4. Vitamin E

Lotion dengan vitamin E mampu melembapkan serta merangsang kolagen

Lotion stretch mark saat hamil yang mengandung vitamin E juga cocok digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark.Selain bersifat sebagai antioksidan, vitamin E pun juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan glikosaminoglikan.Kandungan glikosaminoglikan ini mampu mengikat air untuk menghidrasi lapisan kulit. Hal ini pun dipaparkan oleh riset terbitan Indian Dermatology Online Journal dan Dermato Endocrinology.Oleh karena itu, vitamin E cocok sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil.

5. Cocoa butter

Cocoa butter lembapkan kulit sehingga elastisitasnya terjaga

Sebenarnya, cocoa butter bukanlah kandungan yang mampu menghilangkan stretch mark pada ibu hamil.Riset dari International Journal of Obstetrics and Gynaecology menemukan bahwa cocoa butter tidak terbukti mengurangi stretch mark saat hamil.Namun, cocoa butter terbukti ampuh menjaga kelembapan kulit. Sebab, cocoa butter bekerja melapisi kulit agar kadar air dalam lapisan kulit tidak cepat menguap.Kulit yang kering cenderung tidak elastis sehingga rentan mengalami keluhan ibu hamil yang satu ini.

 

6. Lidah buaya

Lidah buaya mampu mengurangi kerutan dan melembutkan kulit stretch mark

Lidah buaya belum terbukti sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil.Namun, temuan dari Indian Journal of Dermatology memaparkan, lidah buaya menstimulasi sel ikat sehingga kulit menghasilkan kolagen. Kerutan pada kulit pun mampu berkurang.Asam amino pada lidah buaya juga melembutkan sel kulit. Oleh karena itu, lidah buaya bisa dijadikan cara untuk menghaluskan tekstur guratan stretch mark.Selain itu, tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini juga mampu melembapkan kulit. 

7. Rosehip oil

Meski rosehip oil samarkan stretch mark, waspadai reaksi alergi yang muncul

Rosehip oil terbukti kurangi keparahan stretch mark. Riset dari International Journal of Cosmetic Science memaparkan, pelembap yang mengandung rosehip oil mampu menyamarkan stretch mark pada ibu hamil dengan stretch mark sebelumnya.Namun, penggunaan minyak esensial seperti rosehip oil selama kehamilan maupun menyusui sebaiknya berdasarkan anjuran dokter. Sebab, ada kemungkinan munculnya reaksi alergi, seperti ruam, kemerahan, dan gatal.

8. Minyak zaitun dan kelapa

Minyak zaitun kaya vitamin E untuk melembapkan serta merangsang kolagen

Minyak zaitun belum terbukti sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil.Namun, minyak ini kaya akan vitamin E yang baik untuk meningkatkan kolagen dan glikosaminoglikan pada kulit.Selain itu, minyak zaitun merupakan minyak nabati yang terbaik dalam menjaga air agar tidak menguap dari kulit.Hal ini pun dipaparkan pada riset dari International Journal of Molecular Sciences.Minyak kelapa juga terbukti membantu efektivitas cara menghilangkan stretch mark saat hamil dengan losion.Pasalnya, minyak kelapa melembutkan menjaga kelembapan kulit sehingga lebih elastis.Selain itu, rasa gatal yang kerap muncul bersamaan dengan stretch mark pun ikut berkurang.Kandungan asam laurat pada minyak kelapa mampu membuat minyak kelapa mudah diserap kulit sehingga membantu produksi kolagen.Efeknya, cara menghilangkan stretch mark pada ibu hamil pun bisa terbantu dengan produk ini.

9. Laser

Bila bahan alami tidak manjur, Anda bisa hilangkan stretch mark dengan laser

Jika cara rumahan kurang efektif, terapi laser di dokter kulit bisa membantu Anda menghilangkan stretch mark yang membandel tindakan ini dapat dilakukan setelah melahirkan.Laser berguna untuk merangsang kolagen dan elastin. Terapi ini akan lebih efektif pada stretch mark yang baru muncul.Namun pada orang yang berkulit gelap, efek terapi ini bisa memicu perubahan warna kulit.

 

Source : https://www.sehatq.com/

 

Artikel Lainnya

Merawat kulit bayi sama pentingnya dengan menyusui dan mengganti popok. Kulit bayi baru lahir yang sangat sensitif membuat Mom bertanya tanya : ‘Bagaimana ya cara menjaga kelembapan kulit bayi?&...

Pemilihan sabun cuci botol susu atau peralatan makan bayi harus dilakukan hati-hati dengan memperhatikan setiap kandungan bahan di dalamnya. Berikut tipsnya! 1. Pastikan produk pencuci peralat...

Kini, gadget sudah merupakan teman yang sangat akrab dalam kehidupan, bukan hanya lekat dengan Bunda sebagai seorang wanita dan ibu pekerja, melainkan juga sudah merambah pada kebutuhan si buah hati. ...

Bagi ibu menyusui yang rutin memerah ASI, melihat perubahan warna ASI dan tekstur ASI tentu sudah biasa. Jika tidak berwarna putih bersih, warna ASI biasanya putih kekuningan. Kepekatannya bisa k...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................