Melewati Fase Wonder Week Pada Bayi

Senin, 28 Agustus 2023 | 16:20 WIB Penulis :


Bagaimana cara melewati masa wonder week pada bayi

Saat bayi Bunda mengalami periode wonder week, tentu Bunda akan melewati hari yang serba terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah. Bahkan pekerjaan sederhana seperti mencuci piring atau melipat cucian kering bisa memakan waktu berjam-jam.

Bunda secara teratur harus menghentikan apa yang Bunda lakukan untuk menghibur bayi yang menangis dan ingin selalu dekat. Tidak sampai di situ, bayi terkadang lebih banyak terbangun di malam hari saat mengalami periode ini, sehingga membuat Bunda jadi kurang tidur.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Bunda menghadapi periode wonder week dan menenangkan Si Kecil.

1. Menggendong anak

Tempatkan anak dalam gendongan sembari mengerjakan pekerjaan rumah. Menggendong bayi Bunda dapat membantu menenangkan anak tanpa harus meninggalkan pekerjaan rumah Bunda. Pastikan untuk mengikuti instruksi cara penggunaan gendongan yang benar untuk menghindari cedera pada bayi atau diri Bunda sendiri. Pilih juga gendongan yang nyaman ya Bunda. 

2. Luangkan waktu untuk istirahat

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bukti bahwa bayi dapat merasakan suasana hati orang tuanya. Jika Bunda menjadi terlalu stres karena kerewelan bayi Bunda, letakkan Si Kecil di tempat yang aman, seperti tempat tidur bayi, atau serahkan pada pasangan atau ke pengasuh lain, lalu luangkan waktu untuk istirahat Bunda. Pergi ke ruangan lain atau jika tangisan benar-benar mengganggu Bunda beristirahat, pertimbangkan untuk ke luar rumah sebentar.

3. Mandikan bayi

Bawa anak mandi, jika mereka menikmatinya. Terkadang mandi dapat membantu mengatur ulang suasana hati bayi Bunda, ditambah air hangat dapat menenangkan bayi lho Bunda.

4. Bawa bayi jalan-jalan

Perubahan pemandangan dapat membuat keajaiban bagi suasana hati bayi dan diri Bunda sendiri. Ajak bayi berkeliling sekitar rumah untuk menenangkan kondisi rewelnya.

5. Ajak anak bermain

Hibur anak dengan melakukan permainan suara, hingga beri mereka mainan tekstur baru. Saat pandangan dunia bayi berubah, demikian pula respons mereka terhadap rangsangan. Mainan tekstur baru yang mereka sentuh bisa menjadi sangat mengasyikkan bagi bayi, atau Bunda dapat mengajak bayi melakukan permainan cilukba.

6. Turunkan ekspektasi Bunda

Bayi bisa rewel pada saat kapanpun, tetapi selama periode wonder week, kondisi rewel bayi ini bisa menghabiskan banyak waktu. Tunda pekerjaan rumah Bunda dan hapus hal-hal yang tidak penting dari daftar tugas harian Bunda, atau mintalah teman atau anggota keluarga untuk membantu Bunda menyelesaikan pekerjaan di rumah.

7. Siapkan diri lebih awal

Jika Bunda melihat periode wonder week segera datang, cobalah untuk mempersiapkan diri dengan rencananya yang baik lebih awal. Pertimbangkan membekukan beberapa makan malam siap saji dan selesaikan sebanyak pekerjaan Bunda. Bunda juga bisa mempertimbangkan untuk menunda jalan-jalan yang tidak perlu sampai setelah periode wonder week ini terlalui.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Si Pemilih makanan atau picky eaters adalah salah satu tantangan yang paling umum dihadapi orangtua. Kebiasaan memilih-milih makanan ini bahkan bisa terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 12 ...

Ruam popok merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi pada si Kecil. Gejala ruam popok pada si Kecil tentu bikin gatal, nggak nyaman dan mudah rewel, Ma. Bikin kuman mudah masuk ke area n...

 Sebelum melahirkan, Bunda pasti mencari berbagai macam hal yang berhubungan dengan fakta dan mitos bayi baru lahir. Salah satu hal yang kerap dipertanyakan adalah kapan bayi boleh keluar rumah. ...

Sebagian orang tua mungkin tidak asing lagi dengan cara memeluk bayi menggunakan metode skin to skin. Metode yang disebut juga metode kanguru ini mulai banyak diterapkan. Pasalnya,...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................