Tips Mengatasi Biduran Pada Saat Hamil

Kamis, 04 Januari 2024 | 15:30 WIB Penulis :


Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena reaksi alergi adalah biduran. Gangguan yang disebut juga dengan urtikaria terjadi ketika tubuh kamu mengalami ruam warna merah dan muncul secara tiba-tiba. Bahkan biduran juga bisa terjadi pada ibu hamil lho Moms!

Penyebab Biduran Saat Hamil

Mengutip American Pregnancy Association (APA), saat perut berkembang mengikuti perkembangan bayi, muncul ketidaknyamanan kulit dalam bentuk gatal dan kondisi kulit yang kering dapat terjadi. Biduran sendiri disebabkan oleh reaksi alergi.

Kulit kering dan terjadinya peregangan kulit bersama dengan perubahan lain dapat membuat Mama lebih rentan mengalami gatal-gatal selama kehamilan. 

Beberapa penyebab umum dari biduran selama kehamilan juga bisa terjadi karena hal-hal berikut ini:

  • Obat
  • Gigitan serangga
  • Bahan kimia
  • Serbuk sari
  • Bulu binatang
  • Makanan, seperti susu, kacang, atau kerang

Biduran saat hamil dapat dipicu atau disebabkan oleh garukan, atau tekanan pada kulit.

Sehingga, penting untuk merawat kulit agar tidak memperburuk kondisi gatal-gatal yang mungkin sedang Moms alami.

Gejala Biduran Pada Ibu Hamil

Biduran saat hamil merupakan reaksi alergi terhadap makanan, gigitan serangga hingga bahan kimia.

Dalam bahasa Inggris, biduran saat hamil dikenal sebagai pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP).

"Ruam PUPPP sangat gatal, dengan tonjolan dan bintik-bintik seperti sarang lebah. Kondisi ini biasanya muncul pertama kali di perut selama trimester ketiga kehamilan pertama, tetapi juga dapat muncu di paha, kaki, tangan, lengan, payudara, punggung, atau bokong," jelas Jessica J. Krant, MD, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, mengutip dari Parents.

Lebih lanjut, Jessica mengatakan bahwa biduran ini biasanya tidak memengaruhi wajah, dan seharusnya tidak ada lepuh, gelembung air, atau pengelupasan kulit.

Cara Aman Obati Biduran Pada Ibu Hamil

Jika biduran tersebut merupakan ruam ringan, maka ada kecenderungan untuk hilang dengan sendirinya.

Tetapi, penting untuk tidak menggunakan sabun karena dapat memperburuk kondisi biduran tersebut.

Mengutip APA, salah satu teknik yang bisa mengurangi rasa gatal adalah mandi dalam rendaman gandum atau menggunakan soda kue di kamar mandi.

Selain itu, penting menjaga kulit lembap agar dapat mengatasi kulit gatal dan kering.

Untuk kondisi kulit yang lebih serius, dokter dapat meresepkan obat oral atau berbagai krim anti-gatal.

"Dokter kandungan atau dokter kulit kemungkinan dapat mendiagnosis kondisi tersebut dengan pemeriksaan klinis. Tetapi beberapa pasien mungkin memerlukan biopsi kulit skala kecil untuk diagnosis pasti," ungkap Lauren Ploch, M.D., dokter kulit bersertifikat di Aiken, Carolina Selatan, melansir Parents.

Tidak ada cara untuk memprediksi kelompok ibu hamil mana yang akan mendapatkan PUPPP, dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobatinya.

Kapan Perlu ke Dokter?

Moms perlu ke dokter jika biduran tidak kunjung menghilang dalam beberapa hari. Ruam gatal juga semakin merata dan rasa gatalnya semakin terasa kuat.

 

Source : https://www.mooimom.id/mamapedia/

Artikel Lainnya

Mendengkur saat hamil dianggap wajar karena uterus dan bayi terus tumbuh dan menekan diafragma. Ini juga terjadi akibat pembengkakkan selaput lendir dan rongga hidung karena peningkatan hormon estroge...

Tingginya jumlah anak yang terlahir dengan autisme menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi dunia medis. Beragam riset pun dilakukan untuk mengungkap penyebabnya. Hingga kemudian tim peneliti dari ...

Ternyata membacakan buku sedini mungkin sangat baik untuk perkembangan si kecil loh mom. Buku seperti apa sih yang dianjurkan untuk si kecil? Studi menunjukkan bahwa anak yang terpapar...

Penyakit diabetes tidak hanya sebatas tipe 1 dan 2, tapi ada juga diabetes yang terjadi saat hamil dan bisa memicu komplikasi. Untuk itu kenali gejala apa saja yang muncul jika seorang ibu hamil terke...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................