Ini Alasannya MPASI Baru Diberi Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Selasa, 14 Maret 2017 | 09:22 WIB Penulis : Erni Wulandari


MPASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) bisa diberikan pada bayi ketika ia sudah berusia 6 bulan. Lantas, mengapa pemberian MPASI harus menunggu sampai anak berusia 6 bulan ya.

Mengacu pada Angka Kebutuhan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan gizi bayi meningkat setelah usia 6 bulan sehingga diperlukan asupan selain ASI. Dengan demikian, setelah berusia 6 bulan bayi membutuhkan makanan lain agar angka kecukupan gizinya terpenuhi.

Selain itu, sistem penceraan bayi termasuk pankreas sudah berkembang dengan baik. Sehingga, ia mampu mengolah, mencerna, serta menyerap protein, lemak, dan karbohidrat dari bahan makanan selain ASI.

"Ginjal juga sudah berkembang dengan baik sehingga mampu mengeluarkan produk sisa metabolisme, termasiu dari bahan pangan tinggi protein seperti daging.

Di usia 6 bulan, sistem persarafan dan oromotor bayi semakin berkembang dari mulai hanya mengisap menjadi menggigit. Kemampuan mengontrol lidah si kecil juga meningkat seiring dengan mulai tumbuhnya gigi-geligi. Di usia 6 bulan, bayi juga mulai mengunyah dan menelan sehingga risiko tersedak pun berkurang.

"Perkembangan motorik kasarnya juga semakin baik. Bayi sudah bisa duduk sendiri, mulai meraih benda dan memasukkannya ke dalam mulit. Hal ini sangat berguna untuk mulai mengenalkan aneka rasa dan tekstur makanan baru pada bayi.

Ketika MPASI diberikan terlalu dini, ada risiko yang bisa terjadi. Saluran cerna yang belum sempurna akan bekerja ekstra keras untuk mengolah makanan padat. Akibatnya, makanan tidak dapat dicerna dengan baik dan memicu munculnya gangguan pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, sistem kekebalan usus bayi juga belum sempurna. Sehingga, enzim yang berfungsi melapisi protein makanan penyebab alergi belum cukup diproduksi. Akibatnya, protein yang masuk ke sel-sel usus justru merangsang reaksi alergi dan intoleransi.

Lalu, apa yang terjadi ketika MPASI diberi terlambat, misalnya saat bayi sudah berusia di atas 7 bulan? Ya, bayi akan kekurangan gizi mengingat setelah usia 7 bulan kebutuhan gizinya meningkat. Selain itu, perkembangan oromotornya akan terganggu sehingga membuatnya sulit makan.

"Kondisi ini juga akan makin membuat bayi kekurangan gizi. Kalau sudah begitu, selain rentan sakit, tumbuh kembang bayi pun jadi kurang optimal, termasuk kecerdasannya.

Namun, sejatinya ada kondisi yang membuat pemberian MPASI tidak harus diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Bila kenaikan berat badan bayi tidak memenuhi syarat dan bayi sudah berusia di atas 4 bulan, MPASI boleh saja diberikan.

"Kemudian, selama toleransi pencernaan bayi terhadap makanan yang diberikan baik. Jika si anak tidak mengalami pertumbuhan, salah satunya berat badannya tidak mengalami kenaikan, jika si anak berusia di atas 4 bulan, maka ia bisa diberi MPASI. Namun, jika anak berusia di bawah 4 bulan, ia bisa diberi ASI perah lebih banyak, donor ASI atau susu formula.

"Jadi tolong artikan ASI eksklusif dengan baik. Jangan fanatik. Kalau bayi butuh sesuatu yang dia perlu. Atau bayi kurus, bobotnya nggak maksimal, umur udah 5 bulan, dia siap makan, kasih aja makanan pendamping ASI.

 

Sumber : detik.health

Artikel Lainnya

Pernahkah Bunda mendapati bokong dan lipat paha bayi kemerahan ? Kemerahan di area bokong pada bayi yang memakai popok disebut sebagai ruam popok. Apa saja yang dapat menyebabkan ruam popok? Bil...

Banyak kebiasaan bayi yang kadang bisa menimbulkan kepanikan bagi orang tua baru. Salah satunya adalah saat menemukan bayi kejang saat tidur. Ketika Moms melihat bayi kejang saat tidur, sering...

Setiap ibu pasti akan selalu mengupayakan perawatan tubuh yang terbaik bagi sang buah hatinya sejak dari lahir. Salah satunya adalah dalam merawat kulit bayi. Kulit bayi merupakan bagian tubuh yang sa...

Sodium Lauryl Sulfate atau SLS termasuk golongan anionic surfactant. Ini adalah bahan yang sering ada dalam berbagai macam produk sehari-hari sabun mandi, sampo, detergen, pasta gigi, h...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................