Mengapa Ibu Menyusui Wajib Mengkonsumsi Kalsium?

Senin, 30 Oktober 2023 | 16:23 WIB Penulis :


Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, penting bagi setiap individu untuk memenuhi kebutuhan kalsium hariannya sebaik mungkin, tidak terkecuali bagi ibu menyusui. Lantas, berapa kebutuhan kalsium ibu menyusui yang perlu dipenuhi dan apa saja manfaatnya?

Mari simak kebutuhan serta pentingnya kalsium untuk ibu menyusui selengkapnya melalui pembahasan berikut.

 

Kebutuhan Kalsium Ibu Menyusui
Pada dasarnya, kebutuhan kalsium harian individu berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan kondisi tubuh. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan kalsium wanita usia 19–49 tahun adalah sekitar 1000 miligram per hari. Namun, saat sedang menyusui, kebutuhan kalsium ibu akan bertambah sebanyak 200 miligram per hari. Dengan demikian, total kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui usia 19–49 tahun yang perlu dicukupi adalah sebanyak 1200 miligram per hari.

 

Manfaat Kalsium untuk Ibu Menyusui
Terdapat sejumlah manfaat kalsium dalam mendukung kesehatan ibu menyusui, di antaranya adalah menjaga kualitas ASI, memelihara kesehatan tulang dan gigi, mencegah kram otot, menjaga kesehatan mulut, serta memelihara kesehatan jantung. Berikut masing-masing penjelasannya.

 

1. Menjaga Kualitas ASI
 

Salah satu manfaat kalsium untuk ibu menyusui adalah dapat menjaga kualitas air susu ibu (ASI). Bila kebutuhan kalsium ibu menyusui tercukupi, maka kelenjar payudara akan memproduksi ASI yang mengandung tinggi kalsium. Dengan begitu, bayi akan memperoleh asupan kalsium yang cukup melalui ASI sehingga dapat mendukung pertumbuhan tulang, mencegah rakhitis, serta terhindar dari risiko kejang.


2. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi
 

Perlu diketahui bahwa wanita berisiko kehilangan 3–5 persen massa tulangnya selama dalam masa menyusui. Pasalnya, sebagian asupan kalsium ibu menyusui akan diserap melalui ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

 

Maka dari itu, penting bagi ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan kalsium hariannya guna memelihara kesehatan tulang maupun gigi. Selain itu, mencukupi kebutuhan kalsium dapat mencegah ibu menyusui mengalami osteopenia, yaitu suatu kondisi di mana kepadatan mineral tulang (bone mineral density) rendah, yang berisiko berkembang lebih lanjut ke fase osteoporosis. Osteoporosis dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan tulang menjadi mudah patah/retak.

 

3. Mencegah Kram Otot
 

Salah satu tanda ibu menyusui kekurangan kalsium adalah kesemutan dan kram otot. Hal ini dikarenakan kalsium merupakan mineral yang berperan dalam mendukung fungsi otot untuk berkontraksi. Karena itu, mencukupi kebutuhan kalsium harian dapat meminimalkan risiko terjadinya gangguan fungsi otot.

 

Selain itu, mineral ini juga berfungsi untuk mencegah risiko gangguan saraf serta insomnia pada ibu menyusui.

 

4. Menjaga Kesehatan Mulut
 

Manfaat kalsium untuk ibu menyusui selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan rongga mulut. Sebab, saat kekurangan kalsium, ibu menyusui cenderung lebih rentan mengalami gusi berdarah, gigi berlubang, hingga kerusakan pada lapisan jaringan ikat akar gigi.

 

5. Memelihara Kesehatan Jantung
 

Asupan kalsium untuk ibu menyusui juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Pasalnya, kalsium dapat membantu mengontrol proses pembekuan darah, menjaga detak jantung tetap normal, serta mengendalikan kontraksi otot jantung saat memompakan darah ke seluruh tubuh.

 

Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk membuat otot pembuluh darah menjadi lebih rileks guna meminimalkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Kalsium untuk Ibu Menyusui
 

Secara umum, kebutuhan kalsium harian ibu menyusui dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan sehat dan bergizi. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium dan dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui adalah:

  • Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt.
  • Sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan lain-lain.
  • Daging ikan, seperti sarden dan salmon.
  • Kacang almond.
  • Kacang kedelai.
  • Edamame.

Selain itu, ibu menyusui juga dapat membantu melengkapi kebutuhan kalsium hariannya dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, ibu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan anjuran penggunaan suplemen yang tepat. Di samping itu, sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk memiliki suplemen kalsium yang aman bagi ibu menyusui adalah:

  • Memilih suplemen kalsium yang juga mengandung magnesium untuk membantu mengoptimalkan proses penyerapannya di dalam tubuh.
  • Bila tidak bisa mengonsumsi susu atau produk olahannya, ibu menyusui dapat memilih suplemen kalsium yang mengandung zinc.

 

Source : https://www.siloamhospitals.com/

Artikel Lainnya

Tidak jarang orang tua merasakan kerepotan saat mengurus perlengkapan bayi, termasuk baju bayi. Banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana mencuci baju bayi secara aman. Mencuci baju bayi dengan benar...

Cara Membersihkan Hidung Bayi Cara membersihkan hidung bayi penting untuk dilakukan untuk menghindari bayi menjadi tidak nyaman dan rewel akibat hidungnya tersumbat. Berikut ini adalah beberapa lan...

Terdapat jenis-jenis cacar yang berbeda antara satu dan lainnya. Karena adanya perbedaan penyebab atau pemicu, tentu saja solusi untuk pengobatan pada jenis-jenis cacar tersebut pun tidak akan sama. ...

Bayi idealnya diberi air susu ibu (ASI) secara eksklusif sejak lahir hingga usia 6 bulan. Karena pada fase tersebut, semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kecilnya dapat dipenuhi dari ASI saja. ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................