Manfaat Vitamin A untuk Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 21 Februari 2023 | 13:17 WIB Penulis :


Vitamin A adalah salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh pada berbagai usia, termasuk anak-anak. Vitamin A terkenal dengan manfaat baiknya untuk mata. Tapi tidak hanya itu, vitamin ini juga memegang peranan penting dalam kesehatan dan tumbuh kembang anak.

WHO bahkan merekomendasikan agar orang tua memberikan suplemen vitamin A untuk anak 6–59 bulan. Suplemen diberikan secara teratur setiap 4–6 bulan sekali supaya anak tidak mengalami defisiensi vitamin A dan permasalahan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting buat AyBun mengetahui manfaat dan dosis vitamin A pada anak. Untuk tahu informasi mengenai vitamin A lebih lanjut, simak artikel di bawah selengkapnya.

Manfaat Vitamin A untuk Anak

Vitamin A atau retinol terlibat dalam menyehatkan mata hingga pembentukan darah merah dan antibodi. Masih ada manfaat vitamin A lainnya untuk anak, seperti:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Hal ini dipaparkan lebih lanjut oleh The American Academy of Ophthalmology bahwa vitamin A dapat memelihara kesehatan mata dan membantu mata untuk menghasilkan pigmen supaya bisa melihat dengan jelas.

Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan xerophthalmia atau kondisi kornea mata rusak, hingga menyebabkan kebutaan. Beberapa sumber lain juga mengatakan, nyctalopia atau kekurangan penglihatan di malam hari bisa terjadi karena defisiensi vitamin A.

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A punya peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A terlibat dalam produksi sel darah putih yang membantu menangkan dan membersihkan bakteri di aliran darah. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan kerentanan anak terhadap infeksi dan pemulihan lebih lama ketika sakit.

3. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Manfaat vitamin A untuk anak yang paling utama adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh dan menurunkan risiko stunting. Terutama pertumbuhan tulang, dengan tercukupinya asupan vitamin A, sekaligus vitamin D dan kalsium pada anak, si kecil akan tumbuh tinggi dan kuat.

4. Memelihara Kesehatan Tulang dan Jaringan

Mengutip dari Organisasi American Bone Health, vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ini penting untuk membangun tulang yang kuat dan sehat. Vitamin A sendiri dapat mempengaruhi sel pembangun tulang (osteoblas) dan sel pemecah tulang (osetoklas). 

5. Menjaga Tubuh Dari Penyakit Kronis

Anak yang memiliki cukup vitamin A di tubuhnya cenderung mempunyai daya tubuh yang kuat. Vitamin A bersifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. 

Dengan begitu, anak dapat terhindar dari beberapa penyakit kronis. Misalnya, terlindungi dari resiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

6. Merawat Kulit dan Rambut Agar Tetap Sehat

Vitamin A dapat menjaga agar kulit dan rambut anak tetap sehat. Ini dikarenakan, vitamin A membantu produksi sebum atau kelenjar minyak, sehingga dapat menjaga kulit agar tetap lembap. Sebum minyak tersebut juga bisa merangsang tumbuh rambut

Source : https://tentanganak.com/

Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Tidak Mau Pakai Dot? Bagi Mama yang bekerja, memberikan ASI pada bayi tetap perlu dilakukan. Dalam pemberian ASI, Mama bisa mengandalkan dot. Namun, tidak semua bayi suk...

Waspada risiko di balik bayi tidur tengkurap Beberapa bayi mungkin merasa nyaman apabila tidur tengkurap. Hal ini harus diwaspadai karena menimbulkan berbagai risiko. Terutama pada bayi yang baru l...

Menyaksikan tahapan perkembangan bayi pasti sangat menyenangkan untuk Mama dan Papa. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pemantauan tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan sangat penti...

Kehamilan pertama seringkali ditanggapi dengan kecemasan dan kekhawatiran, kurangnya pengetahuan dan pengalaman calon ibu menjadi alasan adanya tekanan mental yang menganggu kesehatan psikis ibu hamil...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................