Pertimbangkan Ini Saat Harus Minum Obat Selama Menyusui

Kamis, 06 Juli 2017 | 15:09 WIB Penulis : Erni Wulandari


Kiat Tepat Minum Obat
Apakah Bunda harus minum obat dalam jangka waktu lama, misalnya obat – obatan untuk penyakit diabetes? Atau hanya satu kali seperti obat penenang?

Apa pun yang Bunda alami, pertimbangkan beberapa hal berikut:


1. Tanya Dokter
Langkah bagus jika Bunda diskusi dengan dokter tentang alternatif pengobatan tanpa obat. Misalnya mengatasi infeksi virus dengan istirahat dan banyak mengonsumsi vitamin dari buah–buahan.

2. Minum obat hanya jika memang perlu
Hindari obatobatan yang kandungannya berupa kombinasi bermacam–macam zat aktif. Tanyakan pada dokter atau apoteker.  Sebagai contoh:
- Untuk Pereda nyeri dan penurun demam, cukup minum parasetamol.
- Untuk sakit maag, obat yang berisi magnesium hidroksida dan alumunium hidroksida.

Pilih obat yang paling kecil risiko nya ‘muncul’ dalam ASI dan paling singkat keberadaannya dalam ASI. Dengan kata lain, dosisnya serendah mungkin dan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Pilih obat yang mencantumkan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

3. Atur jadwal minum obat. Bila obat diminum segera setelah selesai menyusui atau sebelum bayi tidur panjang, maka kemungkinan masuknya obat ke dalam ASI makin kecil.

4. Cermati dan waspadai gejala–gejala yang diperlihatkan si kecil. Misalnya, bayi jadi rewel, timbul ruam atau bercak merah atau biru, sakit, kejang perut ( kolik), atau ada perubahan pada pola tidur dan makannya. Bila muncul salah satu gejala ini, segera beritahu dokter, termasuk jenis obat yang Bunda konsumsi.

5. Pelajari cara memerah dan menyimpan ASI. Dengan demikian, bila Anda harus menjalani pengobatan yang tidak bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan menyusui, maka si kecil tetap mendapat ASI.

TIP pemakaian obat
Memberikan tip pemakaian obat pada ibu menyusui, yakni obat diminum 30-60 menit sesudah menyusui dan 3-4 jam sebelum menyusui berikutnya. Walaupun obat-obat jenis tertentu tidak mencantumkan adanya efek samping terhadap ibu menyusui bukan berarti obat-obat tersebut tidak memiliki efek samping.

Artikel Lainnya

Saat hamil, kondisi kulit umumnya memang akan mengalami perubahan. Biasanya ini terjadi karena adanya perubahan pada pengaturan hormon. Asalkan aman dan menurut petunjuk dokter, sah-sah saja kok melak...

Tahukah Anda, bahwa kebiasaan menjemur bayi di pagi hari adalah kebiasaan yang sangat baik dan menyehatkan bagi bayi Anda? Berikut ini adalah beberapa catatan penting yang mungkin perlu Anda ketahui t...

Di masyarakat, kerap dipercaya bahwa sering menggendong sambil mendekap bayi bisa bikin dia 'bau tangan' alias akan rewel ketika tidak digendong. Padahal, kenyataannya belum tentu seperti itu....

Cara membersihkan botol susu bayi perlu dilakukan dengan tepat. Ya, Moms, lemak susu yang menempel pada botol berpotensi menumbuhkan jamur dan bakteri. Ketika jamur tersebut tidak dibersihkan dengan t...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................