Saat Bayi Kena Eksim, Mandi Rutin Tak Masalah Jika Dilakukan Seperti Ini

Jumat, 01 Juli 2016 | 13:06 WIB Penulis : Erni Wulandari


Eksim adalah kondisi kelainan kulit ditandai dengan peradangan dan iritasi umumnya muncul di kaki dan tangan. Di antara jenis eksim, yang paling sering muncul adalah eksim atopik dengan gejala kulit kering merah bersisik dan bisa menjadi masalah sejak bayi.

Nah bila seorang bayi memiliki eksim, saran selama ini adalah untuk tak terlalu sering memandikannya karena khawatir bisa membuat kulit makin kering. Hal tersebut namun baru-baru ini dibantah oleh para dokter alergi di Maine, Amerika Serikat, dengan melihat bukti medis.

Dijelaskan dalam jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology peneliti mengatakan memandikan bayi dengan eksim tak jadi masalah selama dilakukan dengan benar. Mandi rutin malah baik karena dapat menghilangkan kotoran, iritan, dan alergen yang mungkin menempel di kulit bayi.

Gunakan air hangat dan jangan gunakan sabun yang 'keras'. dr Carsten Flohr dari British Association of Dermatologists mengatakan bahkan bila perlu cukup air saja karena beberapa jenis sabun dapat mengiritasi kulit membuat kondisi makin parah.

Orang tua jangan tergoda untuk menggosok kulit bayi sampai bersih cukup bilas secara halus. Usahakan mandi tak lebih dari 10 menit.

"Begitu selesai keringkan dengan cara menepuk lembut kulit dengan handuk dan langsung gunakan losion pelembab. Ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan menghentikan siklus menggaruk.

Dengan segera memakai losion kelembaban yang ada pada kulit dapat dikunci sehingga masalah ke depannya seperti kulit kering, pecah-pecah, dan infeksi dapat dihindari.
Orang tua perlu juga memiliki rasa penilaiannya sendiri. Bila mandi rutin tampak tak membantu eksim pada anaknya maka bisa diganti menjadi mandi yang lebih jarang.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Pijat payudara adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan payudara termasuk identifikasi tanda kanker, melancarkan aliran darah, menjaga bentuk payudara, dan sebagainya. Ketahui teknik pijat pay...

Bepergian bersama bayi atau batita memang menyenangkan, tetapi kadang juga merepotkan. Karena, Bunda harus menyiapkan segala perlengkapannya, dari peralatan makan hingga perlengkapan mandi. Agar prakt...

Popok merupakan salah satu kebutuhan bayi. Sayangnya, pemakaian popok yang tidak baik sering kali menyebabkan ruam. Lantas, bagaimana cara mengobati sekaligus mengatasi ruam popok agar tidak kemb...

Di Indonesia, jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 terus bertambah. Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyakarat untuk tetap berada di rumah da...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................