5 Hal Ini Bisa Bikin Kecerdasan Anak Berkurang, Orang Tua Harus Waspada!

Rabu, 10 Mei 2023 | 14:48 WIB Penulis :


Setiap orangtua pasti merasa bahagia dan bangga ketika memiliki buah hati yang cerdas. Untuk meningkatkan kecerdasan anak, ada banyak hal atau stimulasi yang penting dilakukan orangtua. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Namun, selain hal yang bisa meningkatkan kecerdasan anak, beberapa hal yang bisa menurunkan atau mengurangi kecerdasan anak tak boleh luput Mom. 

 

Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa bikin kecerdasan anak. Hal tersebut mulai dari kurangnya nutrisi tubuh, sikap orangtua ke anak hingga risiko penyakit tertentu. Dan berikut sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

 

Stunting

 

stunting

Ilustrasi/copyrighshutterstock/PR Image Factory

 

Hal pertama yang bisa bikin kecerdasan anak berkurang adalah stunting. Anak-anak yang mengalami stunting, tak hanya mengalami masalah pada pertumbuhannya. Tapi juga mengalami masalah dalam perkembangan otaknya. Mengutip dari laman fk.ui.ac.id, stuntig di 1000 hari usia pertama anak, ini bisa mengganggu dan menurunkan kecerdasannya. Ini juga berpengaruh pada kesehatan fisiknya saat anak dewasa kelak. 

Cidera Otak

 

anak

ilustrasi anak sakit/copyright Rawpixel

 

Studi menemukan jika adanya cidera pada otak anak, bisa berpengaruh pada kecerdasannya. Cidera otak parah bisa menyebabkan penurunan fungsi otot di otak dan mengurangi kemampuan berbicara, berpikir, melihat, mendengar bahkan kemampuan rasa. Ketika anak terbentur sesuatu, ini tak bisa dianggap remeh. Dalam beberapa kasus, terbentur berpengaruh pada otak anak.

 

Sakit Tertentu

 

Anak sakit

Ilustrasi/copyrightshutterstock/kdshutterman

 

Adanya risiko sakit tertentu bisa membuat anak mengurangi kecerdasan anak. Adapun sakit yang bisa berpengaruh pada kecerdasan tersebut mulai dari kanker otak, pembengkakan amandel, tifus, meningitis dan campak. Beberapa penyakit lain yang membuat anak harus konsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama, juga rentan membuat fungsi otak anak menurun.

 

Pengaruh Gadget

 

Anak Bermain Gadget

Ilustrasi Anak Bermain Gadget Credit: Freepik

 

Gadget saat ini menjadi sesuatu yang penting bagi siapapun. Termasuk bagi anak-anak. Penggunaan gadget yang benar, ini bisa membantu anak memiliki kecerdasan yang mengesankan. Tapi, penggunaan gadget yang salah dan berlebih, ini bisa mengurangi kecerdasan anak. Pengaruh gadget bisa membuat anak kecanduan dan semakin malas.

 

Perilaku Buruk Orangtua

 

Memarahi anak

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/PR Image Factory

 

Penting bagi setiap orangtua untuk bersikap dan berperilaku baik di depan anak-anak. Studi menemukan jika perilaku buruk dan kasar dari orangtua ke anak, rentan menurunkan kecerdasannya. Perilaku yang buruk ini juga rentan bikin anak menjadi pribadi introvert dan mudah cemas. Anak dengan orangtua yang keras, kaku dan terlalu menuntut banyak hal ke anak, bisa membuat anak depresi pun tak bahagia dengan hidupnya. 

 

Itulah sekian hal yang dikhawatirkan bisa menurunkan kecerdasan anak. Yuk Mom, lebih bijak dalam mengasuh, mendidik dan memberikan nutrisi terbaik ke anak setiap harinya.

 

Source : https://www.fimela.com/parenting/

Artikel Lainnya

Ketika si kecil demam tentu bikin orang tua panik. Maklum, si kecil jadi rewel sehingga orang tua merasa khawatir jika harus meninggalkannya. Nah, agar tidak panik berlebihan, hal-hal seputar demam si...

Ruam popok sering kali terjadi pada bayi, terutama sekitar usia 9-12 bulan. Ruam semacam ini kadang memang sulit dihindari. Jangan khawatir ruam popok merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan dapat ...

Dermatitis adalah salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi pada bayi. Istilah dermatitis menunjukkan kondisi kulit yang tampak sangat kering dengan ruam kemerahan dan terasa gatal akibat...

Anyang-anyangan adalah kondisi di mana buang air kecil terasa sakit atau tidak nyaman. Kondisi ini juga dikenal bernama disuria dalam terminologi medis, dan kondisi ini sering kali berkaitan dengan ga...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................