Inilah, 7 Buah Paling Kaya Vitamin C

Selasa, 19 Juli 2016 | 15:40 WIB Penulis : Erni Wulandari


Selama ini jika membicarakan tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C, selalu buah jeruk yang terucap. Padahal, selain buah jeruk, masih ada buah lain yang mengandung vitamin C, bahkan lebih kaya kandungan vitamin C-nya dibandingkan buah jeruk.

Berikut 7 buah-buahan yang kaya akan vitamin C:

1. Kiwi
Kandungan vitamin C-nya dua kali lebih banyak daripada buah jeruk, dan jauh lebih banyak ketimbang buah apel. Kiwi mengandung sumber vitamin alami yang tinggi, memiliki keseimbangan mineral yang sempurna, mengandung antioksidan tinggi, dan sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan seperti polyphenols (antioksidan), enzim (bagi pencernaan), dan karotenoids (antioksidan dan kesehatan mata).

2. Pepaya
Satu buah pepaya ukuran kecil sekitar 157 gram memiliki 95,6 miligram vitamin C. Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga kaya akan vitamin, folat, dan serat.

3. Jambu Biji
Salah satu keistimewaan jambu biji adalah kaya akan vitamin C dan vitamin A. Kandungan vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi daripada jeruk. Setiap 100 gram jambu biji mengandung sekitar 183 mg vitamin C, sedangkan jeruk mengandung 50 mg vitamin C.

4. Nanas
Dalam 3,5 ons buah tropical ini terdapat 47,8 mg vitamin C. Oleh karena itu buah nanas termasuk salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Selain vitamin C, nanas mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat.

5. Mangga
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang bisa dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, bahkan pada mangga muda kandungan vitamin C-nya hingga 65 mg.

6. Stroberi
Tak disangka, satu buah kecil berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan satu buah jeruk. Stroberi memerikan rata-rata 94 mg vitamin C per buahnya.

7. Leci
Leci ternyata juga menyimpan kandungan vitamin C rata-rata 132 gram per 100 gram leci. Leci juga mengandung polifenol yang menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi dan mendukung sistem keseimbangan cairan dalam tubuh.

Artikel Lainnya

Banyak yang berpikir ketika cuaca mendung pada siang hari, aman bagi kulit tanpa menggunakan tabir surya. Karena saat udara mendung pada siang hari, sinar matahari tidak akan merusak kulit. Namun dala...

Apa faktor risiko terkena penyakit pityriasis alba? Pityriasis alba umumnya paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Kondisi ini umum terjadi pada sekitar 2-5% anak-anak di dunia. Gejala pa...

Hand sanitizer merupakan alternatif untuk menjaga tangan kita agar tetap bersih, terutama pada kondisi di mana tidak ada air dan sabun di sekitar. Dengan sedikit saja cairan hand sanitizer, kuman dan ...

Pilihan popok bayi kini kian banyak ragamnya. Selain popok sekali pakai atau yang sering disebut pospak, Anda juga bisa memilih clodi atau cloth diaper sebagai alternatif. Clodi adalah popok kain y...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................