Perbedaan ASI Kental & ASI Cair

Jumat, 01 Juli 2022 | 16:32 WIB Penulis :


Salah satu hal yang sering kali mencemaskan para ibu menyusui adalah jika ASI yang dikeluarkan terlihat encer. Pasalnya, ada yang mengatakan bahwa ASI yang encer berarti kurang bernutrisi, sementara air susu yang teksturnya kental dikatakan lebih sehat. Apa benar demikian?

Sebenarnya, kualitas ASI tidak dapat dilihat dari tingkat kekentalannya. Cairan ASI yang terlihat cair atau kental sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Supaya lebih jelas, Anda harus mengenali apa itu foremilk dan hindmilk.

Beda ASI foremilk dan hindmilk

Tingkat kekentalan ASI sendiri memang bisa dilihat secara langsung, ada yang terlihat encer maupun kental. Ini karena ASI dibedakan menjadi foremilk dan hindmilk dari waktu dikeluarkannya. Foremilk merupakan ASI yang keluar pada awal sesi menyusui, sedangkan hindmilk adalah ASI yang keluar pada saat sesi menyusui akan berakhir.

Mengapa tingkat kekentalan keduanya berbeda? Hal ini disebabkan oleh isi kandungan dari masing-masing. Foremilk memiliki kandungan laktosa yang tinggi dan lemak yang rendah sehingga cairan ASI terlihat encer. Berbeda dengan hindmilk yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan foremilk sehingga cairan ASI terlihat lebih kental.

Seluruh kandungan ASI, baik foremilk dan hindmilk, sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan bayi dan jumlahnya harus seimbang setiap harinya. Masing-masing pun memiliki peranan yang berbeda untuk menunjang kesehatan tubuh dan tumbuh kembang bayi.

Ketidakseimbangan jumlah foremilk dan hindmilk akan mengganggu pertumbuhan bayi. Foremilk yang terlihat encer di awal menyusui mampu menghilangkan rasa haus pada bayi, memberikan energi, dan merangsang perkembangan otak. Sedangkan hindmilk yang terlihat kental di akhir menyusui dapat membantu meningkatkan berat badan dan tumbuh kembang bayi.

Tujuan dari proses menyusui itu sendiri adalah bayi mendapatkan jumlah ASI foremilk dan hindmilk dengan jumlah yang sama. Dengan begitu, bayi mendapatkan asupan laktosa dan lemak yang tinggi. Untuk diketahui, kandungan laktosa yang tercukupi di dalam tubuh mampu menekan pertumbuhan kuman penyebab penyakit.

 

Source : https://www.klikdokter.com/

Artikel Lainnya

“Kalau diberikan ASI saja, bayinya tidak kenyang. Makanya, usia 2 bulan sudah diberikan buah pisang, dan ia lahap makannya.” Ini bukan prestasi, Bunda! Sebab, banyak riset membuktikan, ...

Perempuan hamil, utamanya yang menjalani kehamilan pertama, kadang bertanya-tanya aman atau tidak menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya jika kondisi ibu dan bayi sehat, puasa dalam keadaan hamil bisa d...

Bayi dengan rambut tebal sunguh menggemaskan. Selain itu, banyak yang percaya bayi dengan rambut tebal adalah bayi yang lucu dan sehat. Maka tidak heran jika para orang tua melakukan berbagai cara aga...

Telanjang kaki atau lebih akrab dikenal dengan nyeker pada anak, banyak diklaim bisa meningkatkan nafsu makan loh. Kalau, dibayangkan dengan logika, emang sih, hal itu kurang bisa diterima. Ta...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................