Panduan Memberikan Camilan untuk Bayi 8 Bulan

Selasa, 03 Oktober 2023 | 15:50 WIB Penulis :


Ketika si Kecil sudah menginjak 8 bulan, itu artinya ia sudah mulai bisa diperkenalkan dengan tekstur makanan lunak. Selain lewat MPASI, Ibu juga bisa memberikan variasi cemilan untuk bantu memenuhi kebutuhan gizi bayi di usia 8 bulan ini. Yuk, simak tips pemberian cemilan untuk bayi 8 bulan dan ide resep makanannya!

Panduan Memberikan Camilan untuk Bayi 8 Bulan

Menurut IDAI, dalam sehari bayi 8 bulan perlu makan MPASI 2-3 kali sehari, ASI sesuai kebutuhan di usianya, dan 1-2 kali cemilan sebagai selingan di antara waktu makan. Nah berbicara soal cemilan, si Kecil juga sekarang sudah boleh diberikan makanan padat seukuran genggaman tangannya alias finger food.

Alasannya, karena di usia 8 bulan rata-rata bayi sudah lebih tangkas dan terampil untuk mengambil makanan dengan “capitan” ibu jari dan telunjuk mereka untuk dimasukkan ke mulut.

Nah, berikut panduan yang bisa Ibu ikuti untuk memberikan camilan atau snack pada bayi usia 8 bulan:

  • Mulai dengan cemilan yang teksturnya agak lunak, seperti potongan keju, potongan roti, buah pisang, alpukat, dan buah naga. 

  • Jangan berikan si Kecil sayuran mentah, kacang-kacangan, atau makanan yang memiliki potongan besar untuk menghindari risiko tersedak.

  • Kenalkan makanan baru satu per satu jika si Kecil memiliki alergi.

  • Potong semua makanan menjadi potongan lunak, sekali gigit, atau lebih kecil lagi.

  • Hati-hati dengan bahaya tersedak, jadi hindari makanan bulat dan keras, seperti anggur, wortel, kacang, jagung, dan kismis.

Mungkin awalnya, si Kecil akan mengambil semua makanan yang ada di atas piringnya. Bahkan, bisa jadi mereka hanya akan bermain-main dengan makanan barunya. Tidak apa, Bu, ini adalah bagian dari proses belajar makan si Kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, si Kecil nantinya akan semakin mahir untuk makan sendiri.

 

Makanan Apa yang Boleh Diberikan untuk Bayi 8 Bulan?

Di usia ini, si Kecil mulai menunjukkan keinginan untuk mencoba makanan yang lebih bervariasi. Nah agar ia tidak bosan makan, Ibu bisa mencoba menyajikan camilan agar si Kecil bisa belajar tentang lebih banyak tekstur dan rasa makanan baru.

Lalu apa saja bahan makanan yang boleh dikonsumsi bayi 8 bulan untuk dijadikan cemilan atau snack? Berikut daftarnya.

  • Sayuran yang sudah dimasak matang atau direbus, seperti brokoli, buncis, labu kuning, kentang, labu, dan ubi jalar.

  • Buah-buahan seperti buah pir, pisang, alpukat, pepaya, dan buah naga. Sama seperti sayuran, buah bisa dipotong dadu sebelum diberikan pada si Kecil. 

  • Protein nabati, seperti tahu, dan tempe. Ibu bisa mengukus atau menggorengnya terlebih dahulu. Setelah itu dipotong memanjang, supaya si Kecil bisa belajar memegang makanan.

  • Protein hewani, misalnya daging ayam, hati ayam, daging sapi, telur, dan ikan. Ibu bisa mengolahnya menjadi nugget.

Kapan Bayi Bisa Makan Snack?

Meski diperbolehkan mengonsumsi camilan, jangan keseringan memberi snack pada anak karena akan menyebabkan ia tidak merasa lapar saat waktu makan tiba. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur dan menyesuaikan jam makan utama dan snack.

Nah, berikut adalah contoh panduan jadwal makan bayi dari IDAI yang sudah disesuaikan dengan jadwal pemberian snack:

06.00     ASI.

08.00     Makan pagi.

10.00     Snack.

12.00     Makan siang.

14.00     ASI.

16.00     Snack.

18.00     Makan malam.

21.00     ASI.

24.00     ASI bila perlu.

02.00     ASI bila perlu.

Kalau Ibu masih ragu-ragu tentang kapan harus memberikan cemilan untuk si Kecil, Ibu bisa mengacu pada contoh di atas ini, ya!

 

Source : https://bebeclub.co.id/

Artikel Lainnya

Merawat bayi merupakan kewajiban utama seorang ibu, tak terkecuali bagi ibu yang bekerja. Hal ini kadang membuat seorang ibu stres karena menjalankan kedua peran sekaligus dirasa begitu sulit. Lalu, b...

Mengetahui kelamin janin menjadi salah satu kabar yang ditunggu-tunggu para calon orang tua. Tak jarang, banyak orang menebak jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibunya, lho. Informasi ini sudah dipe...

Jika payudara terasa nyeri, lebih sensitif, bengkak, hingga luka, sebaiknya ibu mempelajari cara merawat payudara agar ASI lancar.   Ya Moms, data dari International Breastfeeding Journal m...

Tahukah Bunda, kebiasaan ngedot terlalu lama akan mengakibatkan keterlambatan berbicara pada anak? Psikolog perkembangan anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., menjelaskan bahwa hal itu karena, be...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................