Rekomendasi Cream Cegah Ruam Popok, agar Bayi tidak Rewel

Kamis, 04 Mei 2023 | 13:49 WIB Penulis :


Ruam popok atau diaper rash adalah kondisi iritasi kulit yang umum dialami oleh bayi baru lahir hingga bayi berusia 1 tahun. Ruam popok membuat kulit bayi di area bokong kemerahan dan gatal sehingga menjadikan si Kecil mudah menangis dan rewel bila disentuh. Untungnya, Ibu bisa menggunakan cream cegah ruam popok untuk mengatasinya.

 

Ruam popok menjadi momok yang menakutkan untuk ibu jika si kecil mengalami ruam popok. Sebaiknya si kecil menggunakan cream cegah ruam popok untuk mencegah terjadinya ruam popok.

 

Penyebab ruam popok pada bayi

 

Pada dasarnya, ruam popok adalah kondisi yang mudah dihindari dengan kebiasaan mengganti popok secara rutin dan membersihkan bokong bayi. Namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diaper rash seperti:

 

  • Menggunakan popok terlalu ketat

Penggunaan popok terlalu ketat akan membuat kulit bayi mudah lecet dan menyebabkan ruam.

 

  • Tidak mengganti popok dalam waktu lama

Kotoran dan air seni yang menyentuh kulit bayi dalam waktu lama dapat membuat kulit iritasi. Oleh karena itu, popok harus segera diganti setelah anak buang air. Hal ini rentan terjadi bila si Kecil buang air saat tidur. Risiko ruam popok juga lebih tinggi pada bayi yang sedang mengalami diare.

 

  • Infeksi jamur atau bakteri

Ruam jamur bisa terjadi karena jamur dan bakteri. Keduanya mudah berkembang biak di area yang lembap seperti lipatan kulit di selangkangan dan juga area yang tertutup popok. Jika Ibu menemukan bintik-bintik merah pada area tersebut bisa jadi si Kecil sudah terinfeksi.

 

  • Menggunakan produk yang tidak ramah kulit bayi

Ruam popok juga dapat timbul akibat zat kimia yang ada produk bayi seperti tisu basah (baby wipes), bedak bayi, hingga deterjen sls yang terdapat di sabun mandi. 

 

  • Bayi memiliki kulit sensitif

Beberapa bayi terlahir dengan kulit sensitif sehingga lebih mudah mengalami ruam popok. Terlebih jika bayi memiliki riwayat eksim atau dermatitis seboroik.

 

  • Mulai mengonsumsi makanan padat

Saat Ibu memperkenalkan makanan padat, isi dari kotoran bayi turut berubah. Hal ini menyebabkan frekuensi buang air besarnya pun berubah dan meningkatkan risiko ruam popok.

 

  • Sedang mengonsumsi antibiotik

Bayi yang sedang dalam pengobatan antibiotik rentan mengalami ruam popok. Penyebab utamanya adalah karena antibiotik membunuh bakteri “baik” di kulit yang berfungsi mencegah infeksi jamur. Selain itu antibiotik juga menyebabkan bayi diare. 

 

Efek ini juga bisa terjadi bila Ibu sedang mengonsumsi obat antibiotik.

 

Cara mencegah ruam popok 

 

Kunci utama mencegah ruam popok adalah selalu menjaga nappy area (bagian yang tertutup popok) tetap bersih dan kering. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu gunakan untuk mencegah ruam popok:

 

  • Ganti popok secara rutin

Segera ganti popok bila kotor oleh kotoran atau basah karena air seni.

 

  • Bilas bokong bayi dengan air hangat

Setiap kali mengganti popok bersihkan nappy area dengan air hangat dan sabun mandi kulit sensitif yang tidak mengandung deterjen SLS. Ibu juga bisa menggunakan handuk basah atau baby wipes yang tidak mengandung alkohol saat membersihkan.

 

  • Keringkan bokong

Gunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk untuk mengeringkan bokongnya. Hindari gerakan mengusap karena dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

 

  • Gunakan cream cegah ruam popok secara rutin

Agar si Kecil tidak mengalami ruam popok, Ibu bisa mencegahnya dengan mengoleskan cream cegah ruam popok atau diaper cream secara rutin setiap sebelum pakai popok. Gunakan krim yang mengandung zinc oxide.

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, zinc oxide lebih ampuh mencegah ruam popok dibandingkan talcum powder. Krim yang baik juga biasanya mengandung pelembap seperti minyak biji bunga matahari (sunflower seed oil) untuk menjaga kondisi kulit serta minyak untuk mengurangi gesekan pada kulit.

 

  • Cuci tangan setelah mengganti popok

Lakukan hal ini untuk mencegah penyebaran bakteri ke bagian tubuh lain.

 

  • Jangan memasang popok terlalu kencang

Berikan ruang sedikit agar kulit bisa bernapas dan mengurangi gesekan antara kulit dan popok.

 

  • Beri waktu tanpa popok

Setelah membersihkan popok, sebisa mungkin jangan langsung memakaikan popok yang baru. Berikan jeda waktu agar kulit anak bisa bernapas bebas.

 

Rekomendasi cream cegah ruam popok

 

Krim cegah ruam popok punya peran penting menjaga kulit bayi tetap sehat dan terhindar dari ruam popok. Pastikan cream pelindung area nappy yang digunakan mengandung zinc oxide seperti PUREBB Diaper Cream.

 

PUREBB Diaper Cream

 

Selain zinc oxide, kandungan castor oil sebagai pelumas, biji bunga matahari (sunflower seed oil) untuk melembapkan kulit, PUREBB Diaper Cream membantu mencegah ruam popok dan melindungi area nappy dari iritasi.

 

PUREBB Diaper Cream pelindung area nappy teruji dermatology tested sehingga tak perlu khawatir bayi mengalami alergi dan rekomendasi aman digunakan setiap hari

 

Anda bisa menemukan PUREBB Diaper Cream dapat Anda temukan di toko online official PUREBB dan juga beberapa toko obat ternama di sekitar Ibu.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Apa gejala virus Zika? Jika seseorang terkena gigitan nyamuk yang mengandung virus Zika, akan menunjukkan gejala yang hampir mirip dengan kasus infeksi flu biasa, seperti demam ringan, sakit kepala, ...

Bahaya ruam popok bayi kerap menjadi momok mengkhawatirkan bagi para orang tua. Sebab ruam popok menimbulkan rasa tidak nyaman dan perih, sehingga rentan membuat bayi lebih rewel dan sering menangis. ...

Sebuah teknik yang disebut Elimination Communication (EC) percaya bahwa Anda bisa menembus semua mitos tentang potty training, dengan melakukannya sejak dini saat anak masih bayi. Konon, pendekatan in...

Vitamin A adalah salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh pada berbagai usia, termasuk anak-anak. Vitamin A terkenal dengan manfaat baiknya untuk mata. Tapi tidak hanya itu, vitamin ini juga mem...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................