Perbedaan Cacar Air dan Flu Singapura

Rabu, 12 Juni 2024 | 16:24 WIB Penulis :


Flu singapura dan cacar air memang sekilas terlihat mirip, bahkan terkadang sulit dibedakan. Hal ini terjadi karena kedua penyakit ini sama-sama menimbulkan demam dan ruam, padahal disebabkan oleh virus yang berbeda. Apa saja perbedaan lainnya?

Ingat, meski sama-sama dapat sembuh sendiri, tetapi kedua penyakit ini cepat menular dan bisa menimbulkan komplikasi.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk lebih cermat dalam mengenali gejala khas kedua penyakit ini.

Apa saja perbedaan antara flu singapura dan cacar air?

 

Berikut beberapa perbedaan keduanya yang perlu dipahami:

1. Virus penyebab

Flu Singapura disebabkan oleh infeksi Coxsackievirus A16, sedangkan cacar air disebabkan oleh virus Varicella-zoster.

2. Masa inkubasi

Masa inkubasi adalah waktu antara terpapar virus dan munculnya gejala awal penyakit. Flu siingapura memiliki masa inkubasi lebih singkat, yaitu 3-6 hari, sedangkan cacar air bisa memakan waktu 10-21 hari.

3. Bentuk dan lokasi ruam kulit

Pada flu singapura, ruam berupa bintik-bintik merah biasanya muncul di tangan, kaki, dan sekitar mulut. Bintik-bintik ini umumnya tidak gatal.

Sementara itu pada cacar air, ruam yang muncul berupa bintik-bintik berisi cairan yang mudah pecah dan terasa gatal. Biasanya kali pertama timbul di dada, punggung, lalu menyebar ke seluruh tubuh.

4. Gejala khas lainnya

Selain ruam, pengidap flu singapura mungkin juga mengalami gejala khas lain seperti sakit tenggorokan, sariawan di mulut, dan diare.

Sebaliknya, penderita cacar air biasanya tidak mengalami sariawan, tetapi mungkin disertai dengan gejala seperti pilek, sakit kepala, dan badan terasa lemas.

 

Adakah vaksin untuk mencegahnya?

Untuk pencegahan terhadap cacar air, seseorang disarankan untuk melakukan vaksinasi cacar air atau vaksinasi varicella.

Akan tetapi, sampai saat ini masih belum ada vaksin untuk flu singapura.

 

Source : https://primecareclinic.co.id/

Artikel Lainnya

Cara Membersihkan Hidung Bayi Cara membersihkan hidung bayi penting untuk dilakukan untuk menghindari bayi menjadi tidak nyaman dan rewel akibat hidungnya tersumbat. Berikut ini adalah beberapa lan...

Bayi, batita, balita, anak-anak, hingga remaja membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa. Hal ini diperlukan guna mendukung perkembangan mental dan fisik mereka. Dalam dunia...

Bagaimana Membedakan Picky Eater dan Anak dengan Kondisi SFA?   Anak dengan kondisi pilih-pilih makanan yang ekstrem memang hanya bisa menerima variasi makanan yang lebih sedikit. Namun jik...

Alih-alih melatih bayi berjalan, nyatanya baby walker justru menghambat perkembangan Berjalan adalah salah satu tonggak perkembangan bayi yang dinanti-nanti orangtua. Dimulai dari mampu duduk sendi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................