6 Hal Ini Bisa Anda Lakukan Jika Balita Terbangun Saat Sahur

Selasa, 07 Juni 2016 | 10:26 WIB Penulis : Erni Wulandari


Saat sahur tiba, Bunda memiliki waktu yang cukup padat untuk menyiapkan makanan dan menikmati makanan.  Namun, tiba-tiba balita Bunda ikut terbangun. Apa yang harus Bunda lakukan? Padahal Balita belum waktunya untuk ikut puasa.

Bunda dapat melakukan beberapa hal ini saat menghadapi balita yang terbangun:

1. Tidurkan kembali
Saat ia mulai memanggil Bunda, datangi anak untuk menenangkannya kembali. Manfaatkan peluan Bunda untuk kembali menidurkannya. Tentu saja, pastikan terlebih dulu Bunda tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala.

2. Biarkan anak tenang
Biasanya, jika balita terbangun dan tak ingin tidur lagi ia akan menerawang dan memilih untuk diam dan memerhatikan kegiatan Bunda. Jika demikian, dudukkan balita di tempat yang aman agar dia bisa melihat Bunda. Dengan demikian Bunda bisa meneruskan menata meja makan untuk menyiapkan sahur, balita pun tetap tenang.

3. Jika balita segar
Balita yang baru bangun, bisa jadi memiliki energi ekstra. Tawarkan anak apakah ia ingin membantu Bunda. Jika ia mau, minta dirinya menyiapkan piring dan gelas makan pribadinya. 

4. Ajak makan bersama
Setelah menyiapkan semuanya, ajak anak duduk bersama dengan Bunda di meja makan. Tanyakan pada anak apakah ia ingin makan sesuatu, jika tidak biarkan anak tetap duduk dan perhatikan apakah ia menunjukkan tanda-tanda ingin tidur kembali atau tidak.

5. Siapkan jawaban
Anak mungkin akan bingung saat Bunda melakukan aktivitas di pagi buta  dan menanyakannya pada Bunda. Siapkan jawaban bahwa Bunda akan puasa, mengubah waktu makan dari siang menjadi malam.

6.  Jika anak tertidur kembali
Jika ternyata anak tertidur kembali, segera angkat dan buat anak nyaman serta aman di tempat tidur saat Bunda tinggal kembali ke meja makan.

Artikel Lainnya

Ketika bayi atau balita mengalami sleep regression, MomDad dapat mengenalinya dengan tanda-tanda sebagai berikut: Menolak untuk tidur siang atau pada waktu tidur Sulit tertidur Wak...

Apakah bayi Anda suka menguap, Moms? Lucu, ya! Menguap memang sering dikaitkan dengan rasa kantuk. Tapi apakah hal ini berlaku juga untuk bayi? Apalagi kalau mengingat bayi lebih banyak menghabiskan w...

...

Pada setiap perkembangan bayi, mereka akan menunjukkan gejala percepatan pada pertumbuhan fisik dan perkembangan mentalnya. Hal ini pun sering dikenal dengan sebutan growth spurt dan wo...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................