GTM Bisa di Atasi Dengan Jalan Tanpa Alas Kaki? Mitos atau Fakta??

Selasa, 29 Agustus 2023 | 16:00 WIB Penulis :


Telanjang kaki atau lebih akrab dikenal dengan nyeker pada anak, banyak diklaim bisa meningkatkan nafsu makan loh. Kalau, dibayangkan dengan logika, emang sih, hal itu kurang bisa diterima.

Tapi siapa sangka, fakta berdasarkan penelitian menyebutkan terdapat beberapa ma

 

Infaat untuk anak dari kegiatan ini. Apa iya telanjang kaki bisa meningkatkan nafsu makan? Simak sampai selesai yuk! 

 

Manfaat Telanjang Kaki untuk Anak, Ada Menambah Nafsu Makan? 

Meski terlihat sepele, Telanjang kaki (nyeker) untuk anak ternyata memberikan manfaat. Beberapa penelitian yang dilakukan, telanjang kaki telah diklaim telah memberikan banyak manfaat yang tidak sedikit. Lalu apa sih manfaat yang dimaksud sebenarnya? Berikut beberapa manfaat telanjang kaki untuk Anak: 

Sangat Baik Untuk Pertumbuhan Kaki Anak 

Saat lahir, tulang kaki bayi masih terasa lunak. Lalu seiring bertambahnya usia, tulang dan persendian akan mengeras dan otot-otot kaki anak mulai tumbuh. Studi menunjukkan bahwa sepatu anak-anak (terutama jika  kaku, sempit, ketat) dapat menghambat pertumbuhan kaki loh. Nah, jangan ragu untuk membiasakan dini anak agar telanjang kaki, tentunya tetap dalam pengawasan ya.  

Bagus untuk Pertumbuhan Postur Anak 

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, saat berjalan tanpa alas kaki, otot kaki bayi sudah berkembang  sempurna. Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap cara anak berdiri maupun berjalan. Sehingga saat beranjak dewasa, postur tubuh anak akan terbentuk dengan baik dibandingkan mereka yang sudah memakai alas kaki sejak kecil. 

Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Sensori Anak 

Penelitian dari Universitas Sebelas Maret menjelaskan bahwa semakin sering anak bertelanjang kaki, semakin baik  perkembangan motoriknya. Ketika anak-anak dibiarkan bermain di luar sambil ternyata manfaatnya lebih besar lagi. Bahkan bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Kok bisa ya? Cek poin berikutnya ya! 

Meningkatkan Nafsu Makan Anak 

Saat anak berjalan dengan tekstur yang berbeda, rangsangan sensori dan motorik dikirim ke otak. Ini akan membuat anak terbiasa dengan tekstur yang berbeda. Termasuk tekstur yang terasa di mulut. 

Ada banyak titik akupunktur di telapak kaki, berjalan tanpa alas kaki ternyata setara dengan akupresur di telapak kaki loh. Alhasil juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme kaki dan seluruh tubuh anak, meningkatkan nafsu makan anak, dan akhirnya mampu meningkatkan pertumbuhan anak. 

Tips Telanjang Kaki yang Aman untuk Anak 

Setelah tahu apa saja manfaat dari telanjang kaki. Ada beberapa tips nih buat papa mama agar kegiatan telanjang aman untuk anak. Berikut tips aman telanjang kaki untuk anak: 

  • Pastikan tekstur permukaan tidak melukai anak 
  • Jangan izinkan telanjang kaki pada permukaan yang basah dan licin 
  • Tidak meninggalkannya sendirian, tetap awasi anak 
  • Tekstur permukaan tidak panas atau terkena sinar matahari 
  • Jauhkan dari permukaan yang terjal 

 

Source : https://taniakidscenter.com/

Artikel Lainnya

Ada anggapan, hubungan seks yang sering akan memudahkan terjadinya kehamilan. Enggak juga, kok, Ma. Kehamilan terjadi tidak disebabkan frekuensi berhubungan intim yang sering. Justru, aktivitas seksua...

Diperlukan cara merawat kulit sensitif dan alergi pada bayi yang tepat untuk menjaga kesehatan si kecil. Ya, Moms, bayi mempunyai kulit yang cenderung lebih tipis dibandingkan orang dewasa, sehingga m...

Perubahan cuaca yang kerap terjadi terutama saat perubahan musim, mungkin membuat siapapun mengalami masuk angin. Terlebih bayi yang belum memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, akan lebih besar k...

  Ciri-ciri Biduran Pada Bayi Dalam laman situs kesehatan Healthline disebutkan bahwa beberapa gejala biduran pada bayi antara lain: Bentolan dengan berbagai ukuran yang menyebar...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................