Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:40 WIB Penulis :


Mengatasi bayi yang sulit tidur memang susah-susah gampang.

Maka dari itu, untuk mempermudah Mama, berikut beberapa penanganan yang dapat dilakukan:

  • Berikan sesuatu untuk diisap

Mengisap dapat menenangkan detak jantung bayi, melemaskan perutnya, dan menenangkan tangan-kaki yang berontak menggapai-gapai.

Tawarkan dot atau ibu jarinya untuk diisap dan biarkan ia ngempeng sampai kembali tenang. Jika ia menangis saat Mama sedang menyusui, biarkan ia ‘menggigiti’ puting mama.

Jika ia menggunakan susu botolan, berikan ia mainan lembut. Untuk menghindari kerusakan gigi, jangan celupkan dot atau mainan toothing ke dalam sesuatu yang manis.

  • Bedong si Kecil

Bayi membutuhkan banyak kenyamanan dan kehangatan seperti yang mereka rasakan saat di dalam kandungan. Oleh karena itu, bungkuslah bayi mama dalam selimut hangat atau kain bedong, sehingga ia merasa aman.

Dengan tenang, dekap si Kecil dekat dada mama. Beberapa bayi merasa bedongan atau gendongan terlalu konstriktif dan merespon lebih baik untuk bentuk lain, seperti mengisap dot atau gerakan berirama.

Goyangkan tubuh ke kanan-kiri dengan perlahan, coba ajak ia ngobrol atau nyanyikan lagu pengantar tidur. Saat menggendong, coba belai punggungnya dengan tegas dan berirama.

Tepukan lembut juga bekerja sama baiknya untuk tenangkan bayi yang terus menangis. Selain itu, Mama juga bisa tempatkan ia di kereta dorong bayi, dan goyang-goyangkan dengan lembut.

  • Baringkan menyamping

Saat menggendong atau menempatkan ia di kereta dorong bayi, posisikan tubuhnya dalam keadaan berbaring miring atau tengkurap untuk menciptakan kembali suasana seperti di dalam kandungan.

Ingat, selalu kembalikan posisinya jadi telentang saat ia akhirnya benar-benar terlelap. Ajak ia bicara dengan nada menenangkan dan jaga agar suhu kamar cukup hangat.

  • Ciptakan “white noise”

Dalam kandungan, bayi dapat mendengar detak jantung mama. Hal ini mungkin sebabnya mengapa bayi suka digendong, karena detak jantung mama yang familiar dengannya.

Ciptakan “white noise” yang dapat menenggelamkan suara-suara lainnya. Mama bisa gunakan suara statis radio, mainan, atau menyalakan vacuum cleaner, kipas angin, atau pengering rambut.

Dengungan dari mesin-mesin elektronik ini mungkin terdengar kurang nyaman bagi orang dewasa, namun, banyak bayi menangis yang akhirnya bisa kembali tenang setelah mendengarkan “white noise”.

Suara tersebut sama seperti deru konstan dalam tubuh yang ia dengarkan setiap saat selama dalam kandungan. Mama juga dapat mengunduh file “white noise” dari internet atau mengunduh aplikasi “white noise” yang bisa membantu tidur pulas, atau beli CD “white noise” yang khusus diciptakan untuk bayi.

  • Udara segar

Kadang, hanya dengan membuka pintu atau jendela sedikit lebih lebar, atau bawa ia jalan-jalan sebentar ke luar rumah dapat menghentikan tangisan dengan cepat.

Jika berhasil, nikmatilah momen berharga ini!

  • Pijat

Kebanyakan bayi senang disentuh, sehingga mungkin pijatan adalah jalan keluar terbaik untuk mengatasi tangisannya. Lakukan pijat dengan teratur dapat mengurangi frekuensi tangisan dan rewelan si Kecil.

Namun, waktu terbaik untuk memijat bayi adalah saat ia sedang terjaga. Jangan terlalu khawatir tentang tidak mengetahui gerakan pijat yang sempurna.

Asalkan gerakannya lembut dan lambat, pijatan dapat memberikan kenyamanan. Tanggalkan pakaian bayi dan pijat dengan lembut dan tegas. Mama bisa menggunakan minyak atau krim pijat, asalkan setidaknya ia berusia satu bulan.

Sambil memijat, ajak si Kecil berbicara seperti biasa dan jaga agar suhu kamar tetap hangat. Jika ia menangis selama dipijat, hentikanlah segera.

Menangis saat dipijat menandakan overstimulasi, yakni rasa yang membuatnya sudah cukup nyaman dan tidak ingin lagi dipijat.

 

Source: https://www.popmama.com/baby

Artikel Lainnya

Bayi sering mengalami ruam kering dan bersisik, yang biasanya berada di pipi, lengan, kaki, dada dan bagian tubuh lainnya juga. Terkadang, ruam kulit anak menjadi semakin meradang dan diperburuk garuk...

Bayi mungkin belum bisa mengungkapkan lewat kata-kata, tapi Mama bisa mengamati tandanya Banyak orang yang beranggapan bahwa bayi tidak mengingat atau bahkan tidak mengerti akan kejadian traumatis ...

Kandungan dalam produk perawatan Si Kecil, tentunya harus baik bagi kulitnya yang masih sensitif. Kenali apa itu SLS dan dampak buruknya bagi Si Kecil. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudahan ...

1. Bingung puting Penggunaan dot atau empeng dapat menimbulkan bingung puting, yaitu keadaan di mana bayi tidak mau menyusu lagi ke payudara ibu karena mekanisme hisapan yang berbeda antara menghis...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................